Tips

10 Fakta Menarik tentang Kereta Api yang Harus Kamu Tahu

Selain bus, transportasi darat yang jadi andalan banyak orang adalah kereta api. Selain cepat dan bebas macet, kereta api juga relatif aman dan tarifnya terjangkau. Buat kamu yang sehari-hari naik kereta api, nggak ada salahnya, nih cari tau lebih dalam. Ternyata ada banyak fakta menarik soal kereta api yang jarang kita tahu, lho. Yuk, simak lebih lanjut di bawah sini!

1. Ditemukan oleh Richard Trevithick

Dikenal sebagai insinyur pertambangan, masa kecil Richards dihabiskan di area pusat pertambangan di Cornwall, Inggris. Karena itulah dia jadi tertarik dengan dunia pertambangan dan mesin, dan akhirnya berhasil menemukan mesin uap bertekanan tinggi pertama di dunia. Setelahnya, ia pun mengembangkannya lagi menjadi alat transportasi dengan sistem lokomotif uap.

http://www.theneweconomy.com

http://www.theneweconomy.com

2. Lokomotif Uap Kalah Cepat dengan Kuda

Di tahun 1827, Baltimore and Ohio Railroad menjadi perusahaan Amerika pertama yang berhasil membuat alat transportasi yang bisa mengangkut penumpang dan kargo sekaligus. Memang, sih, awalnya perusahaan itu kesulitan membuat mesin uap untuk kereta mereka, sampai akhirnya datang seorang industrialis bernama Peter Cooper. Pada tanggal 28 Agustus 1830, mesin lokomotif ciptaan Cooper yang diberi nama “Tom Thumb” diadu dengan seekor kuda dan mesin tersebut kalah cepat dari kuda.

3. Terinspirasi dari Bentuk Ular

Bentuk kereta api terinspirasi dari bentuk tubuh ular yang bulat dan memanjang. Lokomotif dan gerbong-gerbong disambung menjadi panjang mirip seperti ular raksasa.

indianrailwayblogs.page4.me

indianrailwayblogs.page4.me

4. Kereta Bawah Tanah Pertama Kali Dibuat di London

Kereta bawah tanah di London, atau yang biasa disebut tube (tabung), adalah kereta bawah tanah yang sangat terkenal di dunia. Bukan hanya karena letaknya di kota London dan lambangnya yang iconic, tapi juga dikarenakan kereta bawah tanah di dunia pertama kali memang dibuat di London dan dioperasikan pertama kalinya pada 10 Januari 1863.

5. Satu-satunya Kendaraan yang Nggak Punya Setir

Nggak seperti mobil, bus, truk, sepeda motor, kapal laut dan pesawat, kereta api adalah satu-satunya alat transportasi yang nggak punya setir. Kereta api dioperasikan dengan berbagai tuas dan tombol-tombol sehingga dapat menggerakkan mesin-mesin. Dengan begitu kereta api bisa berjalan di atas rel.

www.flickr.com

www.flickr.com

6. Klakson Kereta Lebih Keras dari Bus atau Truk

Seringkali pada saat berada di sekitar rel kereta api, kamu bisa mendengar suara klakson kereta api yang sedang melintas walau jarak antara tempat kamu berada nggak terlalu dekat dengan rel. Itu karena klakson kereta api lebih keras dibandingkan klakson kendaraan yang cukup besar, seperti bus atau truk. Frekuensi klakson kereta api berkisar antara 400-700 HzV. Maka dari itu kamu bisa mendengar mendengar klakson kereta api sampai sejauh 5 km.

7. Bagian Terkeras Adalah Lokomotif

Bagian terkeras dari kereta api adalah lokomotifnya. Alasannya, hal ini menjadi langkah antisipasi untuk melindungi kereta saat terjadi tabrakan. Jadi pada saat lokomotif kereta api menabrak mobil atau bus yang melintas di rel, yang hancur pasti mobil atau bus tersebut, bukan lokomotifnya. Gerbong kereta tetap aman dan nggak hancur.

www.youtube.com

www.youtube.com

8. Maglev Adalah Kereta Api Tercepat di Dunia

Banyak yang mengira kereta tercepat di dunia adalah kereta Shinkansen asal Jepang, yang memiliki kecepatan 320 km/jam. Tapi ternyata, predikat kereta tercepat di dunia milik kereta Maglev (MAGnetically LEVitated) yang juga berasal dari Jepang. Kereta milik JR Central (Central Japan Railway) ini telah mengalahkan rekor Shinkansen dengan kecepatan maksimal sampai 630 km/jam atau dua kali lebih cepat dari Shinkansen. Wow!

9. Satu Lokomotif Bisa Mengangkut Lebih dari 30 Gerbong

Satu lokomotif dapat menarik atau mengangkut lebih dari 30 buah gerbong. Sedangkan dalam satu gerbong kereta biasanya terdapat lebih dari 100 orang penumpang. Jadi jangan heran kalau satu rangkaian kereta api bisa jadi sangat panjang. Dan dibutuhkan tenaga yang besar sekali untuk menarik atau mendorong beban kereta api yang sangat besar.

changingsocietymav.wordpress.com

changingsocietymav.wordpress.com

10. Pada Kereta Khusus Diesel Terdapat Genset di Gerbong Paling Belakang

Ada beberapa jenis kereta api, salah satunya adalah kereta api bertenaga diesel. Untuk kereta api jenis ini, terdapat diesel yang ditempatkan di gerbong paling belakang kereta api yang nggak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang-barang besar. Diesel ini bisa berfungsi menghidupkan listrik sehingga semua elektronik di dalam gerbong kereta tetap dapat hidup meskipun tanpa lokomotif.

cc2041104yk.blogspot.com

cc2041104yk.blogspot.com

^86633390C87633299B6B6705793BB48020F34ED78483F4B017^pimgpsh_fullsize_distr

Gimana, fakta-fakta di atas menarik, kan? Sekarang tinggal rencanain, deh, liburan ke kota impianmu dengan kereta api. Pesan tiket kereta murah dan pesan hotel murah di pegipegi.com, yuk, biar liburanmu nggak over budget.

cari tiket kereta api murah cari hotel murah

(Visited 1,625 times, 2 visits today)

Comments

To Top