Mohon Ditunggu...
  • Jam Layanan : 07.00 - 24.00
    Sabtu, Minggu & Hari Libur 24 Jam
  • (021) 3000 7777
    (021) 4040 7777
  • cs@pegipegi.com
  • 59B3C86C

Penginapan Murah di Kampung Rambutan dibawah 300 Ribu

Maaf tidak ada hasil. Silahkan mengubah kondisi pencarian
Wisatawan bisa memilih beragam moda transportasi untuk mencapai Jakarta:

Pesawat
Sebagian besar turis memanfaatkan transportasi udara atau pesawat untuk mengunjungi Jakarta.

 Bandara
Saat ini, Jakarta memiliki dua bandara yang beroperasi, yaitu Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang terletak di Cengkareng, Tangerang, serta Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur. Namun, Bandara Halim Perdanakusuma hanya melayani penerbangan domestik.

Bandara Soekarno-Hatta terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Jakarta. Bandara ini memiliki 3 terminal utama: Terminal 1 (untuk penerbangan domestik), Terminal 2 (penerbangan internasional dan penerbangan domestik khusus maskapai Garuda Indonesia) serta Terminal 3 (penerbangan domestik dan internasional maskapai AirAsia). Terminal 1 dan 2 mengusung desain tradisional yang menyerupai bangunan joglo khas Jawa. Sedangkan Terminal 3, yang merupakan bangunan baru, mengusung desain modern yang ramah lingkungan.

Selain ketiga terminal umum itu, Bandara Soekarno-Hatta juga memiliki Terminal Haji yang digunakan oleh para calon jemaah haji yang akan bertolak ke Arab Saudi. Calon penumpang bisa memanfaatkan bus shuttle gratis yang menghubungkan Terminal 1,2 dan 3.

Akses menuju bandara yang kerap diwarnai kemacetan menjadi masalah tersendiri bagi wisatawan. Namun, mereka bisa memanfaatkan hotel-hotel di dekat bandara sebagai akomodasi sehingga tidak perlu khawatir melewatkan jadwal penerbangan.

Bandara Halim Perdanakusuma resmi beroperasi melayani rute domestik komersial pada 10 Januari 2014. Meski awalnya akan digunakan oleh banyak maskapai, namun sejak pertengahan 2014 lalu, Citilink adalah satu-satunya maskapai komersial yang menggunakan Bandara Halim Perdanakusuma. Rute Citilink melalui bandara ini pun terbatas, beberapa diantaranya adalah Solo, Semarang, Palembang, Balikpapan dan Palangkaraya.

 Pajak Bandara
Para penumpang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma akan dikenai pajak atau biaya Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) sebesar Rp 40.000 untuk penerbangan domestik. Penerbangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta dikenakan pajak atau PJP2U sebesar Rp 150.000.

Namun, beberapa maskapai lokal kini telah menyertakan biaya tersebut dalam harga tiket mereka sehingga penumpang tidak lagi perlu membayarkan pajak bandara.

 Pesawat yang beroperasi
Hampir semua maskapai penerbangan lokal dan mancanegara beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta, baik LCC (Low Cost Carriers) maupun maskapai Full Service.

Sementara, Bandara Halim Perdanakusuma hanya digunakan maskapai komersial Citilink serta maskapai charter Susi Air dan Pelita Air Service.

 Visa
Selain paspor yang valid hingga 6 bulan setelah kedatangan, wisatawan asing (kecuali dari negara-negara ASEAN) harus memiliki visa untuk mengunjungi Jakarta. Sejumlah negara harus mendapatkan visa di Kedutaan Indonesia sebelum berangkat ke Jakarta. Namun, sebagian besar wisatawan bisa mendapatkan visa on arrival untuk jangka waktu 30 hari.

Kapal
Kapal laut juga merupakan moda transportasi andalan untuk mengunjungi atau bertolak dari Jakarta, khususnya bagi wisatawan lokal. Traveler yang ingin mengunjungi Jakarta, atau mereka yang ingin pulang kampung dan bertolak dari Jakarta bisa memanfaatkan Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara. Selain itu, traveler juga bisa menggunakan Pelabuhan Merak jika ingin menyeberang ke Pulau Sumatera.

Kereta Api
Cara lain untuk datang ke Jakarta adalah dengan menggunakan kereta api. Kereta api termasuk moda transportasi favorit yang digunakan warga Jakarta untuk melakukan perjalanan ke luar kota karena terbilang nyaman dan cukup terjangkau. Stasiun utama yang digunakan warga Jakarta adalah Stasiun Gambir yang terletak di kawasan Gambir, Jakarta Pusat. Kereta api eksekutif dan bisnis bisa ditemui di stasiun ini. Sebagian besar rute kereta api melayani kota-kota besar di Pulau Jawa, seperti Bandung, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Semarang, Malang dan Surabaya.

Kereta api ekonomi (tanpa AC) biasanya menggunakan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, yang terletak tidak jauh dari Gambir.

Bus
Bus juga menjadi moda transportasi favorit pelancong dari dan menuju Jakarta, terutama di kalangan backpacker. Ada banyak terminal bus di Jakarta yang melayani rute luar kota, mulai dari Terminal Lebak Bulus, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulo Gadung, Terminal Rawamangun hingga Termnal Kalideres. Biasanya, moda transportasi bus digunakan untuk perjalanan antarkota antarprovinsi, terutama di Pulau Jawa dan Sumatera.

Sejumlah pengunjung lebih memilih minibus, atau lebih dikenal dengan travel, untuk mengunjungi Jakarta. Namun, rute yang dilayani travel masih terbatas, seperti Bandung, Purwokerto hingga Yogyakarta.



Jalan M.H. Thamrin atau biasa disebut Thamrin merupakan kawasan bisnis dan perbelanjaan di Jakarta Pusat. Jalan ini mencakup salah satu landmark ibukota, yakni Bundaran Hotel Indonesia. Anda juga bisa menemukan pertokoan modern pertama di Jakarta: Sarinah. Kawasan ini dilalui oleh Transjakarta Busway Koridor 1.

Jalan HR Rasuna Said atau lebih dikenal dengan sebutan Kuningan adalah salah satu pusat bisnis Jakarta. Satu dari segitiga emas Jakarta bersama Sudirman dan Thamrin, Kuningan dipenuhi deretan gedung perkantoran, hotel dan pusat perbelanjaan. Bukan hanya itu, kawasan ini pun terdapat sejumlah gedung kedutaan besar dan pusat kebudayaan dari berbagai negara. Kuningan dilalui oleh berbagai trayek kendaraan umum, termasuk TransJakarta Busway Koridor 6.

Salah satu jalan utama Jakarta, Jalan Jenderal Sudirman atau biasa disingkat Sudirman merupakan pusat bisnis yang dipenuhi deretan gedung perkantoran, hotel maupun pusat perbelanjaan. Jalan Sudirman berada di perbatasan Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan. Wisatawan diharapkan berhati-hati ketika melintasi Jalan Sudirman menggunakan mobil pribadi, karena berlaku aturan 3 in 1 yang mewajibkan setiap kendaraan pribadi diisi minimal 3 penumpang. Jika tidak membawa kendaraan pribadi, wisatawan bisa memanfaatkan TransJakarta Busway Koridor 1 atau sejumlah angkutan umum lain yang melintasi Jalan Sudirman.

Cibubur merupakan salah satu kelurahan di kawasan Jakarta Timur yang berbatasan dengan Depok dan Bogor. Dikenal sebagai tempat perkemahan dan wisata alam, Cibubur kini termasuk kawasan residensial terpadat di Jakarta. Selain Bumi Perkemahan Pramuka dan Graha Wisata Cibubur yang menyuguhkan wisata alam serta aktivitas outbound, Cibubur juga memiliki obyek wisata menarik seperti hutan kota dan Taman Bunga Wiladatika. Setiap angkutan umum yang berangkat dari dan ke Cibubur akan berhenti di halte Cibubur Junction.

Lebak Bulus adalah salah satu kelurahan tersibuk di Jakarta Selatan. Di kawasan ini Anda dapat menemukan Terminal Lebak Bulus yang melayani transportasi dalam kota maupun luar kota. Beberapa bangunan penting lain yang terdapat di kawasan ini antara lain adalah pusat perbelanjaan Poin Square, Carrefour dan Stadion Lebak Bulus. Rencananya, daerah ini juga akan dilewati moda transportasi MRT dengan rute Lebak Bulus - Kota.

Ragunan mengacu pada Kebun Binatang Ragunan di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kebun binatang yang berdiri sejak 1864 ini termasuk obyek wisata terpopuler di Jakarta. Bukan hanya kebun binatang, di kawasan Ragunan juga terdapat fasilitas olahraga dan sekolah atlet yang patut dibanggakan. Tidak perlu khawatir mencari angkutan umum di kawasan Ragunan karena Anda bisa menemukan Transjakarta Busway Koridor 6 yang melayani rute Ragunan-Dukuh Atas.

Berada di ujung Jakarta Selatan, Jalan Raya Fatmawati merupakan kawasan padat penduduk serta ramai oleh pertokoan. Fatmawati menjadi salah satu akses utama penduduk Jakarta Selatan menuju tempat-tempat aktivitas mereka. Tidak heran, kemacetan terjadi hampir setiap hari di area ini. ITC Fatmawati menjadi pusat perbelanjaan terbesar yang ada di wilayah ini dan kerap ramai dikunjungi berkat keberadaan pusat onderdil serta bengkel. Di kawasan ini juga terdapat sakit pemerintah terbesar di Jakarta, yakni Rumah Sakit Umum Fatmawati.

Halim Perdana Kusuma adalah bandar udara pertama Kota Jakarta yang terletak di kawasan Jakarta Timur. Meski sempat hanya digunakan untuk kepentingan kenegaraan dan militer, Bandara Halim Perdana Kusuma kini kembali dibuka untuk umum dan khusus melayani rute domestik. Proyek kereta ekspres yang menghubungkan Bandara Halim dengan Bandara Soekarno-Hatta akan dimulai konstruksi pada 2015.

Kelurahan Cililitan merupakan kawasan yang terletak di Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. Kawasan celilitan terbentang dari sungai Ciliwung di sebelah barat, sampai sungai Cipinang di sebelah timur. Sebelah selatan kawasan ini berbatasan dengan Condet, sedangkan sebelah utara berbatasan dengan kawasan Cawang. Di kawasan Celilitan terdapat terminal dengan trayek bus antar kota. Selain itu juga terdapat tempat perbelanjaan, salah satunya Mall PGC.

Kawasan Pasar Minggu ini berada di daerah Jakarta Selatan. Nama Kecamatan Pasar Baru diambil dari nama Pasar Minggu yang terkenal tersebut. Dagangan yang dijual di daerah ini adalah buah-buahan dan sayur-sayuran.

Pondok Indah adalah area hunian elit di Jakarta Selatan yang kerap disebut Beverly Hills versi Indonesia. Selain rumah-rumah besar dan megah, kawasan Pondok Indah pun mempunyai rumah sakit dan tiga pusat perbelanjaan, menjadikan Pondok Indah tak ubahnya kota tersendiri. Mall Pondok Indah 1 dan 2 menjadi pusat atraksi di daerah ini, di mana hampir setiap pekan ratusan orang memenuhi pusat perbelanjaan elit tersebut.

Kemang merupakan salah satu daerah elit Jakarta Selatan yang banyak dihuni warga asing atau ekspatriat. Berbatasan dengan Kelurahan Bangka dan Pejaten Barat, Kemang saat ini menjadi pusat kuliner dan hiburan warga Jakarta mengingat ramainya deretan restoran, kafe dan klub malam di sepanjang jalan utama. Suasana meriah di Kemang menjadikan kawasan ini kerap disamakan dengan Jalan Legian dan Kuta di Bali. Kemang juga memiliki rumah sakit dan sekolah bertaraf internasional untuk para warga di kawasan hunian di sana.

Terletak di Jakarta Barat, Glodok disebut juga Pecinan karena mayoritas penduduk yang berdomisili di daerah ini adalah warga keturunan Cina. Glodok dianggap sebagai Pecinan terbesar di Jakarta yang sudah dikenal sejak zaman kolonial Belanda. Glodok sendiri populer sebagai pusat barang-barang elektronik dan gadget, karena di sini marak ditemukan produk tersebut dengan harga lebih murah dibandingkan harga pasaran. Bukan hanya barang-barang elektronik, di Glodok juga terdapat beragam kuliner tradisional Tionghoa yang sulit ditemukan di tempat lain.

Kawasan Kota Tua yang terletak di perbatasan antara Jakarta Barat dan Jakarta Utara Jakarta menampilkan suasana kolonial Belanda yang menawan. Di sini, wisatawan bisa menemukan berbagai bangunan maupun tempat yang masih mempertahankan arsitektur dan suasana kuno seperti Pelabuhan Sunda Kelapa, Toko Merah dan Gereja Sion. Karena banyaknya bangunan bersejarah di kawasan ini, sejumah lembaga non profit berusaha melestarikan bangunan tersebut dengan memberi edukasi kepada masyarakat. Salah satunya dengan mengadakan tur sejarah ke Kota Tua dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya pelestarian sejarah kota.

Senayan termasuk salah satu area populer di Jakarta Selatan. Berada dekat dengan pusat bisnis dan perdagangan Jalan Sudirman, kawasan Senayan memiliki dua pusat perbelanjaan mewah yang menjadi favorit warga Jakarta, yaitu Plaza Senayan dan Senayan City. Bukan hanya pusat perbelanjaan, wisatawan juga bisa menemukan komplek olahraga terbesar di Jakarta, yakni Gelora Bung Karno.

Blok M merupakan pusat bisnis dan perbelanjaan di kawasan Jakarta Selatan. Warga Jakarta maupun pendatang senang berbelanja di Blok M karena harga yang relatif murah dibandingkan di pusat perbelanjaan modern. Kawasan Blok M pun mencakup Jalan Melawai yang menjadi area populer pada era '80-an. Kini, Jalan Melawai berkembang menjadi Little Tokyo karena banyaknya restoran Jepang di sana. Kawasan ini pun memiliki terminal bus yang melayani rute ke berbagai area di Jakarta, Depok, Bekasi hingga Tangerang.

Cinere adalah kawasan residensial di ujung selatan Jakarta, berbatasan dengan kota Depok. Banyaknya komplek tempat tinggal di kawasan ini menyebabkan kawasan Cinere hampir selalu dipadati kendaraan dari dan menuju pusat Kota Jakarta. Kawasan ini memiliki beberapa pusat perbelanjaan besar dan rumah sakit umum, yaitu Rumah Sakit Puri Cinere.

Terletak di Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, Mangga Besar termasuk salah satu area populer di ibukota. Dikenal lewat daya tarik hiburan malamnya, Mangga Besar memang dipenuhi bangunan hotel, restoran dan klub malam. Namun, Mangga Besar juga menjadi surga kuliner bagi warga sekitar. Di sini warga bisa menjumpai berbagai jenis makanan, mulai dari seafood, daging hingga yang eksotis seperti reptil.

Terletak di perbatasan Jakarta Barat dan Jakarta Utara, Mangga Dua merupakan pusat belanja grosir maupun satuan. Pakaian jadi, alat-alat elektronik, perabotan rumah tangga hingga komputer bisa ditemukan dengan harga bersahabat di Mangga Dua. Pusat-pusat perbelanjaan yang populer di kawasan ini termasuk ITC Mangga Dua, Pasar Pagi, Mangga Dua Square dan Harco Mangga Dua. Selain menjadi pusat perbelanjaan, Mangga Dua juga merupakan kawasan bisnis, sehingga banyak terdapat hotel di sini. Sebagai daerah pusat belanja, kawasan Mangga Dua memang rentan kemacetan. Karena itu, para pengunjung lebih disarankan menggunakan kendaraan umum ketika datang ke Mangga Dua.

Menteng yang terletak di kawasan Jakarta Pusat dikenal sebagai daerah elit sejak dulu. Berkembang sejak tahun 1910, Menteng merupakan kawasan tempat tinggal para pejabat Belanda. Tidak heran, sampai saat ini Menteng menjadi salah satu area hunian paling mahal di Jakarta, dengan deretan rumah besar dan mewah. Di kawasan ini bisa ditemukan sejumlah bangunan bersejarah seperti Gedung Perintis Kemerdekaan, Gedung Joeang 45 dan bioskop Megaria.

Monas atau Monumen Nasional adalah monumen peringatan yang menjadi ikon Kota Jakarta, tepat di jantung ibukota. Berada di kawasan Jakarta Pusat, tugu setinggi 132 meter ini memiliki mahkota lidah api yang dilapisi lembaran emas. Di sekelilingnya pemerintah Kota Jakarta membangun area beberapa area taman rimbun yang bisa digunakan untuk wisata, refleksi serta tempat tinggal rusa-rusa cantik yang didatangkan dari Istana Bogor.

Berlokasi di Jakarta Pusat, kawasan Senen dinamakan berdasarkan Pasar Senen yang menjadi salah satu pusat perbelanjaan ternama di sana. Selain menjadi salah satu kawasan niaga terpenting di Jakarta, Senen juga menjadi 'penghubung' ke kawasan-kawasan lain ibukota berkat keberadaan Terminal Bus Senen. Bukan hanya itu, kawasan ini juga dikenal sebagai bursa buku terbesar di Jakarta, terutama di sepanjang jalan Kwitang. Wisatawan yang mencari masakan tradisional Minangkabau juga bisa menemukannya di kawasan ini, tepatnya di Jalan Kramat.

Tanah Abang dikenal sebagai pusat grosir terbesar di Jakarta. Itu berkat keberadaan Pasar Tanah Abang, yang merupakan pusat grosir tekstil terbesar se-Asia Tenggara. Selain tekstil, pengunjung juga bisa menemukan banyak produk lain di pasar ini, seperti peralatan rumah tangga dan buah-buahan. Tanah Abang terletak di Kelurahan Kebon Kacang dan berada tak jauh dari pusat bisnis Thamrin. Area Tanah Abang hampir selalu diwarnai kemacetan karena banyak angkutan umum yang berhenti seenaknya. Wisatawan juga disarankan ekstra waspada saat mengunjungi Pasar Tanah Abang karena bahaya copet selalu mengintai.

Sebagai megapolitan terbesar di Indonesia, Jakarta menawarkan transportasi umum yang cukup lengkap. Mulai dari bus, kereta api hingga taksi dengan operator beragam. Sayangnya, transportasi umum di Jakarta belum teratur, karena masih banyak angkutan yang sudah tidak layak pakai dan memiliki pengemudi ugal-ugalan sehingga kerap membahayakan penumpang maupun pemakai jalan lainnya.

Taksi
Jakarta memiliki armada taksi paling banyak dibandingkan kota-kota lainnya di Indonesia. Banyak operator taksi yang beroperasi dan bisa menjadi pilihan warga Jakarta maupun wisatawan. Operator taksi paling populer dan memiliki reputasi baik adalah Blue Bird dan Express Taxi. Masih ada perusahaan taksi lain yang cukup dipercaya warga Jakarta seperti Gamya, Putra, Taksiku, Cipaganti dan White Horse.

Sebaiknya memilih taksi dengan reputasi terpercaya atau sudah memiliki nama besar. Memang beberapa taksi tersebut memiliki tarif argo lebih mahal. Namun, keselamatan penumpang lebih terjamin. Selain itu, usahakan selalu naik taksi dengan pemesanan terlebih dulu ketimbang menyetop taksi di pinggir jalan guna menghindari taksi gelap. Dan, jangan lupa selalu catat nomor serta nama supir taksi sebagai dokumentasi jika terjadi sesuatu.

Bus
Bus kota termasuk pilihan transportasi yang populer di kalangan warga Jakarta karena tarifnya yang terjangkau. Ada beberapa jenis bus kota yang beroperasi di Jakarta, mulai dari bus sedang seperti Metromini, Kopaja, Kopaja AC dan Koantas Bima, Patas non-AC sampai Patas AC. Tarif bus dengan AC berkisar antara Rp 5.000 – Rp 8.000. Sementara, bus sedang seperti Metromini dan Kopaja biasanya memiliki tarif Rp. 4.000. Namun, mereka memiliki reputasi buruk karena kerap menaikkan dan menurunkan penumpang di sembarang tempat sehingga mengakibatkan kemacetan, serta menyetir ugal-ugalan yang membahayakan penumpang.

Angkot
Angkot menjadi transportasi andalan warga Jakarta maupun kota satelit yang tinggal jauh dari keramaian untuk menuju pusat kota. Tidak jarang mereka harus menyambung menggunakan kendaraan lain agar bisa mencapai tempat aktivitas mereka. Tarif angkot dihitung berdasarkan jarak yang ditempuh setiap penumpang. Setiap angkot di Jakarta memiliki kapasitas maksimum hingga 15 penumpang, meski tidak jarang supir angkot menaikkan penumpang laki-laki untuk berdiri di pintu keluar. Seperti halnya bus kota, angkot juga dikenal sebagai biang keladi macet karena sering menaikan dan menurunkan penumpang di sembarang tempat.

Saat ini, tarif dasar angkot untuk perjalanan singkat di Jakarta adalah Rp 4.000.

Lainnya
Transjakarta Busway adalah moda transportasi massal yang nyaman karena dilengkapi AC serta memiliki jalur pribadi. Meskipun jadwal kedatangan bus tidak selalu tepat waktu, apalagi saat jam sibuk, namun busway adalah pilihan transportasi yang terjangkau dan nyaman.

Saat ini, tarif busway adalah Rp 2.000 (sebelum pukul 7 pagi) dan Rp 3.500. Penumpang tidak akan dipungut biaya tambahan saat melakukan transit di halte sebelum pemberhentian akhir. Jam operasional busway mulai pukul 05.00 hingga 22.00. Namun, beberapa koridor menambah jam operasional mereka hingga pukul 23.00.

Adapun rute busway berdasarkan koridor adalah:

Koridor 1: Blok M  Kota
Koridor 2: Harmoni  Pulo Gadung
Koridor 3: Harmoni  Kalideres
Koridor 4: Pulo Gadung  Dukuh Atas
Koridor 5: Kampung Melayu  Ancol
Kooridor 6: Ragunan  Dukuh Atas
Koridor 7: Kampung Rambutan  Ancol
Koridor 8: Tomang  Lebak Bulus
Koridor 9: Pinang Ranti  Pluit
Koridor 10: Cililitan  Tanjung Priok
Koridor 11: Kampung Melayu  Pulo Gebang
Koridor 12: Tanjung Priok  Pluit



Alam
Kepulauan Seribu
Gugusan kepulauan di Teluk Jakarta ini selalu mengundang minat wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, yang ingin menjauh sejenak dari hiruk-pikuk Jakarta. Meskipun namanya Kepulauan Seribu, jumlah pulau dalam gugusan ini sebenarnya hanya 342. Terdapat pulau berpenghuni maupun pulau wisata yang sering dikunjungi traveler, diantaranya Pulau Tidung Besar, Pulau Harapan, Pulau Pramuka, Pulau Bidadari dan Pulau Macan. Untuk menuju kepulauan ini, biasanya wisatawan bertolak dari Muara Angke atau Pantai Ancol.

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk
Langkahkan kaki ke kawasan Pantai Indah Kapuk untuk menikmati keindahan dan kesejukan hutan mangrove atau hutan bakau. Bukan hanya menyusuri hutan bakau yang asri, pengunjung juga bisa menikmati hiburan bersama keluarga dengan naik perahu dayung. Namun, sebaiknya tidak membawa kamera jenis apapun saat mengunjungi tempat wisata ini, karena petugas akan meminta bayaran mahal untuk setiap kamera yang masuk ke area hutan.

Budaya/Sejarah
Kota Tua
Wisatawan yang ingin mengetahui suasana kota Jakarta di masa lampau bisa mengunjungi kawasan Kota Tua yang melintasi wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Kota Tua memiliki luas sekira 139 hektar dan didominasi bangunan berarsitektur Eropa dan Cina di masa kolonial. Banyak bangunan bersejarah yang sudah berdiri selama lebih dari 100 tahun terletak di kawasan ini. Tidak heran, Kota Tua menjadi tempat favorit fotografer maupun pecinta sejarah dan budaya di Jakarta. Wisatawan juga bisa menyewa sepeda ontel atau sepeda model vintage untuk mengelilingi kawasan tersebut.

Setu Babakan
Terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Setu Babakan kawasan perkampungan yang ditetapkan Pemerintah Jakarta sebagai tempat pelestarian dan pengembangan budaya Betawi. Di perkampungan ini, wisatawan bisa menikmati suasana khas pedesaan maupun menyaksikan budaya Betawi asli secara langsung. Bukan hanya budaya dan suasana Betawi otentik, wisatawan juga bisa mencicipi beragam kuliner Betawi seperti ketoprak, kerak telor, roti buaya, bir pletok dan sebagainya.

Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah taman wisata bertema budaya Indonesia yang terletak di Jakarta Timur. Di sini, pengunjung dapat melihat 26 replika rumah tradisional suku-suku bangsa Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua. Selain mempelajari budaya Indonesia, Taman Mini juga merupakan tempat rekreasi keluarga dengan beragam atraksi menarik, mulai dari taman flora dan fauna, teater Imax hingga taman hiburan dengan berbagai permainan. Taman Mini Indonesia Indah berlokasi tidak jauh dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Museum
Museum Nasional Indonesia
Berlokasi di Jalan Merdeka Barat 12, Jakarta Pusat, Museum Nasional Indonesia merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Didirikan pada 1778, Museum Nasional menampilkan arsitektur Eropa dengan gaya Klasisisme. Museum ini dikenal juga dengan sebutan Museum Gajah karena keberadaan patung gajah berbahan perunggu di halaman depan museum. Di sini, wisatawan dapat menemukan koleksi benda-benda kuno dari seluruh penjuru Indonesia, termasuk arca kuno, prasasti dan barang-barang kerajinan.

Museum Bank Mandiri
Ingin mengetahui bagaimana operasional bank di masa lampau? Wisatawan bisa mengunjungi Museum Bank Mandiri di kawasan Kota Tua. Bersebelahan dengan Museum Bank Indonesia dan Stasiun Kota (Beos), museum empat lantai ini diresmikan pada 1933. Pengunjung akan diajak melihat koleksi perlengkapan operasional bank tempo dulu seperti mesin hitung uang mekanik, mesin pembukuan, alat pres bendel dan sebagainya. Koleksi lain museum ini berupa aneka surat berharga seperti bilyet deposito, obligasi, sertifikat deposito dan saham.

Museum Bank Indonesia
Terletak bersebelahan dengan Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia menyajikan informasi mengenai peran Bank Indonesia dalam sejarah bangsa Indonesia serta kebijakan-kebijakan bank. Namun, berbeda dari Museum Bank Mandiri, interior museum ini terasa lebih modern dan mewah karena memang telah mengalami pembenahan. Terdapat sejumlah ruang pamer yang menarik, terutama ruang emas mometer yang menjadi favorit. Di sini pengunjung bisa melihat tumpukan batangan emas yang dilindungi kaca transparan.

Museum Katedral
Gereja Katedral merupakan gereja paling populer di Jakarta karena mengusung arsitektur neo-gotik dari Eropa yang indah. Namun, tidak semua orang tahu bahwa di dalam gereja ini ternyata menyimpan sebuah museum yang tak kalah menarik. Diresmikan pada 28 April 1991, museum ini berisi benda-benda bersejarah dengan nilai keagamaan, seperti replika pastoran, relikui santo dan santa, orgel pipa asli katedral, mitra dan tongkat gembala dan sebagainya.

Lainnya
Kebun Binatang Ragunan
Kebun Binatang Ragunan didirikan pada 1864 dan merupakan kebun binatang pertama di Indonesia. Awalnya, kebun binatang ini terletak di atas tanah seluas 10 hektar di Cikini, Menteng, namun sejak 1969, lokasinya dipindahkan ke Ragunan, Pasar Minggu dengan area yang lebih luas yakni mencapai 30 hektar. Kebun Binatang Ragunan menjadi salah satu destinasi wisata paling dikunjungi di Jakarta, karena selain koleksi satwa yang terbilang lengkap serta fasilitas memadai, tiket masuk Kebun Binatang Ragunan juga masih sangat terjangkau.

Taman Impian Jaya Ancol
Terletak di kawasan Jakarta Utara, Taman Impian Jaya Ancol adalah kompleks wisata terintegrasi yang terdiri dari pantai dan taman hiburan (Dunia Fantasi), Pasar Seni, theme park air (Gelanggang Samudra dan Atlantis Water Adventure), akuarium (Sea World) hingga resort (Putri Duyung Cottages). Area wisata ini memiliki luas 552 hektar dan mudah dicapai menggunakan jalan tol maupun Transjakarta Busway.

Waterboom Jakarta
Waterboom Jakarta terletak di kawasan Jakarta Utara. Berdiri di atas lahan seluas 35 ribu meter persegi, Waterboom Jakarta merupakan wisata taman air dengan nuansa tropis. Pengunjung dapat menemukan beragam kolam yang mengusung atraksi berbeda dari slide berbentuk tabung dengan kecepatan serta tinggi dan panjang berbeda.

Jalan Surabaya
Pecinta barang antik akan menemukan surga saat berkunjung ke Jalan Surabaya, Jakarta Pusat. Berlokasi di Cikini, Jalan Surabaya adalah pusat belanja barang antik dan khas Indonesia, seperti wayang, porselen maupun ragam ukiran kayu. Bukan hanya itu, pengunjung juga bisa berbelanja koper dan piringan hitam ataupun CD vintage yang sudah jarang ditemui di toko-toko musik.



Budget
Mix Diner & Florist
Lokasi: SPBU Bastindo Mampang Jl. Kapten Tendean No. 34, Jakarta
Menu andalan: Mie Mirip (mie instan yang disajikan mirip dengan gambar di bungkusnya)
Range harga: Rp 35.000  Rp 45.000 per orang (makan dan minum)
Jam operasional: 10.00  24.00

Sate Ayam Kambing RSPP
Lokasi: Jl. Kyai Maja No. 21, Jakarta (berseberangan dengan Rumah Sakit Pertamina)
Menu andalan: sate ayam dan sate kambing
Range harga: Rp 15.000  Rp 45.000

Nasi Uduk Kebon Kacang
Lokasi: Pasar Tanah Abang Blok A & Mall Ambassador Kuningan, Jakarta
Menu andalan: Nasi uduk dan ayam goreng
Range harga: Rp 20.000  Rp 40.000 per orang

Nasi Goreng Bumen Jaya
Lokasi: Jl. Pejompongan Raya No. 9, Bendungan Hilir, Jakarta
Menu andalan: Nasi goreng ayam dan kambing
Range harga: Rp 15.000  Rp 60.000
Jam operasional: 09.00  21.00

Bakso Mas Kumis Djarum
Lokasi: Jl. K.S. Tubun 2B, Petamburan, Slipi, Jakarta (kompleks perkantoran PT Djarum)
Menu andalan: Bakso sapi
Range harga: Rp 20.000 - Rp 30.000 per orang
Jam operasional: 09.00 - 21.30 (jika ingin makan siang, usahakan datang lebih cepat karena antrian sangat panjang)



Menengah
Ya Udah Bistro
Lokasi: Jl. Johar No. 15, Menteng, Jakarta
Menu andalan: Bratwurst, pork chop (semua menu memiliki porsi besar)
Range harga: Rp 200.000 untuk 2 orang
Jam operasional: 08.00  24.00

Lara Djonggrang
Lokasi: Jl. Teuku Cik Ditiro No. 4, Menteng, Jakarta
Menu andalan: Fine dining Indonesia
Range harga: Rp 45.000  Rp 250.000 (set menu)
Jam operasional: 10.00  24.00

Bubur Kwang Tung
Lokasi: Jl. Pecenongan No. 67-I, Jakarta Pusat
Menu andalan: Bubur Hong Kong
Range harga: Rp 150.000 untuk 2 orang
Jam operasional: 24 jam

Mewah
Cafe Batavia
Lokasi: Taman Fatahillah, Jl. Pintu Besar Utara No. 14, Kota, Jakarta
Menu andalan: Indonesia-Belanda
Range harga: Rp 28.000  Rp 300.000 per porsi
Jam operasional: 08.00  24.00
Catatan: jangan lupa berfoto di restoran dengan desain interior mewah ala Kolonial Belanda ini

Emilie Restaurant
Lokasi: Jl. Senopati No. 39, Kebayoran Baru, Jakarta
Menu andalan: Fine dining Prancis
Range harga: Rp 2.500.000 untuk 2 orang
Jam operasional: 12.00  14.00, 18.00  22.30

Mamma Rosy
Lokasi: Jl. Kemang Raya No. 58, Jakarta
Menu andalan: Masakan Italia otentik
Range harga: Rp 300.000 untuk 2 orang
Jam operasional: 11.00  22.00

Cafe & Pastry
Paul Patisserie
Lokasi: Pacific Place Mall, Kawasan SCBD, Jakarta
Menu andalan: gourmet sandwich & dessert ala Prancis
Range harga: Rp 500.000 untuk 2 orang
Jam operasional: 07.00  22.00

Authentique
Lokasi: Jl. Kemang Selatan 1 No. 20A, Jakarta
Menu andalan: pastry dan kue otentik Prancis
Range harga: Rp 170.000 untuk 2 orang
Jam operasional: 08.00  17.00

1/15 Coffee
Lokasi: Jl. Gandaria I No. 63, Jakarta
Menu andalan: kopi yang diracik oleh barista peraih penghargaan
Range harga: Rp 200.000 untuk 2 orang
Jam operasional: 07.00 - 21.00

TWG Tea Salon & Boutique
Lokasi: Plaza Senayan Lt. 1, Senayan, Jakarta
Menu andalan: High tea set (teh dan kue)
Range harga: Rp 450.000 untuk 2 orang (dengan menu makanan berat)
Jam operasional: 10.00  22.00

Kedai Kopi Es Tak Kie
Lokasi: Jl. Pintu Besar Selatan III, Jakarta (pinggir Jl. Gajahmada)
Menu andalan: Es kopi racikan sendiri yang sudah bertahan sejak 1927
Range harga: Rp 10.000  Rp 30.000
Jam operasional: 10.00  22.00

Dessert
Ragusa Es Italia
Lokasi: Jl. Veteran I No. 10, Gambir, Jakarta
Menu andalan: es krim buatan rumah yang bertahan sejak tahun 1932
Range harga: Rp 15.000  Rp 35.000 (es krim)
Jam operasional: 09.30  23.00

Milkbar
Lokasi: Ruko Cordoba Blok F No. 1-3, Pantai Indah Kapuk, Jakarta
Menu andalan: Gelato
Range harga: Rp 25.000 per scoop

Hong Tang
Lokasi: Pantai Indah Kapuk dan mall-mall besar Jakarta
Menu andalan: dessert ala Taiwan
Range harga: Rp 100.000 untuk 2 orang
Jam operasional: 10.00  22.00

Bar/Lounge/Beach Club
Skye
Lokasi: Menara BCA, Lvel 56, Jl. M.H. Thamrin No. 1, Jakarta
Menu andalan: Casual dining
Range harga: Rp 500.000 untuk 2 orang
Jam operasional: 10.00  01.00
Catatan: Menyuguhkan pemandangan kota Jakarta di malam hari; reservasi sangat dianjurkan

Awan Lounge
Lokasi: Kosenda Hotel, Jl. KH Wahid Hasyim No. 127, Tanah Abang, Jakarta
Menu andalan: Snack & minuman
Range harga: Rp 350.000 untuk 2 orang
Jam operasional: 17.00  01.00

Lucy in the Sky
Lokasi: Fairgrounds, SCBD Lot 14, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta
Menu andalan: Cocktail
Range harga: Rp 400.000 untuk 2 orang
Jam operasional: 16.00  01.00

Mellys Garden Bar & Resto
Lokasi: Jl. Wahid Hasyim No. 84 & Jl. Kebon Sirih Timur Dalam No. 37-39, Jakarta
Menu andalan: Cocktail dengan berbagai promo
Range harga: Rp 150.000 untuk 2 orang
Jam operasional: 11.00  03.00



Budget
Ada banyak pilihan hotel murah di Jakarta untuk para backpacker atau wisatawan yang hanya datang untuk transit. Tidak perlu khawatir, sebagian besar hotel murah ini tetap dilengkapi fasilitas dan pelayanan yang memuaskan.

Menengah
Wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dapat memilih hotel bintang dua dan hotel bintang tiga di Jakarta. Umumya hotel-hotel ini menawarkan kamar mandi dalam dan perlengkapan mandi di setiap kamarnya.

Mewah
Ada banyak pilihan hotel bintang 4 dan hotel bintang 5 di Jakarta untuk wisatawan yang menginginkan kesempurnaan dalam fasilitas dan layanan. Ranjang premium, sarapan kreasi chef serta beragam fasilitas pendukung lainnya dapat Anda temui pada hotel-hotel mewah ini.

1. Waspada copet di keramaian maupun kendaraan umum
Sebagai kota dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, bukan rahasia lagi jika Jakarta rawan kejahatan. Selalu jaga barang bawaan, terutama tas, ketika menaiki kendaraan umum atau berada di tempat keramaian. Usahakan membawa tas di bagian depan agar memperkecil peluang copet mengambil barang bawaan.

2. Jangan memperlihatkan perhiasan/uang/barang berharga lainnya di tempat umum
Tidak jauh berbeda dengan tips di atas, wisatawan maupun warga lokal Jakarta disarankan tidak memperlihatkan barang-barang berharga secara terbuka di tempat umum. Ini untuk menghindarkan oknum-oknum jahat tergoda untuk mencuri barang-barang tersebut.

3. Hindari keluar terlalu malam
Wisatawan, terutama wanita, sebaiknya tidak keluar penginapan terlalu malam demi alasan keselamatan. Jika memang harus keluar di malam hari, sebaiknya ke daerah yang ramai dan terang. Lebih baik lagi jika memiliki teman atau guide yang bisa menemani.

Masukkan Kode Kupon Disini