Destinasi

10 Fasilitas Terbaru Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta

Stadion Utama Gelora Bung Karno tampil dengan wajah baru. Usai menjalani renovasi dengan total dana mencapai Rp 2,5 triliun, stadion kebanggaan Indonesia ini jauh lebih berkelas.

Laga Timnas Indonesia kontra Islandia, awal bulan lalu menjadi awal perjalanan baru SUGBK. Rencananya, stadion ini akan menjadi tuan rumah pembukaan ajang olahraga terbesar Asia, Asian Games 2018 pada 18 Agustus mendatang.

Nah, bukan cuma tampilannya saja yang baru. Stadion Utama Gelora Bung Karno kini memiliki beberapa fasilitas anyar demi pemenuhan standar stadion internasional dari FIFA.

Apa saja kira-kira? Pegipegi merangkum 10 hal baru yang bisa kamu temui dan nikmati di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Yuk, disimak!

1. Rumput Nomor Wahid

Sejak dulu, kualitas rumut adalah masalah utama dari SUGBK. Nah, kini, sang stadion telah dimodali rumput standar FIFA kelas satu. SUGBK menggunakan rumput berjenis zoysia matrella yang juga dipakai beberapa stadion di Eropa. Selain itu, lapangan utama sudah dibekali dengan sistem drainase bawah rumput. Sehingga, ketika hujan deras, permainan dapat berlangsung secara normal tanpa perlu khawatir genangan air.

2. Cahaya Lebih Terang

Untuk mendapatkan kualitas siaran langsung yang lebih baik, pencahayaan stadion wajib diperhatikan. Nah, SUGBK kini hadir dengan sistem pencahayaan yang terangnya mencapai 3.000 lux. Sistem ini mendukung siaran langsung olahraga ditampilkan dalam format High Definition (HD).

3. Listrik Tenaga Surya

Mengadopsi teknologi beberapa stadion di Eropa, SUGBK kini memiliki sistem listrik tenaga surya. Lewat panel surya yang diletakkan di atas atap stadion, energi listrik sebesar 450 kilowatt mampu dihasilkan pada siang hari. Jadi, bisa menghemat pemakaian listrik secara normal.

4. Ada Lift-nya

Jika sebelumnya kaum difabel harus meniti tanggal untuk mencapai tribun penonton, kali ini SUGBK hadir dengan lift-nya. Tersebar di 24 sektor, lift khusus difabel ini bisa diakses selama pertandingan berlangsung, tentu saja dengan standar keamanan terbaik.

5. 100 Toilet

Untuk urusan sanitasi, SUGBK melengkapi dengan toilet pengunjung yang jauh leih baik. Ada sekitar 100 toilet yang ada di pelataran pintu masuk penonton dengan wastafel hingga urinoir berstandar internasional. Oh ya, ada penjaganya loh, sekarang!

6. CCTV 7K

Untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan, pengelola Stadion Utama Gelora Bung Karno memasang sejumlah CCTV 7K. Nah, kamera pemantau ini jauh lebih canggih karena mengadopsi teknologi deteksi wajah. Sistem ini kabarnya dapat mendeteksi aktivitas penonton serta dapat mencocokan dengan wajah pelaku tindak kejahatan teroris yang ada di database Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

7. Wi-Fi Kencang Tiap Sudut

Jika sebelumnya hanya penonton VVIP dan wartawan yang dapat menikmati koneksi internet, kini semuanya bisa. Setelah direnovasi, SUGBK hadir dengan koneksi Wi-FI di seluruh sudut stadion. Lumayan, buat update skor pertandingan terkini di medsos.

8. Papan Skor Digital

Nah, untuk menunjang informasi di tengah pertandingan, SUGBK melengkapi diri dengan papan skor digital dari SEIKO. Nggak cuma itu, layar raksasa yang terdapat di sampingnya siap menampilkan momen-momen penting dalam kualitas tinggi.

9. Kursi Online

Penataan kursi penonton ternyata jadi hal utama yang dikejar Pemerintah Indonesia dalam renovasi SUGBK. Meski jumlahnya berkurang hingga 76,127 buah, kursi penonton diatur layaknya bioskop di mana sudah single seat. Otomatis, jika kamu datang untuk menonton pertandingan di sini, kamu bakal dibekali nomor kursi yang bisa dipesan secara online.

10. Sound System Terbaik

Sistem audio ternyata nggak luput dari perhatiaan. Jika sebelumnya hanya menggunakan stereo sound system, SUGBK hadir dengan sound system yang lebih jernih dan menyeluruh. Sehingga, kala lagu Indonesia Raya dinyanyikan, suara yang dihasilkan nggak pecah dan terkesan menyatu.

Untuk yang berada di luar Jakarta, jangan lupa untuk sekalian pesan tiket pesawat atau tiket kereta api murah ke Jakarta dan cari hotel murahnya lewat Pegipegi, ya! Selamat liburan!

pesan tiket pesawat murah ke Jakarta  pesan tiket kereta api murah ke Jakarta  cari hotel murah lain di Jakarta

Agar transaksi lebih mudah dan murah, yuk, instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store!

google-play

apps-store

Comments

To Top