Destinasi

10 Destinasi Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Indonesia adalah negara dengan potensi pariwisata yang tiada duanya. Mulai dari pegunungan yang indah dan sejuk, pantai dan alam bawah lautnya yang memesona, kuliner lezat di berbagai daerah, hingga ragam budaya dari setiap etnik yang memiliki daya tarik tersendiri. Lalu, destinasi wisata Indonesia mana saja yang wajib kamu kunjungi? Yuk, simak hasil rangkuman Pegipegi berikut ini!

BALI

Bali

 

Siapa yang gak kenal destinasi wisata satu ini? Pulau Bali gak hanya dikenal oleh wisatawan domestik, tapi juga wisatawan mancanegara. Jika berkunjung ke sana, kita akan bertemu dengan para turis yang berasal dari seluruh penjuru dunia di setiap sudutnya. Yups.. Pulau Bali memang memiliki daya tarik wisata dengan paket lengkap. Mulai dari budaya, kuliner, atraksi-atraksi favorit, hingga wisata alam. 

Selama di Pulau Bali, kamu bisa menikmati pemandangan alam pegunungan yang sejuk, juga pemandangan pantai dan laut yang sangat indah. Belum lagi, berbagai macam hotel, resort, villa, hingga cafe-cafe hits di Bali yang wajib untuk dikunjungi. Ketika di Bali, kamu juga bisa, loh, menyeberang ke Pulau Nusa Penida untuk menemukan keindahan alam dan pantai yang masih cenderung sepi. Untuk menuju ke sana, kamu membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dengan menggunakan kapal penumpang dari Pelabuhan Jimbaran.

LOMBOK

Lombok

Selain Bali, Lombok selalu menjadi destinasi favorit bagi wisatawan pencinta pantai dan laut. Pulau Lombok menawarkan berbagai pesona alam, mulai dari pegunungan hingga pantai. Gak ketinggalan Kepulauan Gili yang menarik untuk wisatawan, yaitu Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Selain itu juga, di Pulau Lombok, kamu bisa mengunjungi Gili Kapal yang merupakan pulau kecil dengan pesona hamparan pasir pantai di tengah-tengah laut. 

Soal kuliner, Lombok juga punya banyak pilihan makanan khas yang lezat, loh.  Mulai dari ayam taliwang, plecing kangkung, sate rembiga, dan masih banyak lagi lainnya.

LABUAN BAJO

Labuan Bajo

Destinasi yang satu ini gak akan bisa membuat kita berhenti untuk takjub melihat pesona alamnya. Labuan Bajo adalah pulau cantik nan eksotik di daerah Flores yang akan memanjakan mata pada setiap sudutnya. Jika berkunjung ke Labuan Bajo, kamu wajib merasakan sensasi menginap di atas kapal untuk mengelilingi pulau-pulau indah dan snorkeling di perairan Labuan Bajo yang memesona.

Lebih spesial lagi, di Labuan Bajo kamu bisa melihat dan bertemu komodo, salah satu hewan langka asal Indonesia. Komodo bisa kamu jumpai di habitatnya langsung, yaitu Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Selama di sana, kamu juga bisa mendaki bukit di Pulau Padar untuk menyaksikan matahari terbit yang memukau.

SUMBA

Sumba

Pulau Sumba yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini menyimpan eksotisme alam yang luar biasa indah. Di pulau ini, kamu akan menemukan pemandangan hamparan padang rumput dan perbukitan batu kapur yang mampu memberi nuansa tersendiri. Savana Puru Kambera, Bukit Wairinding, dan Bukit Tenau adalah tiga dari banyak sekali panorama khas padang rumput Pulau Sumba. Selain itu, kamu juga bisa menemukan desa-desa di puncak bukit dengan rumah-rumah tradisionalnya yang masih kental. Sementara Pantai Walakiri, Pantai Mandorak, dan Pantai Mbawana juga hadir dengan menyuguhkan pemandangan laut biru. 

Bagi kamu yang ingin ke Sumba, terdapat dua bandara yang menjadi gerbang utamanya, yaitu Bandara Waikabubak di Tambolaka, Sumba Barat Daya dan Bandara Umbu Mehang Kunda di Waingapu, Sumba Timur. Kamu bisa memulai road trip-nya dari Sumba Timur menuju Sumba Barat Daya, atau sebaliknya untuk menikmati keindahan alam Sumba.

WAKATOBI

Wakatobi

Wakatobi adalah salah satu Kabupaten yang terletak di Wangi-Wangi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Wakatobi juga merupakan nama kawasan taman nasional yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 1996, dengan luas keseluruhan 1,39 juta hektare, menyangkut keanekaragaman hayati laut, skala, dan kondisi karang yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Nama Wakatobi merupakan akronim dari empat pulau utamanya, yaitu WAngi-Wangi, KAledupa, TOmia, dan BInongko.

Wakatobi telah menjadi destinasi favorit bagi para penyelam dari seluruh dunia karena keindahan alam bawah lautnya. Hampir setiap laut di Wakatobi bisa dijadikan tempat untuk menyelam maupun snorkeling. Spot paling populer untuk menyelam adalah Onemohute di Wangi-Wangi dan Roma (Roma’s Reef) di Tomia. Selain menyelam, kamu juga bisa berkunjung ke suku Bajo yang merupakan penduduk lokal Wakatobi yang tinggal di rumah apung. Asiknya lagi di pagi hari, tepatnya di perairan Wakatobi, kamu bisa melihat kerumunan ikan lumba-lumba, loh.

PULAU KEI

Pulau Kei

Kepulauan Kei adalah gugusan pulau di kawasan tenggara Kepulauan Maluku yang kini termasuk dalam wilayah Provinsi Maluku, Indonesia. Pulau ini sudah terkenal dengan potensi wisata bahari yang tiada duanya. Pulau Kei mempunyai pulau-pulau kecil yang tersebar dengan pasir pantai putih nan lembut. Terdapat 4 destinasi wisata di Pulau Kei yang wajib kamu kunjungi, yaitu Pantai Ngurbloat atau Pantai Pasir Panjang, Pulau Adranan, Pulau Baer, hingga Goa Hawang yang merupakan kolam air tawar dengan air yang sangat bening.

Di Pantai Ngurbloat, kamu bisa menemui pantai dengan pasir yang memanjang sepanjang 3 km. Yang menarik lagi, pasir pantai di sana berwarna putih dan sangat lembut bak tepung. Air lautnya yang bening, memungkinkan kamu untuk melihat langsung ikan dan terumbu karang di bawahnya. 

YOGYAKARTA

Yogyakarta

 

Seperti namanya, Yogyakarta merupakan destinasi yang istimewa. Kota yang juga dikenal sebagai Kota Pelajar ini mempunyai banyak destinasi wisata yang bisa kamu jelajahi. Di Yogyakarta, kamu bisa menemukan wisata budaya, alam pegunungan dan pantai, kuliner, wisata sejarah, hingga wisata belanja.

Bagi yang ingin berwisata pegunungan, kamu bisa mendatangi wisata Kaliurang untuk merasakan udara sejuk Kota Yogyakarta dari pegunungan. Bagi pencinta pantai, kamu bisa ke deretan pantai Gunung Kidul dengan pesona pantai dan tebing karangnya yang cocok banget untuk berfoto. Yogyakarta juga terkenal dengan surganya kuliner lezat, mulai dari kuliner manis hingga pedas bisa ditemukan di sini.

DERAWAN

Derawan

Kepulauan Derawan terdiri dari beberapa pulau yang bisa dijelajahi dalam beberapa hari. Di pulau ini kami bisa menikmati buaian atmosfer indah wisata bahari, mulai dari saat kamu terbangun hingga kembali memejamkan mata. Gimana gak, di Pulau Derawan, kamu bisa merasakan sensasi menginap di penginapan yang ada di atas laut. 

Kepulauan Derawan berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Menuju ke sini, kamu bisa melalui dua gerbang utama, yaitu melalui Berau atau Tarakan. Beberapa destinasi terkenal yang bisa kamu kunjungi, di antaranya Pulau Maratua, Pulau Kakaban yang menyajikan danau air tawar dengan banyak flora dan fauna di dalamnya, salah satunya ubur-ubur. Bagi kamu pencinta penyu, kamu juga bisa ke Pulau Sangalaki di Sangalaki untuk melihat konservasi penyu. Pulau ini merupakan tempat penyu bermigrasi dan bertelur. Berbagai spesies penyu bertelur ada di pulau ini, namun yang terbanyak adalah penyu hijau dan sisik. Seperti wilayah Kepulauan Derawan lainnya, pemandangan laut Sangalaki memang memesona dan jernih dengan pasir putih yang lembut.

MOROTAI

Morotai

Kabupaten Pulau Morotai adalah sebuah pulau sekaligus kabupaten yang terletak di Kepulauan Halmahera, Kepulauan Maluku, Indonesia. Pulau Morotai menjadi destinasi wisata unggulan di Indonesia bagian timur. Bandar Udara Leo Wattimena (sebelumnya dikenal dengan Bandar Udara Pitu) merupakan satu-satunya bandara di Pulau Morotai. Bandara ini melayani penerbangan dari dan ke Bandar Udara Sultan Babullah, Ternate. 

Di pulau ini, kamu bisa menemukan pesona alam pantai dengan pasir yang lembut, air laut yang biru dan jernih, berbagai macam gua, plus spot snorkeling dan menyelam. Beberapa spot wisata menarik yang bisa kamu kunjungi ketika di Morotai, di antaranya Pulau Dodola, Pulau Mitita, Pulau Nunuhu, Goa Popogu, Pulau Galo-Galo, dan juga Museum Perang Dua II. 

RAJA AMPAT

Raja Ampat

Siapa yang gak kenal Raja Ampat? Pulau ini sangat terkenal baik di Indonesia, maupun mancanegara. Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian dari empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkop) Pulau Papua.  Pulau Raja ampat adalah salah satu destinasi kebanggaan Indonesia yang sayang untuk dilewatkan. Pulau ini mempunyai kekayaan alam yang luar biasa indah. Bagi para penyelam dalam dan luar Indonesia, Raja Ampat dianggap sebagai surga yang gak dapat diungkapkan dengan kata-kata. 

Cara menuju ke kepulauan ini, kamu harus menuju Kota Sorong terlebih dahulu. Biasanya para wisatawan banyak menggunakan penerbangan untuk sampai ke kota ini. Setelah sampai Kota Sorong, kamu dapat menggunakan sejenis kapal cepat yang biasa berlayar dua kali sehari menuju Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat. Perjalanan hanya akan memakan waktu sekitar 2-3 jam saja dari Pelabuhan Sorong, hingga sampai di Pelabuhan Waisai Raja Ampat. 

Gak hanya kekayaan alam bawah lautnya, Raja Ampat juga memiliki banyak hal menarik di atas permukaannya. Pantai-pantai indah dan berpasir putih yang memiliki kehalusan mendekati tepung tersebar di seluruh Kepulauan Raja Ampat. Selain itu, pulau-pulau yang membentuk deretan tebing tinggi pun banyak ditemukan di Raja Ampat. Beberapa tempat seperti Piaynemo, Teluk Kabui, dan Wayag telah terkenal hingga ke seluruh dunia. Hutan-hutan tropis pun gak kalah menariknya, bahkan ada beberapa tempat seperti desa Sawinggrai atau desa Saporkrein yang menyuguhkan pengalaman seru melihat burung cenderawasih, si burung langka dan cantik khas Papua dari dekat. 

Itu dia 10 destinasi di Indonesia yang wajib kamu kunjungi. Gimana, sudah kepikiran mau traveling ke mana lagi nih, travelers? Kalau kamu rindu traveling,  jangan lupa kamu pesan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket bus, dan hotel promo di Pegipegi biar #PegipeginyaLebihAman!

PESAN TIKET PESAWAT PESAN TIKET KERETA PESAN TIKET BUS PESAN HOTEL MURAH

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

Comments

To Top