Tips

10 film inspirasi traveling

Dorongan untuk “keluar rumah” bisa datang dari mana saja. Dari cerita sahabat yang habis travelling ke tempat baru misalnya, atau setelah membaca blog yang berisi destinasi menarik sering membuat traveles lainnya tertarik untuk mencoba.

Gagasan travelling ternyata juga bisa didapat dari sebuah film. Dari film, kamu gak hanya mendapat ide “mau ke mana” tapi juga pesan moril yang terselip di cerita tersebut.

Mau tahu film apa aja yang bisa jadi inspirasi kamu travelling? Simak yuk!

1. Up

foto: fansshare.com

foto: fansshare.com

Kamu masih ingat dengan film animasi karya Disney Pixar ini? Film ini bercerita tentang pria tua berambisi mewujudkan impian istrinya yang baru saja meninggal dunia untuk pergi suatu tempat impian mereka di Amerika Selatan.

Pria bernama Carl Fredricksen kemudian mencabut rumahnya sendiri menggunakan ratusan balon dan terbang ke kawasan yang dituju. Meski mendapat banyak rintangan selama perjalanan, Up merupakan kisah menyentuk mengenai kehilangan, kehidupan dan perjalanan.

 

2. Eat, pray, love

foto: faiscequilteplait-blog.com

foto: faiscequilteplait-blog.com

Film yang dibintangi Julia Roberts ini cukup fenomenal khususnya di Indonesia, karena salah satu lokasi shooting yang digelar di Bali.

Tapi terlepas dari itu, film ini juga bisa menjadi inspirasi kamu untuk travelling. Siapa sih yang kepincut saat melihat Elizabeth Gilbert menikmati kuliner khas Italia atau ketika dia mencoba mencari kedamaian di India. Bahkan sejuknya Bali yang digambarkan di film ini banyak membuat penonton ingin menyambangi Pulau Dewata.

 

3. Hundred-Foot Journey

foto: filmibeat.com

foto: filmibeat.com

Film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama ini menyuguhkan latar India dan Prancis yang dikemas begitu menarik. Film bergenre drama komedi ini berkisah tentang sebuah keluarga pemilik restoran di India yang harus meninggalkan negaranya karena adanya usaha mereka hancur akibat serangan bom dan serangan massa saat pemilu. Mereka kemudian memutuskan hijrah ke Prancis untuk membuka restoran di sana.

Latar India dan Prancis inilah yang membuat penonton terkesima. Meski hanya segelintir dari Prancis yang ditampilkan, kamu gak bisa menolak keindahan negara tersebut dan menginspirasi traveller untuk menjelajahi desa-desa kecil yang tenang di sana.

4. Seven Years in Tibet

Kisah Seven Years in Tibet ini diambil dari buku karya Heinrich Harrer tahun 1952 yang berisi tentang pengalaman sang penulis selama di Tibet pada 1944-1951 di tengah Perang Dunia II.

Di film ini banyak ditampilkan beberapa gambar salju di puncak gunung yang bikin hati kamu tergerak untuk menaklukkan gunung bersalju yang nampak seperti di film ini.

 

5. 5 cm

Screenshot 2015-03-18 10.31.59

Gak cuma film luar, film lokal juga bisa menginspirasi kamu untuk keluar dari rutinitas. 5 cm yang juga diangkat dari novel yang sama bercerita tentang perjalanan lima orang sahabat ke Gunung Semeru.

Di film ini, kamu gak cuma bisa mendapat pesan moril soal indahnya persahabatan tapi mata kamu dimanjakan oleh pemandangan memukau menuju Gunung Semeru serta Ranu Kumbolo yang begitu magis. Kabarnya nih, jumlah pendakian ke Semeru naik drastis setelah film ini dirilis pada Desember 2012. Sayang, banyak yang mengeluhkan “wisatawan dadakan” ini tidak menjaga kelestarian alam dengan membuang sampah sembarangan.

6. The Da Vinci Code

foto: kikecalvo.photoshelter.com

foto: kikecalvo.photoshelter.com

Meski dianggap kontroversi, film yang dirilis pada 2006 ini tetap menarik minat penonton. Dengan mengambil lokasi shooting di sejumlah tempat bersejarah, film ini berhasil membuat para traveller kepincut menyambangi tempat-tempat tersebut seperti Museum Louvre di Prancis atau sejumlah gereja tua di Inggris dan Skotlandia.

 

 

7. Before Sunrise

foto: ifc.com

foto: ifc.com

Film drama romantis ini menyuguhkan cerita yang cukup sederhana namun tetap menyentuh. Plot-nya pun begitu minimalis, karena hanya menampilkan adegan berbicara dan berjalan-jalan. Tapi dengan latar Vienna, film yang dibintangi Ethan Hawk dan Julie Delpy ini bikin penontonnya iri untuk menghabiskan malam bersama orang tercinta di kota romantis di Austria tersebut.

 

8. The Motorcycle Diaries

 

foto: www.phimdata.com

foto: www.phimdata.com

Ini adalah film biografi tentang perjalanan dan memoar yang ditulis Ernesto Guevara, atau yang kemudian dikenal sebagai Che Guevara, bersama teman lamanya, Alberto Granado. Di film ini, kamu bakal dimanjakan dengan keindahan sejumlah daerah di Amerika Selatan. Salah satu objek yang paling menyita perhatian adalah keindahan Machu Picchu di Peru. Sampai sekarang, kawasan tersebut menjadi salah satu destinasi impian traveler.

 

 

9. EuroTrip

foto: veryaware.com

foto: veryaware.com

Siapa sih yang tertarik jalan-jalan ke Eropa? Sudah menjadi rahasia umum, keliling Benua Biru merupakan impian semua travelling. Nah, dari film EuroTrip ini hasrat kamu menginjakkan kaki di Eropa makin tak terbendung. Film ini berkisah remaja Amerika yang mencari sahabat pena asal Jerman. Dijamin kamu bakal makin ngebet ke Eropa setelah melihat perjalanan si tokoh utama melewati London, Paris, Amsterdam, Bratislava, Berlin dan Roma demi mewujudkan impiannya.

 

 

10. The Holiday

Suasana Pasadena di Los Angeles serta Inggris mendominasi film yang dibintangi Kate Winslet dan Cameron Diaz. Untuk kawasan Inggris Raya, film ini banyak melakukan shooting di Godalming dan Shere, desa di Surrey. Kalau kamu tipe traveller yang menyukai keindahan bangunan tua yang terawat, menonton film ini bisa jadi inspirasi kamu untuk terbang ke Negeri Elizabeth.

 

(Visited 326 times, 1 visits today)

Comments

To Top