Mohon Ditunggu...
  • Jam Layanan : 07.00 - 24.00
    Sabtu, Minggu & Hari Libur 24 Jam
  • (021) 3000 7777
    (021) 4040 7777
  • cs@pegipegi.com
  • 59B3C86C

Penginapan Murah di Wonosobo dibawah 300 Ribu

Akses ke Wonosobo

Wisatawan bisa memilih beragam moda transportasi untuk mencapai Wonosobo:

Pesawat


Bus
Wisatawan yang bertolak ke Wonosobo dari Jakarta memiliki banyak pilihan bus antar provinsi. Anda cukup memilih bus sesuai bujet dan preferensi. Rata-rata tarif bus jurusan Jakarta – Wonosobo adalah Rp 77.000 (ekonomi) hingga Rp 160.000 (eksekutif).

Seluruh bus yang menuju Wonosobo akan tiba di Terminal Bus Mendolo yang terletak sekitar 8 km sebelah timur pusat kota. Dari Terminal Mendolo, Anda bisa mencapai pusat kota dengan menggunakan angkot dengan tarif rata-rata Rp 5.000.

Area Populer di Wonosobo



Wonosobo
Wonosobo adalah ibukota kabupaten yang terletak di pusat kabupaten. Wonosobo dilintasi jalan provinsi yang menghubungkan Semarang dan Purwokerto.

Garung
Garung merupakan salah satu kecamatan di Wonosobo yang terletak di utara Kota Wonosobo, tepatnya jalan utama jalur Wonosobo – Dieng. Wisatawan dapat menemukan obyek wisata Telaga Menjer yang sekaligus berfungsi sebagai pembangkit listrik dan dioperasikan oleh PT Indonesia Power.

Transportasi di Wonosobo

Transportasi umum di Wonosobo cukup terbatas, namun Anda pilihan transportasi yang ada tetap memungkinkan Anda mengeksplorasi Wonosobo dengan nyaman dan praktis.

Angkot
Angkot adalah pilihan transportasi umum praktis untuk menjelajah Wonosobo. Umumnya, angkot terpusat di Pasar Induk Wonosobo. Tarif angkot di Wonosobo dimulai dari Rp 2.000 untuk jarak pendek hingga Rp 5.000 untuk jarak jauh.

Sedikit berbeda dengan angkot di daerah lain, angkot di Wonosobo berbentuk bus kecil dan sedang yang juga melayani rute ke luar kota. Berikut adalah daftar rute angkot yang ada di Wonosobo:

Bus Kecil:
1. Wonosobo-Sapuran-Kepil-Purworejo
2. Sapuran-Salaman

Bus Sedang:
1. Wonosobo-Temanggung-Magelang
2. Wonosobo – Purwokerto
3. Wonosobo-Wadaslintang-Cilacap
4. Wonosobo-Wadaslintang-Kebumen/Prembun

Lainnya
Selain angkot, wisatawan juga bisa mengeksplorasi Wonosobo menggunakan dokar atau delman. Dokar sudah menjadi moda transportasi umum di Wonosobo selama berpuluh-puluh tahun. Dengan menggunakan dokar, wisatawan dapat merasakan sejuknya udara Wonosobo. Apalagi, tarif dokar tidak jauh berbeda dengan angkot, yaitu sekitar Rp 2.000 untuk sekali jalan. Jika Anda membawa banyak barang, biasanya sais dokar akan mengenakan tarif sekitar Rp 10.000.

Tempat Wisata di Wonosobo



Alam
Dataran Tinggi Dieng
Terletak sekitar 30 km dari pusat kota Wonosobo, Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan wisata yang sudah sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Disebut sebagai Negeri Di Atas Awan, Dieng berada di ketinggian 2.000 mdpl. Selain memiliki udara yang dingin, Dieng, atau biasa disebut Dieng Plateau, menawarkan pemandangan pegunungan yang menyejukkan serta wisata sejarah karena memiliki candi-candi kecil kuno yang tersebar di berbagai penjuru. Kawasan ini juga terkenal dengan fenomena anak gimbal yang dipercaya merupakan anugerah dari para dewa.

Air Terjun Sikarim
Air Terjun Sikarim berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng dan termasuk salah satu obyek wisata utama di sana. Untuk mencapai Air Terjun Sikarim, wisatawan harus menyusuri jalan berliku-liku dan dalam kondisi yang kurang baik. Namun, keindahan panorama Air Terjun Sikarim akan membuat Anda melupakan rute perjalanan yang sulit. Air Terjun Sikarim berada dekat dengan Desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa dan terkenal sebagai lokasi untuk melihat matahari terbit di Bukit Sikunir.

