Mohon Ditunggu...
  •   Jam Layanan
  •    0804 1400 777
  •    cs@pegipegi.com

Hotel Dekat Kete Kesu Tana Toraja

2 Tamu
Ditampilkan 1 - 1

RedDoorz near Bolu Toraja

Rantepao, Tana Toraja Tampilkan Peta
4.1 km dari Kete Kesu
Free Wifi
10 Istimewa (1)

RedDoorz near Bolu Toraja dilengkapi oleh beragam fasilitas penunjang kenyamanan - seperti Desk, Water Heater, Kamar Non Smoking, Area Smoking, Restoran dan Front Desk 24 Jam.

Reward 205 Poin
Limited time offer. Basic Deals Promotion
Rp 256.500
per kamar, per malam
Harga termasuk pajak
Harga sebelum pajak
Pajak
Rp 211.983
Rp 44.517
Total
Rp 256.500

Informasi Tentang Kete Kesu

Kete Kesu merupakan desa wisata yang masih menyimpan budaya tradisional Tana Toraja. Memasuki Kete Kesu, Anda akan langsung melihat barisan rumah khas Tana Toraja, Tongkonan. Usia sebagian rumah Tongkonan di Kete Kesu diperkirakan telah mencapai 300 tahun. Di kawasan Kete Kesu, Anda masih bisa menyaksikan berbagai upacara adat Tana Toraja yang sudah populer akan kemeriahannya. Kete Kesu juga telah tercatat sebagai kawasan cagar budaya, sehingga bangunan yang ada di sini masih tergolong asli.
Alamat
Pantanakan Lolo, Kesu, Kab. Toraja Utara, Sulawesi Selatan 91834
Kontak
-
Waktu Operasional
24 jam
Harga
Rp15.000* per orang
*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Transportasi ke Kete Kesu


Angkutan Kota
Bila ingin menaiki transportasi umum menuju Kete Kesu, Anda bisa menaiki angkutan kota (angkot) jurusan Makale-Bolu dari Terminal Induk Makale. Kemudian, turun di pertigaan Patung Tedong Bonga dan lanjutkan perjalanan dengan angkot menuju Kete Kesu.

Hal Menarik di Kete Kesu


Spot Menarik

Museum Adat
Salah satu rumah Tongkonan yang ada di Kete Kesu dijadikan museum adat. Di dalamnya terdapat benda kuno seperti senjata, ukiran, hiasan dinding, patung, hingga bendera Indonesia yang berkibar pertama kali di Tana Toraja. Selain menyimpan benda bersejarah, museum adat di Kete Kesu juga menjadi pusat pelatihan kerajinan bambu. Berbagai suvenir khas Tana Toraja juga bisa Anda dapatkan di sini untuk oleh-oleh.

Kuburan Adat
Spot menarik lainnya yang ada di Kete Kesu adalah kuburan adat yang usianya diperkirakan telah mencapai 700 tahun. Kuburan adat di Kete Kesu memperlihatkan tengkorak manusia yang terletak di atas tebing batu. Menurut tradisi, semakin tinggi letak kuburannya maka semakin tinggi pula status sosial orang tersebut semasa hidupnya. Kuburan ini juga dipenuhi dengan patung ukiran dan ada pula peti kuburan yang berbentuk perahu, naga, atau kerbau digantungkan di tebing. Beberapa kuburan sudah dilindungi jeruji besi untuk menghindari pencurian patung jenazah. 

Kegiatan Menarik

Melihat Upacara Adat
Anda bisa melihat berbagai upacara adat yang diselenggarakan di Kete Kesu. Beberapa upacara adat yang populer adalah pemakaman yang disebut dengan Rambu Solo. Kemudian ada juga upacara untuk memasuki rumah adat baru yang disebut Rambu Tuka. Umumnya, upacara adat banyak dilakukan di bulan Juni-Desember. 

Tips Berkunjung ke Kete Kesu


Manfaatkan Jasa Pemandu
Sesampainya di Kete Kesu, biasanya terdapat masyarakat setempat yang akan menawarkan diri untuk menjadi pemandu wisata. Manfaatkan pemandu wisata lokal ini jika ingin mendapatkan informasi seputar sejarah dan budaya di Kete Kesu.