Mohon Ditunggu...
  • Jam Layanan : 07.00 - 24.00
    Sabtu, Minggu & Hari Libur 24 Jam
  • (021) 3000 7777
    (021) 4040 7777
  • cs@pegipegi.com

Hotel Dekat Masjid Raya Pekanbaru

Ditampilkan 0
Maaf tidak ada hasil. Silahkan mengubah kondisi pencarian

Informasi Tentang Masjid Raya Pekanbaru

Masjid Raya Pekanbaru dibangun pada abad ke-18 dan pernah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya. Namun, setelah melalui proses renovasi pada tahun 2009, masjid ini berubah status menjadi struktur cagar budaya. Hal ini dikarenakan proses renovasi hanya meninggalkan sebagian kecil struktur asli masjid, yaitu 26 tiang penyangga yang bisa Anda lihat di dalamnya. Dahulu didesain bergaya arsitektur Melayu kuno, kini Masjid Raya Pekanbaru memiliki bangunan yang lebih modern lengkap dengan ornamen kaligrafi di dindingnya. Selain untuk tujuan wisata, fungsi utama Masjid Raya Pekanbaru masih menjadi pusat berbagai kegiatan keagamaan di Pekanbaru.
Alamat
Jalan Senapelan No. 128, Kp. Bandar, Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau 28155

Transportasi ke Masjid Raya Pekanbaru


Angkutan Kota
Anda bisa menaiki angkutan kota berwarna oranye yang melewati Jalan Senapelan untuk dapat berhenti tepat di depan Masjid Raya Pekanbaru. Sebelum naik, pastikan bahwa angkutan kota tersebut melewati Masjid Raya Pekanbaru.

Hal Menarik di Masjid Raya Pekanbaru


Spot Menarik 

Sumur Tua di Masjid
Di sisi selatan masjid, terdapat sebuah sumur tua dengan kedalaman sekitar 12 meter. Sumur tua ini banyak dikunjungi dan menjadi daya tarik berkat airnya yang tidak pernah kering. Padahal, letak masjid berada di ketinggian yang sering kesulitan air. Uniknya lagi, penduduk di sekitar masjid telah mencoba untuk menggali sumur hingga kedalaman 70 meter namun air masih sulit didapatkan. Karena itulah banyak penduduk yang percaya bahwa air yang berasal dari sumur tua ini memiliki keajaiban.  

Kegiatan Menarik

Wisata Religi
Selain untuk beribadah, selama di Masjid Raya Pekanbaru Anda bisa sekaligus berziarah ke pemakaman keluarga Sultan Siak yang terletak di kompleks masjid. Di dalam Masjid Raya Pekanbaru, Anda juga bisa melihat sebuah mimbar yang terbuat dari kayu kuno. Diperkirakan mimbar tersebut telah berumur lebih dari 1 abad dan masih digunakan hingga saat ini.

Tips Berkunjung ke Masjid Raya Pekanbaru


Berpakaian yang Sopan dan Menjaga Perilaku
Berkunjung ke tempat ibadah, Anda diharuskan berpakaian yang sopan. Selain itu, jagalah perilaku Anda jangan sampai mengganggu orang lain yang sedang beribadah.