Mohon Ditunggu...
  • Jam Layanan : 07.00 - 24.00
    Sabtu, Minggu & Hari Libur 24 Jam
  • (021) 3000 7777
    (021) 4040 7777
  • cs@pegipegi.com
  • 59B3C86C

Hostel Murah di Samarang

Maaf tidak ada hasil. Silahkan mengubah kondisi pencarian

Cari Tahu Tentang Garut

Akses menuju Garut cukup terbatas, sehingga wisatawan hanya bisa mencapainya menggunakan jalur darat.

Pesawat


Kereta Api
Wisatawan yang berangkat dari Jakarta bisa memulai perjalanan dari Stasiun Gambir dan turun di Stasiun Cibatu Garut. Kereta api yang lazim digunakan adalah Serayu dengan rute Jakarta Kota – Garut.

Bus
Jika bertolak dari Jakarta, wisatawan bisa mendatangi Terminal Kampung Rambutan, Terminal Lebak Bulus, Terminal Kalideres atau pool Primajasa Cililitan dan mencari bus antar provinsi yang menuju Garut. Biasanya, bus yang digunakan adalah jensi AC Ekonomi. Setiap terminal biasanya memiliki jadwal reguler untuk keberangkatan bus sehingga wisatawan tak perlu khawatir ketinggalan bus. Lama perjalanan ke Garut biasanya sekitar 4 jam.

Bagi traveler yang bertolak dari Bandung, bisa mendatangi Terminal Cicaheum atau Terminal Leuwipanjang dan mencari bus jurusan Garut. Perjalanan ke Garut tentu saja lebih singkat jika memulai perjalanan dari Bandung. Selain itu, tarif tiket pun masih terjangkau.



Pasirwangi adalah salah satu kecamatan di Garut yang berada di kaki Gunung Darajat. Area ini memiliki ketinggian rata-rata 1.244 mdpl sehingga memiliki cuaca yang sejuk, bahkan cenderung dingin. Di sini Anda dapat melihat hamparan perkebunan sayuran yang menyejukkan mata serta berbagai obyek wisata seperti pemandian air manas dan air terjun.

Ketika mengunjungi Garut, wisatawan dapat menggunakan beberapa moda transportasi untuk berkeliling kota maupun mendatangi tempat-tempat wisata. Mulai dari ojek motor, angkutan pedesaan (angdes) menuju kota, angkutan perkotaan (angkot), minibus hingga kendaraan tradisional delman.



Angkot
Jumlah angkutan desa jauh lebih banyak dibandingkan angkutan perkotaan dengan trayek yang lebih banyak pula. Sementara, untuk angkutan kota, wisatawan bisa membedakan setiap trayek dengan nomor dan perbedaan warna kendaraan.



Pantai
Pantai Santolo
Dikenal juga dengan nama Pantai Cikelet, Pantai Santolo yang terletak di Garut Selatan memiliki terumbu karang yang luas serta pasir yang lembut. Keindahan Pantai Santolo menjadikannya salah satu tempat wisata unggulan Garut. Wisatawan disarankan mengunjungi pantai ini jelang matahari terbit karena pemandangan sunrise di sana sangat menakjubkan.

Pantai Puncak Guha
Seperti Pantai Santolo, Pantai Puncak Guha berlokasi di Garut Selatan yang memang didominasi dataran rendah. Di sini, pengunjung bisa menyaksikan keindahan panorama pantai dari atas tebing. Sementara, di bawah tebing terdapat ratusan ekor kelelawar. Jika ingin mengunjungi pantai ini, disarankan agar membawa makanan dan minuman sendiri karena pedagang atau toko di sana keberadaannya sangat jarang.

Alam
Puncak Darajat
Disebut juga Darajat Pass, Puncak Darajat adalah tempat wisata bernuansa alam dengan sumber air panas serta fasilitas lengkap untuk bermain. Puncak Darajat terletak di bawah kaki Gunung Papandayan dan berjarak sekitar 24 kilometer dari pusat kota Garut. Selain bersantai di pemandian air panas dan menemani anak bermain di berbagai fasilitasnya, pengunjung juga bisa menginap di tempat ini karena Puncak Darajat sudah dilengkapi sarana akomodasi yang beragam.

