Mohon Ditunggu...
  • Jam Layanan : 07.00 - 24.00
    Sabtu, Minggu & Hari Libur 24 Jam
  • (021) 3000 7777
    (021) 4040 7777
  • cs@pegipegi.com
  • 59B3C86C

Hotel Murah di Praya dibawah 200 Ribu

Maaf tidak ada hasil. Silahkan mengubah kondisi pencarian
Untuk menuju Lombok, wisatawan dapat memilih beragam moda transportasi, baik itu melalui jalur laut maupun jalur udara.

Pesawat
Pesawat atau transportasi udara merupakan cara termudah bagi wisatawan yang ingin menggapai Lombok. Pesawat yang menuju Lombok dilayani Bandara Internasional Lombok.

 Bandara
Bandar Udara Internasional Lombok merupakan bandar udara yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Bandara Internasional Lombok dibangun untuk menggantikan Bandara Selaparang Mataram. Bandara ini terletak di jantung pulau Lombok, tepatnya di Jalan Tanak Awu. Arsitektur bandara ini memiliki ciri khas rumah adat Sasak, selain itu di sekitar bandara ini mulai berdiri bangunan atau tempat usaha seperti SPBU, hotel dan restoran. Bandara yang luasnya sekitar 552,51 hektar ini memiliki panjang landasan pacu 2.750 meter dengan satu terminal. Luas terminal untuk penumpangnya pun dipisah, untuk internasional 21.396 m² sedangkan untuk domestik 8.501 m². Terminal bandara juga dilengkapi dua ruang eksekutif pada areal sekitar 12.000 meter. Selain itu, Bandara Internasional Lombok juga dididukung lahan apron seluas 62.074 meter, dan kawasan parkir kendaraan seluas 17.500 meter. Bandara Internasional Lombok juga memiliki 24 check-in counters untuk seluruh maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Lombok.

 Pajak Bandara
Para penumpang dari Bandara Internasional Lombok akan dikenakan pajak atau biaya Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) sebesar Rp 45.000 (penerbangan domestik) dan Rp 150.000 (penerbagan internasional).

 Pesawat yang beroperasi
Bandara Internasional Lombok melayani rute penerbangan domestik dan internasional secara terbatas. Umumnya, penerbangan domestik menuju Lombok berasal dari Jakarta, Yogyakarta, Surabaya dan Bali. Sementara, rute internasional berasal dari Singapura dan Malaysia. Maskapai yang beroperasi antara lain adalah Garuda Indonesia, AirAsia, Citilink, Lion Air, SilkAir, Wings Air dan TransNusa Air Services.

 Visa
Selain paspor yang valid hingga 6 bulan setelah kedatangan, wisatawan asing (kecuali dari negara-negara ASEAN) harus memiliki visa untuk mengunjungi Pulau Lombok. Sejumlah negara harus mendapatkan visa di Kedutaan Indonesia sebelum berangkat ke Lombok. Namun, sebagian besar wisatawan bisa mendapatkan visa on arrival untuk jangka waktu 30 hari.

Kapal
Bagi para wisatawan yang lebih menyukai travel ala backpacker, jalur laut merupakan alternatif untuk mencapai Lombok dengan harga yang lebih terjangkau. Walaupun memakan waktu perjalanan waktu yang cukup lama dibandingkan pesawat, wisatawan dapat menikmati pemandangan samudera yang luas.

Pelabuhan Lembar merupakan pintu masuk ke Lombok yang menghubungkan Lombok dengan Bali (Padang Bai). Pelabuhan ini juga melayani pelayaran antara Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur dan Tano di Pulau Sumbawa. Perjalanan kapal feri dari Padang Bai menuju Lembar memakan waktu kurang lebih 4 jam. Wisatawan juga tak perlu khawatir kehabisan tiket feri karena penyeberangan tersedia selama 24 jam setiap hari dengan harga Rp. 50 ribu per penumpang.

Selain dari Padang Bai, untuk menuju Lombok, wisatawan dapat melalui Serangan Bali dan Tanjung Benoa. Namun kedua pelabuhan ini tidak ada kapal ferry, di pelabujan ini hanya tersedia beberapa kapal cepat yang langsung menuju Gili Trawangan dan Teluk Kodek dengan harga sekitar Rp 600 ribu sekali jalan dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam.

Bus
Jika ingin yang lebih ekstrem, Anda juga dapat mencapai Lombok dengan melalui jalur darat dengan menggunakan bus. Misalnya dari Jakarta, Anda dapat naik bus jurusan Mataram dengan waktu tempuh sekitar 2 malam dengan merogoh kocek sekitar Rp 400 ribu- Rp 500 ribu.



Mataram adalah ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terletak di Pulau Lombok. Berada di sisi barat Lombok, Mataram merupakan pusat kegiatan politik, pendidikan serta industri provinsi tersebut. Kota Mataram dihuni sekira 500 ribu penduduk di mana mayoritasnya berasal dari suku Sasak yang merupakan suku asli Lombok. Selain suku Sasak, kota ini juga dihuni oleh warga asal Bali, Jawa, Cina dan peranakan. Mataram bisa dicapai dengan transportasi udara menggunakan Bandara Internasional Lombok di kota Praya. Jika Anda berjiwa petualang, Anda juga bisa bepergian menggunakan kapal laut yang akan berlabuh di pelabuhan Tanjung Lembar. Anda dapat menemukan beragam obyek wisata di sekitar Mataram, termasuk Pantai Senggigi yang sudah dikenal luas sebagai spot turisme. Masih ada spot-spot lain yang tak kalah menarik seperti Kota Tua Ampenan, Batu Bolong serta Tanjung Aan yang memiliki jenis pasir unik.

Mengunjungi pulau Lombok, sempatkan diri Anda untuk bertandang ke salah satu kecamatan di tempat ini, yaitu Tanjung. Tanjung merupakan salah satu tempat wisata yang juga sering dikunjungi oleh para turis. Di sini Anda dapat mengunjungi dua tempat wisata seperti Pantai Sire Medana yang terletak di desa Medana yang memiliki ombak yang tenang sehingga cocok untuk melakukan aktivitas snorkeling dan memancing. Selain itu, Anda juga dapat melakukan aktivitas Arung Jeram Tengak Pekatan. Jangan lupa mencoba wisata kuliner di tempat ini yaitu sate Ikan Tanjung yang dapat anda temui di sekitar daerah Tanjung. Namun untuk menemukan makanan ini anda dapat mencarinya dari pukul empat hingga enam sore, setelah itu mereka tidak berjualan lagi.

Gili Air merupakan pulau yang paling dekat dengan pulau utama dan merupakan pulau yang paling padat. Di Gili Air anda dapat melakukan aktivitas air seperti snorkling dan diving untuk menikmati keindahan alam bawah air. Terletak di sebelah barat laut pulau Lombok, disini anda dapat menjelajahi sedikitnya 5 titik special di mana Anda dapat menemukan kuda laut, kura-kura dan berbagai macam ikan dengan aneka warna serta penghuni laut yang lainnya. Untuk mengunjungi tempat ini, para wisatawan paling sering datang pada bulan Juli-Agustus. Wisatawan yang sering datang ke tempat ini adalah wisatawan mancanegara. Tak hanya snorkling dan diving, anda juga dapat melakukan surfing, namun harus sabar untuk menunggu datangnya ombak yang cantik. Di Gili Air, kendaran bermesin tidak diperbolehkan karena dapat merusak keindahan alam yang ada.

Suasana yang tenang dan damai merupakan kata-kata yang tepat untuk diucapkan ketika mengunjungi tempat ini. Dengan kekayaan dan keindahan alam di pulau Gili Meno akan membuat Anda melupakan kepenatan dan betah untuk berlama-lama di sini. Tak heran jika banyak pengunjung yang menjadikan tempat ini sebagai tempat berbulan madu. Terletak di antara Gili Air dan Gili Trawangan, Gili Meno memiliki keindahan bawah laut yang tak kalah cantik dibanding dua pulau lainnya. Di sini anda juga dapat mengunjungi Danau Air Asin yang cukup luas dengan dikelilingi hutan bakau serta Bird Park yang berlokasi 100 meter di tengah-tengah pulau ini. Mengelilingi Gili Meno merupakan salah satu aktifitas menarik yang dapat Anda lakukan sambil menikmati sunset, karena ukuran pulaunya yang relatif kecil. Aktivitas ini dapat Anda lakukan dengan berjalan kaki atau menyewa sepeda.

Pasti anda tidak asing dengan nama Gili Trawangan. Gili Trawangan merupakan kawasan yang paling populer di Pulau Lombok. Pulau yang terletak di barat laut Lombok ini mampu memanjakan Anda dengan keindahan alamnya. Di tempat ini, Anda akan menemukan berbagai fasilias internasional karena memang tempat ini sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Jika berkunjung ke tempat ini, jangan heran kalau anda akan jarang sekali menemukan kendaraan bermotor karena kebanyakan mereka menggunakan sepeda atau Cidomo (semacam kereta kuda). Dibagian Tenggara pulau ini anda dapat menemukan pantai yang bersih dengan pasir yang putih dan laut yang biru. Sedangkan untuk Anda yang menyukai ketenangan, Anda dapat berjalan ke arah barat dan menemukan bagian pantai dengan suasana yang lebih tenang. Namun pasir di area ini sedikit lebih kasar dibanding di area lainnya. Di Gili Trawangan anda jangan sampai melewatkan acara pesta yang sering diadakan ketika malam tiba.

Praya merupakan ibukota dari Lombok Tengah yang mungkin asing di telinga Anda. Di Praya Anda dapat mengunjungi Pemandian Aik Bukak yang terdapat di desa Aik Bukak. Pemandian ini selalu ramai dikunjungi masyarakat setiap akhir pekan dan saat musim liburan. Objek wisata ini memang menjadi favorit masyarakat karena pemandian ini menawarkan tempat wisata yang sejuk dikelilingi hutan dengan airnya yang jernih.Pemandian Aik Bukak merupakan pemandian yang tertua di kabupaten Lombok Tengah. Di Praya jugalah lokasi Bandara Internasional Lombok berada.

Berlokasi di kawasan Senggigi, Pantai Senggigi adalah salah satu destinasi wisata utama ketika mengunjungi Pulau Lombok. Pantai ini dikenal memiliki garis pantai yang panjang serta pasir dan air laut yang bersih. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar sehingga para wisatawan senang berenang di Pantai Senggigi. Bukan hanya itu, Anda juga bisa melakukan olahraga snorkeling dan mengamati keindahan terumbu karang yang masih terawat di pantai ini.

Siapa yang tidak tahu Pantai Kuta? Pantai Kuta Lombok selalu ramai dikunjungi turis domestik maupun mancanegara. Tak heran jika Pantai ini seperti menjadi ikon di kawasan Kuta. Namun jika kita berkeliling kawasan Kuta ini kita akan menemukan objek wisata lain yang tak kalah indah dengan Pantai Kuta. Objek-objek wisata tersebut seperti Pantai Seger dengan keindahan terumbu karangnya, pantai Air Guling yang terletak di barat Kuta, Tanjung Aan, tempat memancing seperti Mimpi Manis Fishing Trips.

Desa Lingsar terletak di kecamatan Narmada kabupaten Lombok Barat. Yang unik dari tempat ini adalah terdapatnya sebuah pura yang menggabungkan nilai-nilai agama Hindu dan Islam Wetu. Karena hal ini, turis tertarik untuk mengunjungi pura Lingsar dan melihat bagaimana keharmonisan antara kedua agama yang hidup berdampingan.

Medana yang terletak di Lombok Utara menawarkan keindahan Pantai Sire Medana yang berlokasi di 35 km dari kota Mataram. Terkenal tak hanya oleh wisatawan lokal namun juga mancanegara dikarenakan pantai ini memiliki pasir pantai yang putih dan luas disertai dengan air laut yang jernih serta terumbu karang yang masih terjaga. Di Medana terdapat hotel-hotel mewah juga lapangan golf di Lombok Golf Kosaido Country Club. Tak jauh dari kawasan Medana Anda dapat berkunjung ke wisata terkenal Lombok yaitu Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan.



Taksi
Tidak perlu khawatir menggunakan taksi selama berada di Lombok, karena hampir semua taksi di kota ini mudah ditemukan. Dengan menggunakan taksi, wisatawan tidak perlu berpanas-panasan untuk ke tempat wisata di Lombok. Taksi beroperasi di bandara dan semua hotel - hotel besar dengan tarif yang beragam tergantung dari jarak tempuh. Namun, hanya sedikit turis yang menggunakan jasa taksi untuk ke tempat wisata karena mereka lebih memilih naik angkutan umum atau menggunakan kendaraan sewaan.

Angkot
Selain menggunakan taksi, terdapat banyak pilihan transportasi lain yang dapat wisatawan gunakan sebagai salah satu alternatif untuk berkeliling Pulau Lombok. Salah satunya Bemo. Bemo di Lombok ini bukan seperti kendaraan roda tiga di tempat-tempat lain, melainkan sebutan untuk angkot di Lombok. Bemo beroperasi melayani penumpang antar kota seperti Mataram, Ampenan, Cakranegara dan Senggigi dengan bayaran yang terjangkau. Terdapat juga Bemo yang lebih besar yang di sebut Engkel dengan rute untuk jarak yang lebih jauh.

Lainnya
Bagi wisatawan yang ingin berkeliling Pantai Senggigi yang terkenal di Lombok dengan sensasi yang berbeda, wisatawan dapat menggunakan Cidomo sebagai transportasi. Cidomo atau yang dikenal dengan dokar menjadi salah satu angkutan tradisional yang saat ini masih di gunakan di Pulau Lombok. Selain di Pantai Senggigi, Cidomo dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional dan daerah wisata. Cidomo di tempat-tempat wisata seperti Senggigi dan 3 Gili (Trawangan, Air dan Meno) dapat disewa untuk berkeliling.



Pantai
Pantai Senggigi
Siapa yang tak kenal Pantai Senggigi? Pantai yang saat ini menjadi ikon Pulau Lombok ini memang sangat tenar di kalangan wisatawan domestik maupun internasional. Terletak di wilayah timur Lombok, Pantai Senggigi dapat dijangkau selama 30 menit dengan berkendara. Wisatawan dapat menyewa motor atau mobil dari Mataram, atau dengan naik kendaraan umum untuk mencapai pantai tersebut. Sepanjang perjalanan menuju pantai, Anda akan menemui banyak warung dan toko-toko yang menyediakan berbagai macam makanan dan camilan, suvenir, buku panduan, dan lain sebagainya.

Pantai Kuta Lombok
Tak hanya ada di Bali, Pantai Kuta juga ada di Lombok. Pantai ini berlokasi di Desa Kuta, sekitar 56 km dari kota Mataram, Lombok, Pantai Kuta Lombok memiliki pasir putih yang sangat menawan. Selain itu, pantai ini menjadi spot yang marak dikunjungi para peselancar karena ombaknya yang merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Wisata lain yang dapat dilakukan di Pantai Kuta Lombok di antaranya yakni memancing, menyelam, snorkeling, berkuda, dan lain-lain.

Pantai Seger
Jika Anda mengunjungi Pantai Kuta Lombok, jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Seger yang letaknya hanya 2 km sebelah timur pantai tersebut. Pantai Seger juga memiliki garis pantai yang sama dengan Pantai Kuta. Tak hanya pemandangan pantainya yang sangat menawan, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Selain aktivitas tersebut, Pantai Seger juga terkenal akan ritual yang menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun asing, yakni ritual “Bau Nyale”. Ritual “Bau Nyale” merupakan ritual tahunan masyarakat Lombok berupa aktivitas berburu cacing laut atau “Nyale”. Ritual ini dimulai ketika Nyale mulai muncul di sekitar pantai, yaitu sekitar bulan Februari sampai Maret.

Pantai Selong Belanak
Tak habis rasanya jika menyebutkan wisata pantai di Pulau Lombok. Salah satu pantai yang wajib Anda kunjungi di Lombok adalah Pantai Selong Belanak yang merupakan pantai pasir putih di Kabupaten Lombok Tengah. Untuk menuju Pantai Selong Belanak, wisatawan dapat menempuh waktu kurang lebih 2 jam dengan keadaan jalan yang sudah bagus. Untuk masuk ke Pantai Selok Belanak, Anda dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 2.000, namun belum termasuk biaya parkir. Kalau Anda membawa kendaraan, dikenakan biaya parkir per kendaraan sebesar Rp.2.000 untuk motor dan sebesar Rp. 5.000 untuk mobil.

Pantai Tanjung Aan
Jika Anda ingin menepi ke tempat yang tenang, Tanjung Aan tempatnya. Berlokasi di wilayah selatan Lombok, Tanjung Aan merupakan salah satu pantai di Lombok yang sepi dan tidak memiliki fasilitas apa-apa. Namun, pantai ini sangat digemari oleh wisatawan terutama wisatawan asing. Tanjung Aan memiliki pasir putih dan pemandangan indah dengan bukit-bukit di sepanjang pantai. Wisatawan biasanya melakukan aktifitas surfing atau sekedar berjemur. Untuk menjangkau Tanjung Aan, Anda dapat berkendara sekitar 1,5 Jam dari Mataram.

Tanjung Ringgit
Terletak jauh dari Kota Mataram, Tanjung Ringgit adalah destinasi wisata Lombok yang masih belum banyak dikenal di kalangan wisatawan. Tanjung Ringgit berjarak sekitar 85 km dari Kota Mataram, tepatnya di Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Tanjung Ringgit berbatasan langsung dengan lautan lepas di Samudera Hindia. Selain itu terdapat tebing yang eksotis, pasir putih dan air lautnya yag berwarna biru. Karena lokasinya yang cukup sulit dijangkau, Tanjung Ringgit masih relatif sepi dari pengunjung.

Alam
Gunung Rinjani
Bagi pecinta olahraga outdoor, Gunung Rinjani bisa menjadi pilihan untuk menikmati Lombok. Dengan ketinggian sekitar 3.726 meter dari permukaan laut, gunung ini diyakini sebagian masyarakat Lombok sebagai tempat bersemayam ratu jin bernama Dewi Anjani, putri raja Datu Tuan dari permaisurinya Dewi Mas, yang memerintah sebuah kerajaan kecil di Lombok. Gunung Rinjani merupakan salah satu destinasi andalan di Pulau Lombok. Diantara daya tarik Gunung Rinjani adalah panorama kaldera, danau, puncak, kawah, air terjun, mata air panas, goa, lubang letusan dan aliran lava baru.

Danau Segara Anak
Salah satu wisata alam menakjubkan di Lombok adalah Danau Segara Anak yang terletak di puncak Gunung Rinjani. Danau ini terletak pada ketinggian kurang lebih 2.000 mdpl. Danau Segara Anak biasanya dijadikan tempat berkemah bagi para pendaki yang ingin menggapai puncak Gunung Rinjani. Selain berkemah, banyak hal menarik yang dapat dilakukan di danau ini. Wisatawan dapat memancing di danau ini karena terdapat banyak ikan mulai dari ikan nila, mas, dan mujair. Pemandangan di Danau Segara Anak ini sungguh menakjubkan dan sangat indah sehingga banyak wisatawan luar maupun dalam negeri berdatangan dan mendaki Gunung Rinjani untuk menyaksikan keindahannya.

Air Terjun Sendang Gila
Air Terjung Sendang Gila menjadi destinasi alternatif mengunjungi Lombok. Air terjun ini merupakan air terjun yang muncul dari atas tebing dengan ketinggian kurang lebih 32 meter. Lokasinya berada di 80 km dari Mataram, tepatnya Desa Senaru Kecamatan Bayan. Air terjun Sendang Gila adalah salah satu titik pemberhentian sebelum mendaki ke puncak Rinjani. Namun bagi yang tidak ingin menjelajahi gunung, Sendang Gila bisa dijadikan pilihan utama wisata di Pulau Lombok. Terdiri dari dua bagian, bagian atas yang hanya satu jalur air sementara bagian bawah yang keluar dari beberapa sumber air. Konon, menurut kepercayaan penduduk setempat, air yang ada di lokasi ini memiliki unsur magis. Airnya dipercaya dapat membuat seseorang menjadi lebih muda satu tahun dari usia yang sebenarnya.

Hutan Monyet Pusuk
Jika di Bali terdapat Monkey Forest Ubud, di Lombok ada Hutan Monyet Pusuk yang tak kalah menarik. Wisatawan dapat menikmati Hutan Pusuk Pass dengan beristirahat sejenak menikmati keindahan dan bermain dengan ratusan ekor monyet. Selain itu, Hutan Wisata Monyet Pusuk juga dihiasi dengan rerimbunan pohon, tebing-tebing curam dan keindahan laut Lombok Utara yang dapat dilihat secara langsung dari tempat ini. Pusuk Pass bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dari Mataram dengan berkendara.

Air Terjun Kembar Tiu Teja
Berlokasi di Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter di belantara hutan Gunung Rinjani ini memiliki pesona keindahan yang berbeda dengan air terjun lainnya. Kalau air terjun lain biasanya memiliki satu air terjun, maka air terjun Tiu Teja memiliki dua mata air terjun yang meluncur secara berdampingan. Air terjun ini berjarak sekitar 60km dari Kota Mataram, untuk mencapai air terjun ini wisatawan dapat berkendara sekitar 2 jam.

Budaya/Sejarah
Desa Sade
Desa Sade yang berjarak sekitar 50 kilometer dari Kota Mataram, Lombok, ini bisa jadi merupakan salah satu desa wisata pertama di Indonesia. Desa Sade dihuni oleh Suku Sasak, penduduk pribumi Pulau Lombok, yang masih mempertahankan cara hidup dan keahlian para nenek moyang yang diwariskan secara turun menurun. Semua bangunan rumah di desa ini masih sangat tradisional, meskipun perkampungan ini terletak di sisi jalan beraspal mulus. Atap rumah terbuat dari ijuk, temboknya dari anyaman bambu yang dipasang tanpa menggunakan paku dan lantai masih beralaskan tanah. Uniknya, warga desa ini menggunakan kotoran kerbau untuk mengepel lantai rumah mereka. Namun jika masuk ke rumah mereka tidak ada sedikitpun bau busuk yang tercium. Menurut warga, melapisi lantai rumah dengan kotoran kerbau dapat membuat rumah jadi lebih hangat dan bebas nyamuk. Desa Sade terkenal dengan kain tenun yang dibuat secara tradisional.

Desa Ende, Lombok
Desa Ende yang masih satu wilayah dengan Desa Sade bisa jadi alternatif pilihan buat para wisatawan di Lombok. Desa Ende letaknya lebih dekat dengan Kota Mataram, hanya sekitar 15 menit. Anda bisa mampir ke sini sebelum mengunjungi Pantai Kuta Lombok yang berjarak sekitar 30 menit dari desa ini. Dibandingkan dengan Desa Sade, Desa Ende lebih sunyi dan rindang karena masih banyak pepohonan. Desa Ende terdiri dari sekitar 30 rumah penduduk yang dibangun secara tradisional. Seperti di Desa Sade, penduduk setempat menggunakan kotoran kerbau sebagai campuran tanah liat untuk lantai rumah mereka. Penduduk setempat cukup ramah, wisatawan bahkan diperbolehkan melihat-lihat ke dalam rumah penduduk jika ingin tau gimana rasanya tinggal dalam rumah khas Suku Sasak. Teras rumah adat Suku Sasak dibuat sangat rendah, jadi wisatawan harus menunduk sebelum masuk ke dalam rumah. Atap teras rumah yang rendah ini rupanya mengandung suatu filosofi, yakni orang yang akan bertamu hendaknya menunduk sebagai tanda bahwa kita menghormati si empunya rumah. Sebuah artshop sederhana juga bisa kamu temukan disini.Artshop ini menjual beragam cinderamata seperti kain tenun, sendok dari tanduk kerbau dan miniatur rumah Suku Sasak.

Lainnya
Batu Bolong
Lokasi wisata Batu Bolong masih terletak di Pantai Senggigi, jaraknya hanya sekitar setengah jam dengan berjalan kaki. Atraksi wisata dari Batu Bolong adalah sebuah pura yang dibangun di atas karang yang terletak di tepi pantai.Menurut legenda masyarakat setempat, tempat ini dulunya merupakan tempat pengorbanan wanita perawan untuk diserahkan kepada ikan hiu di tempat ini. Legenda lain mengatakan dahulu banyak para wanita yang menerjunkan diri dari tempat ini ke laut karena patah hati.

Taman Nardama
Salah satu lokasi wisata menarik di Lombok adalah Taman Narmada, yang terletak di Desa Kembuah, Kecamatan Narmada sekira 10 kilometer dari timur Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Taman seluas 2 hektar ini dibangun pada 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem. Taman ini kerap digunakan sebagai tempat upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima tahun Caka atau sekira bulan Oktober-November.Selain tempat upacara, Taman Narmada juga digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja.





Budget
RM Cahaya
Lokasi: di depan Bandara Praya Lombok
Menu andalan: Nasi Balap Puyung
Range harga: Rp9.000-Rp 13.000
Jam Operasional: 10.00-19.00

Sea Food 55
Lokasi: Jl Raya Mataram, Lombok
Menu andalan: aneka seafood
Range harga: Rp 20.000-Rp 30.000
Jam Operasional: 11.00-20.00

Ayam Bakar Taliwang “Udin”
Lokasi: Jl. Pejanggik (dekat Pos Polisi Mataram), Lombok
Menu andalan: Ayam Bakar Taliwang, Pelecing Kangkung, Beberok Terong
Range harga: Rp 20.000-Rp30.000
Jam Operasional: 18.00-01.30

Restaurant Dua-Em
Lokasi: Jl Transmigrasi No. 99, Cakranegara, Lombok
Menu andalan: Ayam Taliwang
Range harga: Rp 25.000-Rp 30.000
Jam Operasional: 11.00-20.00

Warung Rembiga
Lokasi: Jalan Dakota No. 2, Lombok
Menu andalan: Sate Rembiga
Range harga: Rp. 15.000
Jam Operasional: 11.00-24.00

Nasi Balap Cap Inaq Esun
Lokasi: Jl Sriwijaya Mataram, Lombok
Menu andalan: Nasi Balap
Range harga: Rp 7.000-Rp 10.000
Jam Operasional: 10.00-20.00

Depot Klebet
Lokasi: Jl. HOS Cokroaminoto (di belakang Kantor Gubernur NTB), Lombok
Menu andalan: Bebalung
Range harga: Rp 25.000-Rp30.000
Jam Operasional: 06.00-10.00

Ayam Taliwang Irama
Lokasi: Jl. Ade Irma Suryani No 10, Cakrangara, Lombok
Menu andalan: Ayam Taliwang
Range harga: Rp 20.000-Rp 30.000
Jam Operasional: 10.00-20.00

Menengah
Mallias Child Restaurant
Lokasi: Gili Meno, Lombok
Menu andalan: Pasta
Range harga: Rp 40.000-Rp100.000
Jam Operasional: 09.00-23.00

Ryoshi Japanese Restaurant
Lokasi: Gili Trawangan, Lombok
Menu andalan: Sushi & Sashimi
Range harga: Rp 40.000-Rp 100.000
Jam Operasional: 10.00-22.00

Bob’s Steakhouse
Lokasi: Senggigi Plaza, Senggigi Lombok
Menu andalan: Steak
Range harga: Rp 60.000-Rp 100.000
Jam Operasional: 10.00-23.00

Korean Restaurant Ye Jeon
Lokasi: Senggigi Square. B4, Senggigi, Lombok
Menu andalan: Bibim Kuksu
Range harga: Rp 50.000-Rp80.000
Jam Operasional: 11.00-20.00

Danima Restaurant
Lokasi: Gili Trawangan, Lombok
Menu andalan: BBQ
Range harga: Rp 78.000-Rp 200.000
Jam Operasional: 11.00-20.00

ASMARA Senggigi
Lokasi: Jl. Raya Senggigi, Lombok
Menu andalan: Mixed Seafood in Oyster Sauce
Range harga: Rp 35.000-Rp 120.000
Jam Operasional: 10.00-21.00

Prime Resto
Lokasi: Lombok Plaza Hotel, Jl Pejanggik No 8, Mataram, Lombok
Menu andalan: Smoked Beef
Range harga: Rp 40.000-Rp 80.000
Jam Operasional: 10.00-23.00


Mewah
Scallywags Organic Seafood Bar & Grill
Lokasi: Gili Trawangan, Lombok
Menu andalan: Fresh Seafood
Range harga: Rp 100.000-Rp300.000
Jam Operasional: 10.00-20.00

Cafe & Pastry
La Dolce Vita
Lokasi: Gili Trawangan, Lombok
Menu andalan: Coffee & Pizza
Range harga: Rp 20.000-Rp 70.000
Jam Operasional: 11.00-22.00

Taco Corner
Lokasi: Gili Trawangan, Lombok
Menu andalan: Taco & Coctails
Range harga: Rp 65.000-Rp100.000
Jam Operasional: 10.00-20.00

Café Gili Trawangan
Lokasi: Gili Trawangan, Lombok
Menu andalan: Coffee & pasta
Range harga: Rp 65.000-Rp 130.000
Jam Operasional: 10.00-21.00

Ocean Breeze Gourmet
Lokasi: Kuta, Lombok
Menu andalan: Pastry & Coffee
Range harga: Rp 50.000-Rp 100.000
Jam Operasional: 08.00-20.00

Banana Tree Cafe
Lokasi: Senggigi, Lombok
Menu andalan: Cake & Kopi Lombok
Range harga: Rp 25.000-Rp 60.000
Jam Operasional: 09.00-20.00

Café Lombi
Lokasi: Senggigi, Lombok
Menu andalan: Swiss Bakery & Coffee
Range harga: Rp 40.000-Rp70.000
Jam Operasional: 08.00-20.00

Café Alberto
Lokasi: Jl Raya Senggigi, Lombok
Menu andalan: Pizza & Pasta
Range harga: Rp 50.000-Rp150.00
Jam Operasional: 10.00-22.00

Dessert
Scooperific
Lokasi: Gili Trawangan, Lombok
Menu andalan: Ice Cream
Range harga: Rp 13.000-Rp30.000
Jam Operasional: 10.00-20.00

Gili Gelato
Lokasi: Gili Trawangan, Lombok
Menu andalan: Ice Cream
Range harga: Rp 13.000-Rp26.000
Jam Operasional: 09.00-20.00

Bar/Lounge/Beach Club
Villa Ombak Hotel, Restaurant & Bar
Lokasi: Gili Trawangan, Lombok
Menu andalan: Pizza & Pasta
Range harga: Rp 39.000-Rp 200.00
Jam Operasional: 10.00-23.00

Pearl Beach Lounge
Lokasi: Gili Trawangan, Lombok
Menu andalan: Beer& Coctails
Range harga: Rp65.000-Rp200.000
Jam Operasional: 09.00-22.00

Club Tropicana Grand Café Restaurant
Lokasi: Jl Raya Senggigi Km. 8, Lombok
Menu andalan: Pizza & Coctails
Range harga: Rp 70.000-Rp200.000
Jam Operasional: 18.00-24.00

The Beach Club
Lokasi: Gili Air, Lombok
Menu andalan: Coctails
Range harga: Rp 40.000-Rp200.000
Jam Operasional: 10.00-24.00

Lotus Bayview
Lokasi: sekitar Pantai Senggigi, Lombok
Menu andalan: Pizza, Pasta, Coctails
Range harga: Rp 100.000-Rp 200.000
Jam Operasional: 11.00-22.00

De Quake Lounge Bar
Lokasi: Senggigi Art Market, Lombok
Menu andalan: Red Mullet
Range harga: Rp 30.000- Rp 100.000
Jam Operasional: 10.00-24.00

Coco Beach
Lokasi: Pantai Kerandangan 2, Jl Raya Senggigi, Lombok
Menu andalan: Coctails & Beer
Range harga: Rp 50.000-Rp 100.000
Jam Operasional: 10.00-22.00

Chill Out Bar
Lokasi: Gili Air, Lombok
Menu andalan: BBQ, wine, Beer
Range harga: Rp 20.000-Rp200.000
Jam Operasional: 09.00-22.00

The Waterfront
Lokasi: Gili Air, Lombok
Menu andalan: BBQ, Beer
Range harga: Rp 40.000-Rp200.000
Jam Operasional: 10.00-22.00

The Terminal Resto
Lokasi: Gili Trawangan, Lombok
Menu andalan: BBQ, Coctails
Range harga: Rp 30.000-Rp150.000
Jam Operasional: 09.00-22.00

Tir Na Nog Bar
Lokasi: Gili Trawangan, Lombok
Menu andalan: Pizza & BBQ
Range harga: Rp 30.000-Rp 100.000
Jam Operasional: 10.00-21.00



Budget
Ada banyak pilihan hotel murah di Lombok untuk para backpacker atau wisatawan yang hanya datang untuk transit. Tidak perlu khawatir, sebagian besar hotel murah ini tetap dilengkapi fasilitas dan pelayanan yang memuaskan.

Menengah
Wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dapat memilih hotel bintang dua dan hotel bintang tiga di Lombok. Umumya hotel-hotel ini menawarkan kamar mandi dalam dan perlengkapan mandi di setiap kamarnya.

Mewah
Terdapat banyak pilihan hotel bintang 4 dan hotel bintang 5 di Lombok untuk wisatawan yang menginginkan kesempurnaan dalam fasilitas dan layanan. Ranjang premium, sarapan kreasi chef serta beragam fasilitas pendukung lainnya dapat Anda temui pada hotel-hotel mewah ini.

Villa
Ada banyak pilihan penginapan berupa villa di Lombok bagi wisatawan yang menginginkan privasi. Mulai dari villa budget hingga villa pribadi yang menawarkan fasilitas lengkap, termasuk kolam renang pribadi.

1. Selalu update informasi tentang promo tiket pesawat
Tiket pesawat dengan harga miring biasanya ditawarkan oleh maskapai penerbangan pada saat-saat tertentu, bahkan tak bisa diprediksi kapan maskapai yang bersangkutan akan menawarkan tiket pesawat murah. Manfaatkan jejaring sosial, terutama Twitter, untuk mem-follow akun Twitter beberapa maskapai penerbangan. Begitu mereka menginformasikan tentang program promosi wisatawan bisa langsung memesan sebelum kehabisan.

2. Hindari weekend
Jika wisatawan memiliki anggaran terbatas, sebaiknya pilih hari Senin – Jumat untuk mengunjungi Pulau Lombok. Hal ini karena harga sewa kamar penginapan dan hotel akan melambung tinggi di hari Sabtu-Minggu. Disarankan agar Anda memilih penginapan di sekitar Kota Mataram yang ditawarkan dengan tarif rata-rata Rp 80 ribu/ malam. Lombok akan dipenuhi turis mancanegara maupun lokal di akhir pekan. Sehingga wisatawan mungkin akan sulit menikmati liburan.

3. Buat jadwal kunjungan
2 hari 1 malam adalah lama kunjungan yang umumnya diterapkan para wisatawan jangka pendek. Mengingat singkatnya waktu kunjungan, jadwal kunjungan ke sejumlah lokasi yang telah dibuat jauh-jauh hari akan sangat membantu. Carilah informasi di internet tentang lokasi mana saja yang benar-benar menarik untuk dikunjungi. Misalnya, Pantai Kuta Lombok. Sesudah mengunjungi Pantai Kuta mungkin Anda tertarik untuk mencicipi makanan khas Lombok dan berbelanja suvenir. Jika memungkinkan, kunjungi tempat-tempat menarik yang lokasinya tak berjauhan untuk menghemat waktu wisatawan

4. Sewa sepeda motor
Sepeda motor termasuk alat transportasi yang cukup praktis dan ekonomis, terutama jika wisatawan hanya melakukan perjalanan seorang diri atau bersama seorang rekan. Dengan menggunakan sepeda motor Anda akan dapat dengan mudah mengunjungi sejumlah lokasi wisata dalam waktu singkat. Belum lagi pengalaman seru yang mungkin akandidapatkan saat bepergian menggunakan sepeda motor. Bisa jadi Anda dapat menemukan satu spot unik yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Harga sewa sepeda motor juga cukup terjangkau, hanya Rp 50 ribu/ hari.

5. Gunakan tabir surya
Cuaca di Lombok pada saat-saat tertentu lebih panas daripada Bali. Jadi Anda perlu menggunakan tabir surya agar kulit tidak terbakar atau mengalami iritasi akibat sengatan matahari.

Agar Anda tidak salah pilih!

Temukan referensi hotel-hotel terbaik di Lombok dari 13 ulasan hotel dengan nila rata-rata 7.4.

Simak ulasan terbaru dari pelanggan pegipegi.com.

Ulasan Hotel di Lombok Terbaru

8.0
Memenuhi
-
Junaidi, 10-08-2016
Hotel Dpraya ini menjadi langganan sy kalau sy ke Lombok karena dekat sekali dgn airport. Kamarnya besar, bersih , pelayanan staff jg baik. Harga terjangkau apalagi booking di pegipegi.Com ada promo2 jadi bisa lebih murah. Thx
6.8
hotel Bandara
-
farida, 28-07-2016
Hotek berada dekat dengan Bandara tapi jauh dari kota atau wisata tujuan, ruangannya bersih dan kenyamanan tapi Sarapan pilihan buruk, terbatas dan restoran sirkulasi udara yang buruk sehingga bau melekat di pakaian kita bahkan saya rambut bau telur dadar
8.1
Hotel yang tepat untuk perjalanan bisnis
-
Elanto wijoyono, 11-03-2015
Hotelnya terletak di tmpat yang strategis untuk perjalanan bisnis saya. Hotel bersih dan nyaman
6.5
Perjalanan ke Lombok
-
Nurul Agdini, 27-11-2016
Dari segi pelayanan bagus, tetapi sepertinya ini hotel lama. Jadi interior kamar dan hotel terlihat sudah lama dan kusam. Terutama kamar mandinya...
Masukkan Kode Kupon Disini