•   Jam Layanan
  •    0804 1400 777
  •    cs@pegipegi.com

Cari Tiket Kereta Api ke Purwakarta

Kota Asal Populer
Jakarta
Gambir
Jakarta Kota
Jatinegara
Manggarai
Pasar Senen
Tanah Abang
Tanjung Priuk
Solo
Purwosari
Solobalapan
Solojebres
Bandung
Bandung
Cicalengka
Cikadongdong
Cimahi
Gedebage
Haurpugur
Kiaracondong
Padalarang
Rancaekek
Rendeh
Semarang
Semarang Poncol
Semarang Tawang
Surabaya
Surabaya Gubeng
Surabaya Pasar Turi
Wonokromo
Sukabumi
Sukabumi
Cibadak
Cicurug
Cicreungas
Cisaat
Gandasoli
Karang Tengah
Parungkuda
Yogyakarta
Yogyakarta
Brambanan
Lempuyangan
Sentolo
Wates
Malang
Malang
Blimbing
Kepanjen
Lawang
Malang Kota Lama
Sumberpucung
Kota Tujuan Populer
Jakarta
Gambir
Jakarta Kota
Jatinegara
Manggarai
Pasar Senen
Tanah Abang
Tanjung Priuk
Solo
Purwosari
Solobalapan
Solojebres
Bandung
Bandung
Cicalengka
Cikadongdong
Cimahi
Gedebage
Haurpugur
Kiaracondong
Padalarang
Rancaekek
Rendeh
Semarang
Semarang Poncol
Semarang Tawang
Surabaya
Surabaya Gubeng
Surabaya Pasar Turi
Wonokromo
Sukabumi
Sukabumi
Cibadak
Cicurug
Cicreungas
Cisaat
Gandasoli
Karang Tengah
Parungkuda
Yogyakarta
Yogyakarta
Brambanan
Lempuyangan
Sentolo
Wates
Malang
Malang
Blimbing
Kepanjen
Lawang
Malang Kota Lama
Sumberpucung
* Bayi tidak memperoleh kursi
Kelas

Tiket Kereta Api ke Purwakarta dari Kota-kota Populer

St. Gambir (Jakarta) - St. Purwakarta (Purwakarta)
mulai dari Rp 110.000
St. Pasar Senen (Jakarta) - St. Purwakarta (Purwakarta)
mulai dari Rp 63.000
St. Semarangtawang (Semarang) - St. Purwakarta (Purwakarta)
mulai dari Rp 200.000
St. Bekasi (Bekasi) - St. Purwakarta (Purwakarta)
mulai dari Rp 63.000
St. Kroya (Cilacap) - St. Purwakarta (Purwakarta)
mulai dari Rp 63.000
St. Maos (Cilacap) - St. Purwakarta (Purwakarta)
mulai dari Rp 63.000

Wisata Naik Kereta Api ke Purwakarta

Purwakarta merupakan sebuah kota di utara Bandung yang berada di tiga titik-temu lalu lintas strategis Jawa Barat, yakni Purwakarta-Bandung, Purwakarta-Jakarta, dan Purwakarta-Cirebon. Berkat lokasinya yang strategis, Purwakarta memiliki potensi ekonomi yang terus berkembang hingga saat ini. Tak hanya dikenal memiliki hasil bumi yang kaya, Purwakarta pun terkenal berkat kerajinan keramik khas Plered yang kualitasnya sudah diakui secara luas. Sebagai daerah yang terletak di antara titik temu kota-kota penting di Jawa Barat, Purwakarta tentu memiliki akses transportasi publik untuk mengakomodasi kebutuhan mobilitas warga dan masyarakat luar daerah. Meski tidak memiliki terminal bus umum, jalan raya Purwakarta dilintasi trayek bus umum untuk tujuan Bandung, Jakarta, Tasikmalaya, Garut, Cirebon, serta kota-kota di Jawa Tengah. Untuk memenuhi kebutuhan transportasi antarkota yang lebih nyaman, pemerintah setempat pun menyediakan fasilitas stasiun kereta, dua di antaranya adalah Stasiun Purwakarta dan Stasiun Plered. Stasiun Purwakarta melayani rute Jakarta dan kota-kota lain di Jawa Barat, seperti Argo Parahyangan. Stasiun ini juga merupakan titik pemberhentian kereta rute luar Jawa Barat seperti Semarang dan Surabaya. Sementara itu, Stasiun Plered hanya melayani kereta kelas Ekonomi AC dan lokal atau komuter, seperti Serayu.

Stasiun Kereta Antar Kota di Purwakarta

Stasiun Purwakarta merupakan stasiun kereta api kelas II yang termasuk ke dalam Daerah Operasi II Bandung. Stasiun yang terletak di ketinggian +84 meter ini hanya berjarak sekitar 5 menit dari kantor Bupati Purwakarta. Hingga saat ini, Stasiun Purwakarta memiliki 6 jalur kereta api yang terdiri dari 1 jalur sepur lurus ganda dari arah Jakarta, 2 jalur sepur lurus ganda ke arah Jakarta, serta jalur tunggal untuk rute Bandung. Stasiun Purwakarta dikenal sebagai tempat peristirahatan terakhir untuk kereta rel listrik non-AC yang beroperasi di Jabodetabek pasca dihapuskannya KRL non-AC pada 2013. Stasiun Purwakarta melayani kereta kelas Eksekutif Argo Parahyangan tujuan Stasiun Bandung Hall, rute tambahan Jakarta, serta rute tambahan pagi untuk tujuan Stasiun Kiara Condong. Kereta kelas Campuran dan Ekonomi AC untuk rute Surabaya, Semarang, dan Purwakarta seperti Harina, Ciremai, dan Serayu pun melintasi Stasiun Purwakarta. Layanan kereta lokal dan komuter Ekonomi AC untuk tujuan Jakarta, Cicalengka, dan Cibatu juga tersedia di Stasiun Purwakarta.
Lokasi Stasiun Purwakarta
Stasiun Purwakarta merupakan stasiun kereta api kelas II yang termasuk ke dalam Daerah Operasi II Bandung. Stasiun yang terletak
Lokasi Populer di Sekitar Stasiun Purwakarta
Atraksi Terdekat (2)
  • Taman Air Mancur Sri Baduga
    0.50 km
  • Waduk Jatiluhur
    7.20 km
Stasiun Plered merupakan stasiun kelas III yang juga termasuk ke dalam Daerah Operasi II Bandung. Stasiun yang berada di ketinggian +275 meter ini lokasinya tidak jauh dari Pasar Plered dan Jalan Raya Plered-Purwakarta. Stasiun Plered memiliki dua jalur rel, jalur tunggal untuk tujuan Stasiun Sukatani dan jalur ganda yang menuju Stasiun Cikadongdong. Sebagai stasiun kelas III, Stasiun Plered hanya melayani kereta lokal atau komuter Ekonomi AC Bandung Raya dengan rute Purwakarta dan Cicalengka, serta kereta lokal Cibatu/Simandra untuk tujuan Purwakarta dan Cibatu. Stasiun Plered juga menjadi titik pemberhentian kereta kelas Ekonomi AC Serayu tujuan Jakarta dan Kroya yang bersambung ke Purwokerto via Bandung-Tasikmalaya.
Lokasi Stasiun Plered
Stasiun Plered merupakan stasiun kelas III yang juga termasuk ke dalam Daerah Operasi II Bandung. Stasiun yang berada di ketingg
Lokasi Populer di Sekitar Stasiun Plered

Ulasan Perjalanan Kereta Api ke Purwakarta

Berencana bepergian dengan kereta api? Temukan ulasan pengalaman perjalanan ke Purwakarta di sini!

Ulasan ini bisa Anda jadikan salah satu referensi terbaik untuk mendukung perjalanan Anda.


Simak ulasan terbaru dari pelanggan pegipegi.com.

Menyenangkan
Kereta Ekonomi dari PSE ke Purwakarta
3.5
Keretanya lumayan bagus untuk ukuran ekonomi, cuman toiletnya kurang bersih tapi secara keseluruhan menyenangkan
Dewi Roslaeni 13-1-2019
Menyenangkan
Kereta Ekonomi dari GMR ke Purwakarta
5.0
Asyik
Feri Diansyah 04-1-2019
Menyenangkan
Kereta Ekonomi dari PSE ke Purwakarta
5.0
Lebih ditingkatkan lagi agar semakin baik lagi
Refiani Puspa Dewi 29-6-2018
Cukup nyaman..pelayanan bagus hanya toiletnya kurang nyaman dan harap dibersihkan setiap saat
Kereta Eksekutif dari SMT ke Purwakarta
4.5
Cukup menyenangkan.. Tepat waktu juga
Leny Milla Fitria W 24-5-2018
Perjalanan dr Semarang ke Purwakarta
Kereta Eksekutif dari SMT ke Purwakarta
5.0
menyenangkan, nyaman, gak capek
Indah Istianingsih 08-5-2018

Tempat-tempat Wisata Populer di Purwakarta

Saat pertama kali dibangun pada 1957, Waduk Jatiluhur memiliki fungsi utama sebagai sarana irigasi, budidaya ikan, dan pembangkit listrik. Lambat laun, pengelola menyadari potensi wisata yang dimiliki Waduk Jatiluhur hingga akhirnya menjadikan danau buatan pertama di Indonesia ini sebagai destinasi wisata.
Anda dapat menjajal kegiataan seru saat berkunjung ke Waduk Jatiluhur, seperti mengelilingi area danau menggunakan perahu motor, memancing, atau sekadar berfoto dari atas rumah pohon sembari menikmati pemandangan perbukitan yang hijau. Waktu tempuh dari pusat Kota Purwakarta ke Waduk Jatiluhur kurang lebih 15-20 menit. Pengunjung diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 untuk hari kerja dan Rp20.000 khusus akhir pekan.
Lokasi Waduk Jatiluhur
Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
Cara Menuju Waduk Jatiluhur
Anda dapat menggunakan bus umum yang melintas di Jalan Raya Purwakarta-Bandung. Dari pusat kota, Anda juga dapat naik angkot nomor 03 lalu turun di Pasar Bunder. Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan angkot 011 yang akan mengantarkan Anda tepat di kawasan Waduk Jatiluhur.
Didapuk sebagai taman air mancur terbesar se-Asia Tenggara, Taman Air Mancur Sri Baduga menyajikan atraksi air mancur cantik yang dihiasi pencahayaan menakjubkan. Pertunjukan air mancur di Taman Sri Baduga Situ Buleud ini diadakan setiap Sabtu pada pukul 19.30-21.00. Di sini, Anda tak hanya akan dimanjakan dengan pertunjukkan air mancur yang menyihir mata. Anda pun dapat mencoba wahana mobil-mobilan warna-warni untuk mengelilingi area taman.
Taman Air Mancur Sri Baduga dibuka setiap hari pukul 06.00-09.00 dan pukul 16.00-18.00, kecuali pada akhir pekan yang jam bukanya lebih lama. Pengunjung tidak dikenakan tiket masuk untuk dapat menikmati pertunjukkan air mancur. Namun, jika ingin mencoba wahana mobil safari, Anda mungkin perlu membayar biaya sewa per penumpang.
Lokasi Taman Air Mancur Sri Baduga
Kelurahan Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta
Cara Menuju Taman Air Mancur Sri Baduga
Dari Stasiun Purwakarta, Anda dapat berjalan kaki selama 7 menit ke arah Taman Air Mancur Sri Baduga. Bagi yang bepergian dari Bandung menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengambil rute dari Tol Purbaleunyi ke Exit Jatiluhur, lalu ambil jalur menuju Ciganea, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Kapten Halim, Jalan Siliwangi, hingga akhirnya tiba di kawasan Situ Buleud.
Pelajari adat dan budaya masyarakat asli Purwakarta di Kampung Wisata Tajur. Anda dapat mengetahui ragam kearifan lokal serta cara hidup masyarakat adat yang belum tersentuh modernitas ala kota besar. Begitu sampai di Kampung Tajur, Anda akan melihat nuansa Sunda yang kental berkat kehadiran rumah panggung yang terbuat dari kayu dan bambu serta beratapkan rumbia.
Kegiatan sehari-hari masyarakat Kampung Tajur seperti bertani, bercocok tanam, membuat anyaman bambu atau budidaya ternak dapat Anda ikuti saat berkunjung ke sini. Jika ingin lebih lama berwisata di Kampung Tajur, tidak ada salahnya untuk bermalam di homestay yang ditawarkan warga setempat. Tarifnya pun relatif terjangkau, yakni sekitar Rp200.000-Rp300.000 untuk satu malam.
Lokasi Kampung Wisata Tajur
Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta
Cara Menuju Kampung Wisata Tajur
Bagi yang bepergian dari luar kota, Anda dapat mengambil rute dari Tol Cipularang lalu keluar Gerbang Tol Sadang menuju arah Wanayasa. Dari situ, ambil Pertigaan Wanayasa menuju Bojong. Waktu tempuh dari Wanayasa menuju Bojong kurang lebih 10 menit.
icon android
pepe

Download app pegipegi.com dan
dapatkan DISKON EKSKLUSIF

Aplikasi pegipegi.com dapat ditemukan di: