•   Jam Layanan
  •    0804 1400 777
  •    cs@pegipegi.com

Cari Tiket Kereta Api ke Boyolali

Kota Asal Populer
Jakarta
Gambir
Jakarta Kota
Jatinegara
Manggarai
Pasar Senen
Tanah Abang
Tanjung Priuk
Solo
Purwosari
Solobalapan
Solojebres
Bandung
Bandung
Cicalengka
Cikadongdong
Cimahi
Gedebage
Haurpugur
Kiaracondong
Padalarang
Rancaekek
Rendeh
Semarang
Semarang Poncol
Semarang Tawang
Surabaya
Surabaya Gubeng
Surabaya Pasar Turi
Wonokromo
Sukabumi
Sukabumi
Cibadak
Cicurug
Cicreungas
Cisaat
Gandasoli
Karang Tengah
Parungkuda
Yogyakarta
Yogyakarta
Brambanan
Lempuyangan
Sentolo
Wates
Malang
Malang
Blimbing
Kepanjen
Lawang
Malang Kota Lama
Sumberpucung
Kota Tujuan Populer
Jakarta
Gambir
Jakarta Kota
Jatinegara
Manggarai
Pasar Senen
Tanah Abang
Tanjung Priuk
Solo
Purwosari
Solobalapan
Solojebres
Bandung
Bandung
Cicalengka
Cikadongdong
Cimahi
Gedebage
Haurpugur
Kiaracondong
Padalarang
Rancaekek
Rendeh
Semarang
Semarang Poncol
Semarang Tawang
Surabaya
Surabaya Gubeng
Surabaya Pasar Turi
Wonokromo
Sukabumi
Sukabumi
Cibadak
Cicurug
Cicreungas
Cisaat
Gandasoli
Karang Tengah
Parungkuda
Yogyakarta
Yogyakarta
Brambanan
Lempuyangan
Sentolo
Wates
Malang
Malang
Blimbing
Kepanjen
Lawang
Malang Kota Lama
Sumberpucung
* Bayi tidak memperoleh kursi
Kelas

Tiket Kereta Api ke Boyolali dari Kota-kota Populer

St. Pasar Senen (Jakarta) - St. Telawa (Boyolali)
mulai dari Rp 80.000

Wisata Naik Kereta Api ke Boyolali

Boyolali merupakan sebuah kabupaten sekaligus kecamatan yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Berada tak jauh dari Kota Solo, sekitar 54 menit berkendara, Boyolali layak dikunjungi. Berbagai tempat wisata menarik, khususnya wisata sejarah seperti Museum Arca Sonokridanggo, Candi Lawang, dan Candi Sari dapat Anda temukan di Boyolali. Meskipun Boyolali kurang begitu populer sebagai kota wisata, faktanya daerah ini sangat dikenal sebagai pusat pengembangan sapi perah. Tak heran jika Boyolali disebut sebagai sentra produksi susu terbesar di Pulau Jawa. Selain itu, salah satu kecamatan di Boyolali, yakni Juwangi, tercatat sebagai tempat penjualan kayu jati berkualitas tinggi. Bagi yang ingin mengunjungi Boyolali, Anda dapat menggunakan kereta api lalu turun di Stasiun Telawa. Hingga saat ini, Stasiun Telawa hanya melayani kereta yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia, di antaranya Brantas (Reguler dan Tambahan), Mantab Premium, dan Matarmaja Tambahan. Selain itu, Stasiun Telawa pun melayani Komuter Ekonomi AC, Kalijaga tujuan Solo dan Semarang.

Stasiun Kereta Antar Kota di Boyolali

Stasiun Telawa merupakan stasiun kereta api kecil (kelas III) yang terletak pada ketinggian +63 meter. Stasiun yang termasuk dalam Daerah Operasi IV Semarang ini menjadi satu-satunya stasiun di Boyolali yang masih aktif beroperasi. Stasiun Telawa tercatat sebagai jalur persilangan dan persusulan kereta api yang hendak menuju Blitar, Jakarta, Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Malang. Stasiun Telawa memiliki tiga jalur kereta api, dua di antaranya jalur sepur lurus. Tak jauh dari stasiun ini, tepatnya di arah barat terdapat Stasiun Padas dan Stasiun Gedangan yang sudah tidak aktif lantaran sepi penumpang. Sementara di bagian timur, terdapat Stasiun Jetis yang juga dinonaktifkan dengan alasan sama. Jika ditilik dari desain arsitektur, bangunan utama Stasiun Telawa sangat mirip dengan Stasiun Bringin. Hanya berbeda pada bagian depan karena tidak simetris. Stasiun yang dibuka pada tahun 1869 ini merupakan bangunan asli Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS).
Lokasi Stasiun Telawa
Jalan Raya Juwangi, Ngandong, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.
Lokasi Populer di Sekitar Stasiun Telawa
Rute Populer Menuju Stasiun Telawa

