Mohon Ditunggu...
  •   Jam Layanan
  •    cs@pegipegi.com

Hotel Dekat Tugu Khatulistiwa Pontianak

2 Tamu
Ditampilkan 0
Maaf tidak ada hasil. Silahkan mengubah kondisi pencarian

Informasi Tentang Tugu Khatulistiwa

Indonesia menjadi salah satu negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Bahkan di Kota Pontianak, terdapat titik lintang nol derajat atau titik ekuator. Untuk menandakan titik tersebut, dibangun sebuah monumen yang bernama Tugu Khatulistiwa. Tugu ini terbuat dari 4 tiang kayu belian yang berukuran masing-masing diameter 0,3 meter, dengan tinggi bagian depan mencapai 3,05 meter, serta bagian belakang mencapai 4,4 meter. Tugu Khatulistiwa pertama kali dibangun pada tahun 1928 oleh ahli Geografi asal Belanda. Setelah itu, Tugu Khatulistiwa beberapa kali mengalami penyempurnaan sampai menjadi seperti sekarang. Kini, Tugu Khatulistiwa menjadi salah satu destinasi wisata edukatif dengan informasi seputar dunia astronomi.
Alamat
Jl. Khatulistiwa, Batu Layang, Pontianak Utara, Kota Pontianak
Kontak
(0561) 881643
Waktu Operasional
07.00-16.30 (Senin-Jumat)
08.00-16.00 (Sabtu-Minggu)
Harga
-

Transportasi ke Tugu Khatulistiwa


Kapal Feri
Salah satu angkutan umum yang tersedia di Kota Pontianak adalah kapal feri yang mengarungi Sungai Kapuas. Anda dapat naik kapal rute Pontianak Kota-Siantan dari Dermaga Penyeberangan Feri Pontianak. Kemudian turun di Dermaga Penyeberangan Feri Siantan. Lanjutkan perjalanan dengan menaiki angkutan kota jurusan Siantan-Jungkat dan turun di depan Tugu Khatulistiwa.

Kendaraan Pribadi
Menaiki kendaraan pribadi menuju Tugu Khatulistiwa membuat Anda harus melalui rute yang sedikit memutar melalui Jembatan Kapuas. Lanjutkan perjalanan melalui Jalan Perintis Kemerdekaan menuju Jalan Sultan Hamid II. Setelah melewati jembatan kedua, belok kiri menuju Jalan Ahmad Yani, dan ikuti jalan menuju Jalan Khatulistiwa. Setelah sekitar 5,5 km atau 15 menit berkendara, Tugu Khatulistiwa akan terlihat di sisi kiri jalan.

Hal Menarik di Tugu Khatulistiwa


Spot Menarik

Ruangan di Dalam Tugu Khatulistiwa
Tak hanya bagian luarnya saja yang menarik, Anda wajib memasuki ruangan yang ada di dalam Tugu Khatulistiwa. Ruangan ini menyimpan beragam informasi seputar sejarah tugu, mulai dari pembangunannya hingga foto-foto kunjungan tamu penting. Anda juga bisa mempelajari dunia astronomi, seperti tata surya, galaksi, dan informasi mengenai dunia astronomi lainnya melalui papan informasi yang ada di ruangan ini. 

Kegiatan Menarik

Melihat Titik Kulminasi
Dalam waktu-waktu tertentu, Anda dapat melihat fenomena titik kulminasi di Tugu Khatulistiwa. Fenomena ini terjadi hanya dua kali dalam setahun, yakni sekitar tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Pada tanggal-tanggal tersebut, posisi matahari akan berada tepat di atas kepala. Sehingga bayangan bangunan tugu dan sekitarnya akan menghilang selama beberapa detik. Fenomena titik kulminasi ini turut menarik perhatian para wisatawan dari luar kota hingga luar negeri. 

Tips Berkunjung ke Tugu Khatulistiwa


Datang Pada Pagi Hari
Matahari di garis ekuator akan terasa lebih panas. Karena itu, Anda disarankan untuk mengunjungi Tugu Khatulistiwa pada pagi hari bila ingin menghindari sengatan sinar matahari. Lindungi juga diri Anda dengan topi atau krim tabir surya bila ingin berkunjung ke Tugu Khatulistiwa pada siang hari.