Kuliner

10 Bubur Ayam Enak di Jakarta yang Wajib Diicip!

Weekend cuma di Jakarta? Kenapa nggak kulineran aja di Jakarta? Buat yang suka banget sama bubur ayam, kamu bisa cobain bubur ayam rekomendasi Pegipegi kali ini. Sekali cicip dijamin pengin balik lagi!

1. Bubur Ayam Senopati

bubur-ayam-senopati

Bubur Ayam Senopati menawarkan bubur ayam dengan siraman kuah kari yang rasanya lezat. Padahal, kedua jenis makanan itu sepertinya mustahil untuk dipadukan. Buburnya pun terasa gurih dan gurihnya bukan berasal dari MSG, melainkan dari kaldu ayam.

Topping ayamnya juga banyak, bahkan kamu bisa menambahkan topping aneka sate jika mau, seperti ati ampela, usus, dan lain-lain. Meskipun cuma jualan di gerobak, tapi pengunjung yang datang selalu ramai, travelers! Langsung aja serbu Bubur Ayam Senopati di jalan Senopati Raya, Jakarta Selatan! Bujet makan di Bubur Ayam Senopati adalah Rp 30 ribu* untuk dua orang.

2. Bubur Ayam Cikini H. R. Sulaiman

bubur-ayam-cikini-h-r-sulaiman

foto dari: tripadvisor.com

Di Cikini banyak banget gerobak bubur ayam, tapi yang paling ramai dan recommended adalah Bubur Ayam Cikini H. R. Sulaiman yang letaknya di samping KFC, Menteng, Jakarta Pusat. Bubur Ayam Cikini H.R. Sulaiman terkenal akan topping telur ayam kampung mentah yang dibenamkan di tengah-tengah bubur panas.

Bubur ayam yang cukup panas mampu bikin telur ayam jadi setengah matang, jadi nggak akan terasa amis. Aroma yang dikeluarkan dari bubur ayam ini adalah aroma jahe yang bikin tenggorokan hangat. Untuk makan di sana, kamu disarankan untuk menyiapkan kocek sebesar Rp 50 ribu* untuk dua orang.

3. Bubur Ayam Barito

barito

foto oleh: qraved.com

Tekstur dari Bubur Ayam Barito tidak jauh berbeda dari Bubur Ayam Cikini H. R. Sulaiman, yaitu lembut, tapi tidak terlalu encer. Juga ada tambahan telur yang dimasak setengah matang. Tapi, Bubur Ayam Barito punya keunikan lain, yaitu adanya potongan cakwe dan cheese stick.

Supaya rasanya makin mantap, kamu bisa menambahkan side dish, seperti usus, ampela, hati, dan lain-lain. Harga yang ditawarkan memang lebih tinggi, yaitu sekitar Rp 90 ribu* untuk dua orang, tapi sangat worth it karena rasanya mantap dan porsinya besar! Penasaran? Langsung aja mampir ke jalan Gandaria Tengah III No. 1, Jakarta Selatan.

4. Bubur Ayam Alfa

Kenapa diberi nama Bubur Ayam Alfa? Soalnya, mereka buka kedai ini di sebelah Alfamart Meruya Ilir (jalan Rukan Taman Aries, Blok H1 No. 4, jalan Meruya Ilir Raya), Jakarta Barat. Enaknya makan bubur di Bubur Ayam Alfa adalah topping ayam suwirnya banyak banget! Dan ayam suwirnya bukan ayam suwir biasa, tapi ayam suwirnya yang sudah diberi bumbu.

Paling mantap jika bubur ayamnya ditambahkan telur ayam kampung setengah matang, emping, dan kacang. Bujet yang dikeluarkan untuk makan bubur di sana adalah sekitar Rp 60 ribu* per dua orang.

5. Bubur Ayam H. Jewo (Bubur Ayam Tanjung)

bubur-ayam-tanjung

foto dari: money.id

Katanya, Bubur Ayam H. Jewo atau yang akrab disebut Bubur Ayam Tanjung adalah langganan keluarga Cendana. Tekstur buburnya gurih, aroma ayam gorengnya khas, dan sambal oncomnya enak! Yup, inilah yang menjadi keunikan di Bubur Ayam H. Jewo yang memilih sambal oncom untuk jualan mereka. Kedai ini berada di jalan Taman Cut Mutiah No. 1, Menteng, Jakarta Pusat. Bujet untuk makan di Bubur Ayam H. Jewo adalah sekitar Rp 50 ribu* untuk dua orang.

6. Bubur Ayam Monas Ny. Cirebon

bubur-ayam-monas

foto oleh: Rekomendasi.Me

Dinamakan Bubur Ayam Monas Ny. Cirebon tadinya cuma berada di Monas, namun akhirnya kedai ini berpindah-pindah dan kini sudah punya beberapa cabang, yaitu di Bendungan Hilir, Kelapa Gading, Kebon Jeruk, Puri Kencana, dan Senayan. Usia Bubur Ayam Monas Ny. Cirebon sudah berjalan selama belasan tahun. Buburnya berwarna putih bersih, agak encer, dan beraroma sedap.

bubur-ayam-ny-cirebon

foto oleh: Rekomendasi.Me

Rasanya sedap karena menggunakan kaldu ayam yang menyatu dengan daging ayam dan cakwe. Uniknya, ada sensapi bau asap di bubur tersebut. Kocek yang perlu kamu keluarkan untuk makan di Bubur Ayam Monas Ny. Cirebon cukup terjangkau, kok, yaitu Rp 60 ribu* untuk dua orang.

7. Bubur Ayam Tangki Aguan

 

Bubur Ayam Tangki Aguan juga menggunakan telur mentah, tapi telur mentahnya ditarih di bawah bubur. Telur tersebut akan jadi setengah matang karena terkena panas bubur. Menu utama di sana memang Bubur Ayam, tapi kamu bisa menambahkan topping lain dari yang halal sampai yang nggak halal, seperti bakso goreng, siomay, cakwe, tahu sekba, sekba, dan lain-lain. Bubur Ayam Tangki Aguan berlokasi di jalan Mangga Besar I No.20 B, Jakarta Barat. Bujet makan di sana adalah Rp 70 ribu* untuk dua orang.

8. Bubur Kwang Tung

bubur kwang tung

Dok. Pegipegi

Begitu lihat plangnya, kamu akan langsung melihat tulisan ‘halal’ di resto bubur 24 jam ini. Dan sudah banyak artis Indonesia yang makan di sana. Terlihat dari foto-foto artis yang dipajang di sana. Bubur Kwang Tung tentu aja menghadirkan menu utama bubur dengam seafood steam ala Hong Kong. Paling spesial di sana bubur seafood-nya. Tekstur buburnya lembut dan nggak ada rasa amis. Potongan kepitingnya juga halus.

foto dari: jadiBerita.com

Di setiap bubur di sana, ada saus cokelat bening dan ternyata saus itu adalah saus khas bubur Hong Kong. Bahannya terdiri dari irisan cabai, jahe, bawang, dan kecap asin. Proses pembuatan bubur di sana nggak dilakukan secara sembarangan. Memasak berasnya aja memakan waktu dua jam dan beras yang digunakan adalah beras Thailand. Saat dimasak, garam dimasukkan ke dalam bubur, kemudian buburnya juga ditambahi bahan protein sesuai dengan pesanan (ayam, seafood, dan lain-lain). Bubur Kwang Tung kini sudah memiliki banyak cabang, di antaranya ada di Pecenongan dan Senopati. Untuk makan di sana, siapkan bujet sekitar Rp 150 ribu* untuk dua orang, ya!

9. Bubur Ayam Sukabumi

Kedai bubur yang berada di jalan Tebet Dua Dalam II No. 2, Jakarta Selatan ini memadukan bubur ayam dengan ciri khas Indonesia dan sentuhan oriental. Kamu bisa memilih ingin makan Bubur Ayam Special, Bubur Ayam Biasa, Bubur Ayam Cistik, atau Bubur Seafood? Tekstur bubur di sana kental dan khas. Makin mantap karena topping-nya juga banyak, seperti ayam, seledri, cakwe, dan lain-lain. Harga per menu di sana adalah sekitar Rp 20 ribuan*. Cukup terjangkau, kan?

bubur-ayam-sukabumi2

foto oleh: foody.id

10. Bubur Angke

Kalau ingin mencicipi bubur ayam bergaya oriental lainnya, kamu bisa mampir ke Bubur Angke yang berlokasi di Komplek Taman Harapan Indah Blok BB No. 4, Jalan Pangeran Tubagus Angke, Jelambar, Jakarta Barat. Nikmatnya bubur di sana adalah karena ayam digunakan adalah ayam pek cam kee (ayam rebus khas China) yang memiliki daging empuk dan aroma bawang putih yang khas. 

bubur-angke

foto oleh: qraved.com

Sedangkan buburnya sedikit encer dan rasanya gurih. Selain bisa menikmati bubur dengan ayam rebus, kamu juga bisa menikmatinya dengan usus ayam rebus. Jangan lupa gunakan kecap asin racikan yang bisa menambah kenikmatan bubur, ya! Harga bubur di sana sekitar Rp 130 ribu* untuk dua orang.

86633390c87633299b6b6705793bb48020f34ed78483f4b017pimgpsh_fullsize_distr

Kalau kamu berada di luar Jakarta dan punya rencana untuk ke Jakarta dalam waktu dekat, jangan lupa mampir ke 10 kedai di atas, ya! Agar bujet liburanmu terjangkau ke Jakarta, yuk, pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Jakarta lewat pegipegi!

pesan tiket pesawat murah ke jakarta  pesan tiket kereta api murah  cari hotel murah di jakarta

Foto utama: https://www.chowhound.com

*Harga berlaku saat artikel dibuat

Kamu juga bisa baca artikel 10 Chinese Food di Mangga Besar, Jakarta yang Recommended!

Agar transaksi kamu lebih murah dan mudah, jangan lupa instal aplikasi Pegipegi lewat Google Play atau App Store, ya!

google-play

apps-store

 

 

(Visited 12,492 times, 57 visits today)

Comments

To Top