Destinasi

10 Danau unik tercantik di Indonesia

Danau Labuan Cermin

Jalan-jalan ke danau kedengarannya asoy ya, travelers, apalagi kalo ke 10 danau unik di Indonesia berikut ini. Sebagian besar danau yang unik menggelitik ini berlokasi di tengah kerimbunan hutan, tersembunyi di balik pepohonan. Jadi nggak heran kalo belum banyak orang yang mengetahuinya. Dan hal ini secara otomatis membuat wisata ke 10 danau unik di Indonesia hanya ditujukan buat kamu yang udah terbiasa dengan aktivitas alam bebas (trekking, hiking, mountaineering, dll.)

Danau apa aja sih yang tergolong 10 danau unik di Indonesia? Nih, Pegipegi buatin daftarnya buat kamu.

  1. Danau Tolire, Ternate

    Danau Tolire

    foto: entasimanjuntak.wordpress.com

    Danau yang letaknya hanya sekitar 10 menit berkendara ini mendapat kehormatan menempati posisi juru kunci 10 danau unik di Indonesia berkat bentuknya yang mirip loyang kue raksasa. Dan keunikan ini baru benar-benar kelihatan kalo kamu melihatnya dari atas sambil naik heikopter.Keunikan lain Danau Tolire adalah legenda dengan aroma misteri yang kental dan telah dipercaya oleh masyarakat setempat selama bertahun-tahun. Para warga percaya kalo Danau Tolire sangat dalam dan punya semacam saluran yang menghubungkannya dengan lautan. Meski kaya dengan ikan, nggak seorang pun warga yang berani memancing atau berenang di danau yan konon dijaga oleh siluman buaya putih.

  2. Danau Satonda, NTB
    Danau Satonda

    foto: twitter @vectormania

    Danau berikut dalam daftar 10 danau unik di Indonesia adalah Danau Satonda, yaitu sebuah danau di tengah Pulau Satonda, yang masih merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Dompu, NTB. Danau Satonda unik soalnya airnya asin seperti air laut, padahal dia ada di tengah daratan.Aslinya sih Danau Satonda ini airnya tawar, travelers. Terjadinya tsunami puluhan ribu tahun lalu akibat meletusnya gunung Tambora, yang lokasinya emang deket banget sama Pulau Satonda, diperkirakan membuat air laut naik dan masuk ke Danau Satonda. Air laut jugadiperkirakan merembes melalui dinding-dinding dasar danau. Belum diketahui dengan pasti jenis satwa air atau tanaman apakah yang tinggal di dalam Danau Satoda.

  3. Danau Paniai, Paniai, Papua
    Danau Paniai termasuk unik karena terbentuk dari tiga danau sekaligus dan dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi nan kokoh dan cukup terawat baik. Tiga buah danau, yaitu Danau Paniai, Danau Tige dan Danau Tage yang secara administratif merupakan bagian dari Kabupaten Paniai Timur, Papua, awalnya ditemukan oleh seorang penerbang Belanda bernama Frits Wissel di tahun 1930-an.Orang-orang pada akhirnya lebih sering menyebut area tiga danau ini menjadi Danau Paniai, yang menjadi habitat buat satwa air endemik Papua yaitu udang selingkuh (cherax albertisii). Disebut udang selingkuh karena udang ini punya capit yang besar sekali seperti kepiting. Sehingga masyarakat setempat menduga, udang ini adalah hasil perselingkuhan antara udang dengan kepiting.
  4. Danau Sentarum, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat
    Danau seluas 120 ribu hektar ini pantas masuk dalam daftar 10 danau unik di Indonesia karena air danau akan mengering di musim kemarau, dan membentuk puluhan kolam kecil yang dipisahkan oleh daratan bersemak belukar. Fenomena ini cukup langka, bahkan untuk level Asia Tenggara.Danau Sentarum ditinggali oleh puluhan jenis ikan dan tumbuhan, yang beberapa diantaranya adalah makhluk endemik (nggak bisa ditemukan di tempat lain). Sampai saat ini, beberapa suku tradisional Kalimantan seperti Dayak Punan dan Dayak Iban masih tinggal secara sederhana di sekitar danau yang mendapat status Taman Nasional Danau Sentarum di tahun 1999.
  5. Danau Gunung Tujuh, Jambi
    Danau Gunung Tujuh

    foto: rantinghijau.wordpress.com

    Kamu suka naik gunung? Inilah danau yang musti kamu kunjungi, karena terletak di 1950 meter dari permukaan laut. Wow .. tinggi banget ya? Pasti airnya dingin banget. Ya, travelers, suhu di sekitar Danau Gunung Tujuh aja mencapai 16-17 derajat celcius di siang hari. Meski begitu, mandi berendam di danau yang masuk dalam wilayah Kabupaten Kerinci, Jambi, tepatnya di belakang Gunung Kerinci, adalah sesuatu yang menantang buat para pendaki.Danau Gunung Tujuh menempati posisi ke-5 dalam daftar 10 danau unik di Indonesia versi Pegipegi berkat letak geografisnya yang benar-benar dikelilingi oleh tujuh gunung, yaitu Gunung Jar Panggang, Gunung Lumut, Gunung Selasih, Gunung Madura Besi, Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir dan Gunung Tujuh. Danau Gunung Tujuh dikenal sebagai danau sakti oleh masyarakat setempat, karena airnya selalu jernih, tenang dan dedaunan yang jatuh dari pepohonan sekitarnya nyaris nggak bisa ditemukan mengambang di danau ini. Ada yang tau kenapa?