Situ Bagendit
Terletak di Kecamatan Banyuresmi, Situ Bagendit merupakan salah satu tempat wisata danau paling terkenal di Garut. Selain menyuguhkan pemandangan situ (danau) yang luas dan dalam, pemandangan sekitar Situ Bagendit pun sangat indah. Apalagi, tiket masuknya terbilang sangat murah sehingga bisa terjangkau oleh semua kalangan. Selain itu, di sekitar situ terdapat wisata rakit dan sepeda air yang bisa dilakukan bersama keluarga.

Kawah Putih Talaga Bodas
Talaga Bodas merupakan kawah belerang yang membentuk danau besar dengan air berwarna putih, sehingga menjadikan suasana sekitarnya begitu romantis. Selain menyaksikan danau putih yang menakjubkan, wisatawan juga bisa menikmati alam perbukitan hijau yang mengelilingi area tersebut. Di sini, pengunjung juga bisa berendam air panas karena tersedia sejumlah bak rendam air panas dengan kadar belerang tinggi yang berkhasiat mengobati berbagai penyakit.

Gunung Papandayan
Wisatawan yang gemar menantang adrenalin dan menyukai aktivitas mendaki gunung bisa menjajal kemampuannya dengan mendaki Gunung Papandayan. Selain medan pendakiannya yang terbilang mudah sehingga bisa diikuti pemula, Gunung Papandayan juga menyimpan pesona padang edelweiss di puncaknya yang menjadi primadona para pendaki. Selain itu, pendaki juga bisa menyaksikan eksotisnya hutan mati yang dipenuhi sisa pohon-pohon yang menghitam dengan suasana kabut yang dramatis.



Budaya/Sejarah
Candi Cangkuang
Berlokasi di Kampung Pulo, Kecamatan Leles, Candi Cangkuang adalah salah satu destinasi wisata populer di Garut dan ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai kota di Indonesia. Candi ini merupakan satu-satunya candi Hindu di Tatar Sunda dan dikelilingi empat gunung besar di Jawa Barat, yaitu Gunung Haruman, Gunung Kaledong, Gunung Mandalawangi dan Gunung Guntur. Selain mengunjungi candi, pengunjung juga bisa menyusuri Kampung Pulo yang masih menjaga bentuk dan jumlah rumah adat di sana.



Lainnya
Pemandian Air Panas Cipanas
Berada di kawasan Tarogong (sekitar 6 kilometer dari pusat kota Garut), Pemandian Air Panas Cipanas menyuguhkan pengalaman tak terlupakan bagi wisatawan. Bukan saja bisa berendam di kolam air panas yang segar, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan pegunungan hijau yang spektakuler layaknya di Eropa. Maklum, pemandian air panas ini memang terletak di kaki Gunung Guntur. Air panas di pemandian ini dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit karena mengandung belerang dari Gunung Guntur.

Arung Jeram Sungai Cimanuk
Karakteristik Sungai Cimanuk sangat ideal untuk olahraga rafting. Sungai ini memiliki jeram-jeram cadas dengan aliran air deras sehingga sungai ini lebih cocok untuk mereka yang sudah berpengalaman. Sungai Cimanuk sendiri memiliki lebar mencapai 8 meter dan kedalaman 6 meter. Panjang rute start hingga finish berjarak sekitar 7 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2,5 jam.

Kebun Mawar Situhapa
Ingin berjalan-jalan di tengah hamparan bunga indah bagaikan di film? Jangan lupa kunjungi Kebun Mawar Situhapa di Kecamatan Samarang. Berdiri di atas lahan seluas 5 hektar, Kebun Mawar Situhapa memiliki kontur tanah berbukit-bukit yang sebagian berada pada ketinggian 1.150 meter dpl. Pengunjung bisa menyusuri zona-zona tanaman mawar yang tersebar di seluruh penjuru kebun, mulai dari zona mawar, zona azalea, zona begonia, zona cana dan lainnya. Zona mawar Damacena menempati lahan terbesar dibandingkan bunga-bunga lainnya.




Budget
Abah Otje, Domba & Sapi Bakar
Lokasi: (arah Pemandian Air Panas Cipanas)
Menu andalan: Hidangan daging domba
Range harga: Rp 35.000 – Rp 45.000 per orang (makan dan minum)
Jam operasional: 10.00 – 24.00
Catatan: Cari papan berwarna kuning dengan gambar domba dan bertuliskan “Awas Area Domba”


Menengah
Saung Liwet Pak Asep Stroberi Garut
Lokasi: Jalan Raya Nagrek No. 145 (pusat), Jl. Raya Kadungora No. 245, Leles, Garut
Menu andalan: Nasi liwet dan masakan khas Sunda
Range harga: Rp 50.000 – Rp 250.000 (menu paket)
Jam operasional: 10.00 – 22.00

Rumah Makan Cibiuk Garut
Lokasi: Jl. Otto Iskandardinata No. 321
Menu andalan: Sambal khas Cibiuk
Range harga:
Jam operasional:



Dessert
Saung Cokelat Chocodot
Lokasi: Jl. Babakan Salawi No. 25, Cipanas, Tarogong
Menu andalan: Cokelat dodol berbagai rasa


Meskipun merupakan daerah wisata, jumlah hotel di Garut masih terbatas. Namun, Anda dapat bermalam di hotel yang menyenangkan dan nyaman dengan fasilitas modern serta layanan berkualitas.

1. Oleh-oleh Wajib: Chocodot
Saat liburan ke Garut, jangan sampai lupa membeli chocodot alias cokelat dodol untuk orang-orang tercinta di rumah. Meskipun saat ini chocodot sudah banyak dijual di luar Garut, tapi membeli di tempat yang asli tentunya punya sensasi tersendiri. Toko Chocodot menawarkan beragam rasa unik mulai dari rempah-rempah, krim buah, jahe dan lainnya.

2. Cari Jaket Kulit Asli Garut Selain dodol, produk berbahan kulit juga menjadi oleh-oleh khas Garut, terutama jaket kulit. Wisatawan yang ingin berburu jaket kulit berkualitas dengan harga lebih terjangkau ketimbang di butik dan mall bisa mendatangi Sentra Industri Kulit yang terletak di Sukaregang, tak jauh dari pusat kota Garut. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai jaket kulit dengan desain dan motif yang unik dan sulit ditemukan di tempat lain.

3. Rencanakan Destinasi Wisata yang Ingin Anda Kunjungi
Garut memiliki banyak tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Karena itu, sebelum berangkat ke Garut, ada baiknya membuat itinerary untuk menentukan tempat wisata mana saja yang ingin dikunjungi. Ini untuk memudahkan Anda saat berada di Garut sekaligus menghemat ongkos transportasi karena Anda bisa menentukan rute perjalanan yang efektif.



Agar Anda tidak salah pilih!

Temukan referensi hotel-hotel terbaik di Garut dari 15 ulasan hotel dengan nila rata-rata 8.4.

Simak ulasan terbaru dari pelanggan pegipegi.com.

Ulasan Hotel di Garut Terbaru

7.0
Ramadhani Minggar H, 10-11-2016
Untuk view di resort ini saya akui bagus dengan desain bangunan yang unik. Kita bisa berkeliling danau gratis dengan perahu dayung yang disediakan pihak hotel. Hanya kebersihan di kamar masih kurang apalagi di balkon, debu2 masih banyak. Dari segi makanan standar, tapi untuk pelayanan petugas sangat ramah. Kolam renang kotor lantainya licin, mungkin belum dibersihin. Dari segi harga terlalu mahal kalau dilihat dari fasilitas kamar.
5.7
air panas
-
takkas cosmas, 30-07-2016
air panas dikamar mandinya tdk berfungsi dgn baik
Masukkan Kode Kupon Disini