Tempat-tempat Wisata Populer di Boyolali

Museum Arca Sonokridanggo merupakan sebuah bangunan yang digunakan sebagai tempat penyimpanan benda bersejarah. Di museum ini, Anda akan menemukan koleksi peninggalan zaman Hindu dan Buddha dari abad ke-8 hingga abad ke-10. Terdapat 425 arca dengan beragam bentuk dan ukuran.
Museum yang telah beroperasi sejak tahun 1990 ini memiliki 425 koleksi arca dengan bentuk dan ukuran yang beragam. Sebagian besar koleksinya berupa lembu nandi dan yoni, arca perlambang kesuburan wanita. Ada juga relief arca Siwa Guru, Siwa Mahadewa, patung Dewi Durga bertangan delapan yang sedang menginjak banteng, patung Dewa Wisnu yang menaiki garuda, dan patung Ganesha setinggi 1.5 meter.
Lokasi Museum Arca Sonokridanggo
Jalan Pandanaran 162, Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Jawa Tengah.
Cara Menuju Museum Arca Sonokridanggo
Untuk menuju Museum Arca Sonokridanggo, Anda dapat menggunakan kendaraan umum maupun ojek dengan lama perjalanan sekitar 90 menit berkendara dari Stasiun Telawa. Lokasinya mudah ditemukan, berada di jalur utama tengah Kota Boyolali, sebelah selatan lapangan tenis Sonokridanggo dan sebelah utara TK Islam Al-Hasbi.
Candi Lawang merupakan salah satu bangunan peninggalan Hindu yang terletak di Desa Gedangan. Berbeda dengan candi pada umumnya, Candi Lawang tidak memiliki arca maupun relief, hanya berupa batu berornamen. Di sekitar candi, terdapat bebatuan yang belum disusun.
Candi Lawang memiliki struktur yang mirip dengan Candi Prambanan, yakni 3 buah candi utama dan 3 candi wahana. Berdasarkan catatan penelitian, candi ini lebih tepat disebut dengan kompleks Candi Lawang lantaran menunjukkan kompleksitas bangunan. Keenam bangunan yang ada terdiri dari satu bangunan induk, tiga bangunan di bagian atas satu batur, dan dua bangunan perwara di sisi kanan dan kiri.
Lokasi Candi Lawang
Dusun I, Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.
Cara Menuju Candi Lawang
Lokasi Candi Lawang cukup sulit ditemukan lantaran berada di tengah area pemukiman, tepatnya di belakang rumah warga. Untuk mencapai Candi Lawang dari Stasiun Telawa dibutuhkan waktu sekitar 2 jam berkendara menggunakan bus, angkutan umum, atau ojek. Jika Anda kesulitan menemukan Candi Lawang, jangan ragu untuk bertanya pada warga sekitar.
Candi Sari Cepogo merupakan bangunan peninggalan kerajaan Hindu. Candi yang ditemukan pertama kali pada tahun 1967 ini dikelilingi sejumlah desa dan berada tepat di atas bukit yang menjadi sumber mata air warga. Candi yang dikeramatkan oleh warga sekitar ini tidak hanya menawarkan sejarah masa lampau, melainkan juga panorama perbukitan nan asri. Di saat cuaca cerah, Anda dapat menyaksikan kemegahan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari kejauhan.
Lokasi Candi Sari Cepogo
Candi Sari Cepogo terletak di Dukuh Candisari, Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Jawa Tengah.
Cara Menuju Candi Sari Cepogo
Untuk menuju Candi Sari Cepogo, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam berkendara dari Stasiun Telawa. Lokasinya cukup sulit ditemukan lantaran minim petunjuk. Candi ini berada tak jauh dari Lapangan Desa Candisari, tepatnya di atas bukit yang terdapat banyak pohon beringin. Jika Anda merasa bingung, jangan malu untuk bertanya pada warga sekitar yang siap membantu Anda.
icon android
pepe

Download app pegipegi.com dan
dapatkan DISKON EKSKLUSIF

Aplikasi pegipegi.com dapat ditemukan di: