Rekomendasi

10 diving spots/tempat menyelam terbaik di Indonesia

Menyelam atau diving sudah menjadi aktivitas wisata populer di Indonesia belakangan ini. Tak sedikit para pelancong yang memburu spot diving terbaik demi memenuhi hasrat mereka bermain dengan biota laut. Beruntung, Indonesia sebagai negara bahari memiliki deretan kepulauan cantik yang keindahannya kerap dieksplorasi penggila diving.

Bagi traveler yang masih bingung sebelum menyelam, pegipegi masu kasih bocoran nih, sepuluh lokasi diving terbaik di Indonesia. Yuk, simak uraiannya berikut ini.

  1. Raja Ampat
Raja ampat

foto: isigood.com

Mendengar nama Raja Ampat pasti bukan sesuatu yang baru di kalangan traveler. Memang, Raja Ampat memiliki keindahan alam yang tak terbantahkan sehingga masuk dalam salah satu destinasi impian bagi siapa pun, baik wisatawan dalam negeri dan mancanegara. Sebagai wilayah kepulauan, Raja Ampat memiliki 610 pulau namun hanya 35 diantaranya yang berpenghuni. Nah, pulau-pulau tak bertuan inilah yang memiliki keindahan laut luar biasa, yang mampu menghipnotis para pelancong.

Raja Ampat sendiri terletak di barat laut Pulau Papua dan memiliki empat pulau utama, yakni Misol, Salawati, Bantata dan Waigeo. Dengan luas wilayah pulau mencapai 4,6 juta hektar, Raja Ampat menjadi rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan serta 700 jenis moluska. Tak heran jika Raja Ampat kemudian diklaim memiliki 75 persen spesies laut dunia dan menjadikannya wisata bahari terbaik nggak cuma di Indonesia, tapi dunia!

Sejak 2009, nama Raja Ampat mulai populer di kalangan wisatawan, terutama bagi pecinta diving. Jika kamu berkesempatan mengunjungi pulau yang eksotis ini, jangan melewatkan ke Kepulauan Wayag dan naik ke puncak karang untuk melihat kecantikan pulau-pulau kecil dari atas. Kombinasi karang kecil yang terhampar di lautan berwarna biru jernih memanjakan mata.

  1. Kepulauan Derawan

Bagi para pecinta keindahan bawah laut, nama Pulau Derawan sudah tak asing terdengar. Berkunjung ke kepulauan yang memiliki empat pulau utama yakni Maratua, Derawan, Sangalaki dan Kakaban kamu bakal dimanjakan dengan pemandangan pantai pasir putih serta air laut berwarna biru jernih. Tak heran, Kepualaun Derawan menjadi destinasi favorit para pecinta diving.

Pulau Derawan merupakan tempat hidupnya aneka biota laut, termasuk yang langka. Di pulau seluas 1,27 juta hektar ini pula para diver bisa menemukan tak kurang dari 460 jenis karang, 870 jenis ikan, termasuk kuda luat kerdil sampai manta raksasa. Buat yang penasaran dengan keberadaan ubur-ubur, kamu juga bisa berenang dengan hewan lunak ini di Pulau Derawan dan tak perlu khawatir karena ubur-ubur di sini nggak bakal menyengat kamu.

  1. Kepulauan Bunaken

Terletak di Teluk Manado, Sulawesi Utara, Kepulauan Bunaken termasuk salah satu lokasi menyelam terbaik. Kamu bahkan bisa memilih 20 titik diving yang bisa dicoba di pulau yang sudah masuk dalam daftar kawasan taman laut nasional ini. Di pulau seluas 8,08 m2 para diver bisa melihat warna-warni berbagai aneka biota laut. Mata kamu tak hanya akan disegarkan oleh 13 jenis terumbu karang, tapi juga 91 variasi ikan, berbagai moluska seperti ikan kepala kambing dan tunikates.

Saran untuk traveler yang berniat berlibur di Bunaken, direkomendasikan untuk datang pada periode Mei sampai Agustus, karena di bulan-bulan tersebut cuaca sedang bagus jadi kamu bisa leluasa mengeksplorasi pesona taman laut Bunaken secara maksimal

  1. Karimun Jawa

Siapa bilang lokasi diving terbaik cuma ada di Indonesia timur? Bagi traveler yang tinggal di Pulau Jawa tak perlu jauh-jauh pergi ke ujung Indonesia untuk memuaskan dahaga menyelam.

Adalah Karimun Jawa yang menjadi primadona di kalangan diver. Berlokasi di Jepara, Jawa Tengah, terdapat 27 pulau yang tersebar di Karimun Jawa, namun hanya lima diantaranya yang berpenghuni. Ada 30 titik diving yang menawan dengan sejumlah biota laut yang memesona, termasuk 90 jenis karang keras dan 242 aneka ikan hias. Para wisatawan juga tak perlu khawatir, seiring makin terkenalnya Karimun Jawa, berbagai fasilitas di kawasan ini pun telah memadai, termasuk penginapan mewah.

  1. Taman Nasional Wakatobi

Kalau kamu benar-benar pecinta diving, jangan sampai melewatkan Wakatobi sebagai salah satu tujuan wisata. Nama Wakatobi sebenarnya singkatan dari empat pulau besar di Sulawesi Tenggara yakni Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

Aneka jenis terumbu karang menjadi andalan Waman Nasional Wakatobi, namun yang paling unik pulau ini selalu dikunjungi tamu istimewa di saat tertentu, yaitu paus sperma. Ketika belahan bumi lain dilanda musim dingin hingga membeku di bulan November, kawanan paus sperma ini menyeberang jauh hingga ke Wakatobi yang suhunya lebih hangat dan memiliki makanan berlimpah.

  1. Taman Nasional Komodo
komodo diving

foto: floresdiscovery.com

Taman Nasional Komodo sudah diakui para penyelam sebagai salah satu lokasi diving terbaik di Indonesia. Kekayaan biota bawah air serta kelembutan pasir di pinggir pantai bakal memanjakan para traveler.

Memiliki tiga pulau utama yaitu Pulau Komodo, Rinca serta Padar, taman nasional ini dihuni setidaknya 385 jenis karang, sepuluh jenis lumba-lumba, enam macam paus, penyu hijau, hiu dan ikan pari. Maka tak heran, Taman Nasional Komodo ini menjadi favorit para diver baik dari dalam dan luar negeri.

  1. Taman Laut Selat Pantar

Nama Taman Laut Selat Pantas yang terletak di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur mungkin masih kalah tenar dibandingkan Pulau Komodo, Bunaken atau Raja Ampat. Tapi jangan salah, taman laut ini diklaim sebagai yang terindah kedua di bawah Kepulauan Karibia.

Terdapat 26 spot diving yang sukses menghipnotis para wisatawan yang dimanjakan dengan pemandangan bawah laut kelas atas. Terumbu karang cantik, berbagai jenis hiu, ikan barakuda, serta aneka gurita bisa kamu temukan di sini.

  1. Pulau Bintan

Sebagai pulau terbesar di Kepulauan Riau, Pulau Bintan menyimpan sejuta pesona keindahan bawah lautnya. Keanekaragaman biota lautnya menjadi magnet yang menarik minat wisatawan. Sementara bagi diver, Kepulauan Anambas di Laut Cina Selatan menawarkan sensasi menyelam yang masih alami yang sangat jika terlewatkan.

Tidak hanya menjadi spot menarik bagi kalangan diver, pulau yang dulunya tempat favorit kapal dagang India dan Cina ini juga menawarkan wisata pantai yang memesona. Ketenangan pantai di Pulau Bintan membuat pelancong betah berlama-lama di sana.

  1. Kepulauan Banda

Satu lagi surga para penyelam yang tak boleh dilupakan, Kepulauan Banda. Terletak 140 km sebelah selatan Pulau Seram dan 2.000 km sebelah timur Pulau Jawa, Kepulauan ini sudah kesohot di kalangan penggemar snorkeling, diving atau scuba diving.

Meski lokasinya cukup terpencil, Kepulauan Banda menyimpan keindahan yang masih alami. Berbagai warna terumbu karang, hangatnya air laut menjadikan Banda sebagai surga bagi para penyelam. Kepulauan Banda bahkan kerap disejajarkan dengan keindahan Raja Ampat.

  1. Pulau Rubiah, Sabang

Pulau Rubiah terletak di kawasan Aceh dab memiliki luas hingga 26 hektar. Pulau ini menjadi tempat favorit para penyelam berkat kekayaan biota laut yang hidup di dalamnya. Tak cuma aneka bentuk dan warna terumbu karang, berbagai jenis ikan tropis hidup di Pulau Rubiah untuk menambah keeksotisan taman laut ini.

Oya, Pulau Rubiah juga dijadikan tempat penelitian biota laut, dan dari 15 jenis aneka biota laut, 14 diantaranya hidup di pulau ini. Sayang, meski menawarkan keindahan wisata bahari, fasilitas umum di Pulau Rubiah masih minim.

(Visited 1,639 times, 1 visits today)

Comments

To Top