Telaga Menjer
Telaga Menjer merupakan salah satu danau terbesar di Wonosobo. Terletak di Desa Maron, Kecamatan Garung, Telaga Menjer sendiri sebenarnya terbentuk akibat letusan vulkanik di kaki Gunung Pakuwaja. Telaga Menjer berada pada ketinggian 1.300 mdpl dan memiliki luas mencapai 70 hektar dengan pemandangan spektakuler yang membuat Anda merasa berada di negeri dongeng. Untuk menuju Telaga Menjer, Anda harus menggunakan angkutan umum dari Wonosobo jurusan Dieng. Setelah itu Anda bisa turun di Kecamatan Garung, 12 km dari pusat kota Wonosobo.

Telaga Warna Dieng
Telaga Warna merupakan salah satu destinasi wisata andalan Wonosobo yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Warna air di Telaga Warna sering berubah, terkadang berwarna hijau, kuning atau bahkan berwarna-warni layaknya pelangi. Berada di ketinggian 2.000 mdpl, Telaga Warna dikelilingi bukit-bukit tinggi yang menambah keindahan obyek wisata ini.

Bukit Sikunir
Bukit Sikunir merupakan spot favorit wisatawan di Dataran Tinggi Dieng untuk menikmati pemandangan matahari terbit. Terletak 8 kilometer dari Dieng, perjalanan mendaki Bukit Sikunit memakan waktu 45 menit hingga 1 jam. Sebaiknya gunakan jaket yang tebal karena puncah bukit Sikunir berada pada ketinggian 2.300 mdpl sehingga udara di atas gunung akan menyulitkan wisatawan untuk bernapas.

Lainnya
Agrowisata Tambi
Berada di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, agrowisata Tambi menawarkan wisata ke kebun teh bagi para pengunjungnya. Terletak sekitar 16 kilometer sebelah utara Wonosobo, agrowisata Tambi relatif mudah untuk dicapai.

Hotel di Wonosobo



Budget
Ada beberapa pilihan hotel murah di Wonosobo untuk para backpacker atau wisatawan yang hanya datang untuk transit. Umumya, hotel-hotel budget ini tetap dilengkapi fasilitas dan pelayanan yang memuaskan.

Catatan penting

1. Perhatikan tanggal pelaksanaan Dieng Culture Festival
Wisatawan yang berencana mengunjungi Wonosobo sebaiknya memperhatikan tanggal pelaksanaan Dieng Culture Festival yang umumnya dilaksanakan pada bulan Juli. Anda tentu tidak ingin melewatkan festival budaya unik di Dataran Tinggi Dieng yang menawarkan berbagai kegiatan seperti festival seni budaya dan pameran produk khas Dieng. Wisatawan juga dapat menjadi saksi pelaksanaan ruwatan rambut gimbal yang hanya dapat dilihat di tempat ini. Sebaliknya, wisatawan yang tidak ingin merasakan kepadatan bisa menghindari bepergian saat pelaksanaan festival ini.

2. Gunakan sepatu yang nyaman
Jika Anda memang berencana menuju Dataran Tinggi Dieng, sebaiknya gunakan sepatu yang nyaman untuk melalui medan terjal. Pasalnya, perjalanan menuju Dataran Tinggi Dieng cukup berat sehingga Anda membutuhkan alas kaki senyaman mungkin untuk menunjang perjalanan Anda.

Ulasan Hotel di Wonosobo

Agar Anda tidak salah pilih!

Temukan referensi hotel-hotel terbaik di Wonosobo dari 22 ulasan hotel dengan nila rata-rata 7.7.

Simak ulasan terbaru dari pelanggan Pegipegi.

Ulasan Hotel di Wonosobo Terbaru

10
My sweet trip
-
Wati, 17-07-2017
Liburan di Wonosobo memang berkesan apalagi di cra hotel.. view kamarnya benar2 indah menghadap pegunungan. Kamarnya bersih dan nyaman. Karena terletak dipusat kota Wonosobo memudahkan kami ketempat wisata Dieng juga ber'kuliner'ria. Hanya saja suara dari ruang karaoke terdengar keluar dan sedikit mengganggu... Mungkin bila ada peredam ruangan diruang karaoke.. saya yakin lebih nyaman lagi dan recomended sekali. Tks pegi2
6.2
Hotel tua dan kurang terawat
-
Andy k, 24-04-2017
Saya dapet kamar paling atas dan tidak ada lift harus menaiki tiga lantai. Saya pesan kamar yg tidak ada ac.saya pikir udara wonosobo dingin tapi ternyata tidak mungkin krn habis hujan.masuk kamar sekilas terlihat bersih .tempat tidur rapi tapi bantal bau apek.kamar mandi bersih tapi lantai licin jadi kalau ada anak kecil hrs hati2.air panasnya lama untuk keluar.so far lumayan lah untuk yg hanya sekedar transit.??
8.7
Recommended
-
Astrid Agustiana, 17-04-2017
Bagus, tempatnya cocok utk refreshing dgn keluarga, udara bersih
Masukkan Kode Kupon Disini