  6. Danau Labuan Cermin, Berau, Kalimantan Timur

    Danau Labuan Cermin

    foto: danaubesar.blogspot.com

    Gimana ya seandainya air tawar dan air laut dipertemukan dalam sebuah danau? Jawabannya ya Danau Labuan Cermin ini, travelers. Pertemuan dua jenis air itu bukan hanya menjadikan air Danau Labuan Cermin begitu jernih dan kadang berwarna biru, hijau atau biru kehijauan. Tapi juga membuat Danau Labuan Cermin menjadi rumah buat dua jenis satwa air yang tinggal di dua alam yang berbeda.Uniknya lagi, dua satwa itu tinggal di ‘dunia’ mereka masing-masing karena air laut dan air tawar tidak bercampur menjadi satu, melainkan terpisah oleh semacam lapisan putih menyerupai awan. Keajaiban proses alam menempatkan Danau Labuan Cermin sebagai salah satu dari 10 danau unik di Indonesia yang memancing rasa penasaran siapapun untuk membuktikan keunikannya.

  7. Danau Kawah Putih, Bandung, Jawa Barat

    Kawah putih

    foto: www.kamusbahasasunda.com

    Nah, ini dia salah satu dari 10 danau unik di Indonesia yang lokasinya mungkin paing dekat dengan tempat tinggal kamu, travelers. Danau Kawah Putih adalah bagian dari kawasan wisata Ciwidey yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha di abad ke-10. Asap belerang yang pekat menusuk membuat setiap burung yang terbang di atasnya tewas, sehingga dulu masyarakat setempat menganggap kawasan ini adalah kawasan angker.Setelah Dr Franz Junghun menemukan bahwa di puncak Gunung Patuha ada sebuah danau belerang yang cantik berwarna putih hingga ke dasarnya, barulah masyarakat setempat berani mendatanginya dan menjadikan Kawah Putih sebagai salah satu lokasi wisata yang wajib dikunjungi kalo kamu lagi jalan-jalan ke Bandung.

  8. Danau Kakaban, Derawan, Kalimantan Timur

    Danau Kakaban

    foto: www.topindonesiaholidays.com

    Proses terbentuknya Danau Kakaban nyaris sama dengan Danau Satoban yang ada di NTB, travelers. Diduga, Danau Kakaban dulunya adalah bagian dari laut yang mengalami penurunan permukaan di masa peralihan Holosin. Air laut yang terjebak di daratan ini kemudian bercampur dengan air tanah dan hujan, membentuk danau seluas 5 kilometer persegi di Pulau Kakaban, yang masih termasuk dalam wilayah admistratif Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.Fenomena air laut yang terjebak di daratan juga berpengaruh pada biota yang tinggal di dalamnya. Di Danau Kakaban ini tinggalah empat jenis ubur-ubur yang telah berevolusi selama jutaan tahun menjadi ubur-ubur tanpa sengat yang berjalan dengan kaki di atas dan kepala di bawah. Para ahli yakin Danau Kakaban adalah suatu danau prasejarah, dan sejumlah penelitian terus dilakukan untuk mengungkap misteri salah satu dari 10 danau unik di Indonesia ini.

  9. Danau Linow, Tomohon, Sulawesi Utara
    Danau Linow

    foto: www.lokopoko.travel

    Danau Linow juga populer dengan nama danau tiga warna. Dan nama ini diberikan karena danau yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Tomohon, Sulawesi Utara, bisa berubah warna menjadi biru kehijauan, biru dan kecoklatan jika dilihat dari atas bukit yang musti kita lewati sebelum memasuki kawasan danau.Danau seluas 5 hektar ini terbentuk dari proses alam jutaan tahun lalu, dimana sebuah gempa mengakibatkan muculnya sebuah sumber belerang di dasar danau. Inilah yang membuat air Danau Linow senantiasa berubah, ditambah dengan pantulan dari aneka tanaman air yang hidup di dasar danau.

  10. Danau Pagaralam, Bengkulu
    Danau berwarna merah darah di pedalaman Hutan Raje Mandare, Bengkulu ini menurut Pegipegi sangat layak ditempatkan dalam posisi teratas dalam daftar 10 danau terunik di Indonesia. Betapa tidak, travelers, air danau ini tidak akan berwarna merah kalo kamu mengambilnya dengan tangan atau gayung dan beraroma harum seperti pandan di malam hari. Dugaan Pegipegi, ada sesuatu di dasar danau yang memicu terjadinya hal itu.Sayang, sampai sekarang pemerintah setempat belum tertarik untuk menyelidikinya, atau menatany menjadi lokasi wisata yang menarik. Padahal Hutan Raje Mandere, hutan tempat danau merah darah ini berada, dihuni aneka satwa aneh seperti kelabang raksasa, burung raksasa dan kerbau yang telinganya dijadikan sarang oleh para tawon. Hmmm .. kayak cerita di film-film dinosaurus aja ya travelers.

Bandung, NTB, Kalimantan, Jambi, Bengkulu, Ternate, Sulawesi … Wah mana dulu nih yang musti didatangi buat membuktikan keanehan 10 danau unik di Indonesia dengan mata kepala sendiri? Jangan panik, travelers, hubungi Pegipegi.com aja yuk buat mendapatkan saran terbaik tentang daerah mana yang sebaiknya kamu datangi terlebih dahulu.

(Visited 1,012 times, 1 visits today)

Comments

To Top