Mohon Ditunggu...
  •   Jam Layanan
  •    0804 1400 777
  •    cs@pegipegi.com

Hotel Dekat Pulau Penyengat Bintan

2 Tamu
Ditampilkan 0
Maaf tidak ada hasil. Silahkan mengubah kondisi pencarian

Informasi Tentang Pulau Penyengat

Pulau Penyengat merupakan sebuah pulau kecil yang berlokasi tidak jauh dari Kota Tanjungpinang. Pulau ini terkenal dengan sejarah agama Islam Melayu dan Masjid Sultan Raya yang ikonik. Di Pulau Penyengat, Anda tak hanya bisa berkunjung ke masjid megah tersebut, namun juga berziarah ke makam tokoh dan sejarawan Raja Ali Haji yang konon adalah seorang penyair dan salah satu orang pertama yang menulis panduan bahasa Melayu pada tahun 1800-an. Tak sampai di situ, wisatawan yang datang ke pulau ini juga bisa berkunjung ke rumah adat tradisional Bintan, Riau dan mencoba mengenakan pakaian adat sambil berfoto di sana.
Alamat
Pulau Penyengat, Tanjungpinang, Kepulauan Riau
Waktu Operasional
08.00-18.00
Harga
Rp7.000*
*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Transportasi ke Pulau Penyengat


Kapal
Dari Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta, Anda bisa menggunakan kapal PELNI dengan rute Tanjung Priok-Kijang, dan turun di Pelabuhan Kijang. Lanjutkan dengan angkutan kota (angkot) jurusan Kijang-Bintan Center, lalu turun di Bintan Center. Setelah itu, Anda bisa naik angkot jurusan Bintan Center-Pelabuhan Sri Bintan Pura/Dermaga Penyengat dan lanjutkan dengan perahu menuju Pulau Penyengat.

Hal Menarik di Pulau Penyengat


Spot Menarik

Masjid Sultan Raya
Menjadi ikon dari Pulau Penyengat, Masjid Sultan Raya merupakan sebuah tempat ibadah dengan desain yang cukup megah berwarna hijau dan kuning. Juga dikenal dengan nama Masjid Raya Sultan Riau, konon masjid ini dibangun menggunakan putih telur, sehingga membuat bangunan masjid masih kokoh berdiri hingga saat ini. Di masjid ini, Anda bisa melihat langsung Al Quran dengan tulisan tangan asli yang dibuat pada tahun 1867 oleh Abdurrahman Stambul, seorang penduduk asli Pulau Penyengat. Masjid ini hanya berjarak sekitar 3 menit berkendara dari pusat Pulau Penyengat.

Kegiatan Menarik

Wisata Sejarah
Berkunjung ke Pulau Penyengat, Anda akan diajak untuk berkeliling pulau sambil mempelajari sejarah dan budaya yang ada di sana. Selain Masjid Sultan Raya yang terbuka untuk siapa saja, terdapat pula kompleks makam yang di dalamnya terdapat makam seorang penyair terkenal sekaligus sejarawan ternama, Raja Ali Haji dan makam keluarganya, serta tokoh-tokoh lainnya. Lokasi menarik lainnya adalah Balai Adat, yakni rumah tradisional yang terbuat dari kayu di mana Anda bisa menyewa pakaian tradisional dan berfoto di dalamnya. Terakhir, Anda bisa berkeliling pulau dengan perahu yang juga akan membawa Anda ke Senggarang.

Tips Berkunjung ke Pulau Penyengat


Siapkan Fisik & Kenakan Sunblock
Karena cuaca di Pulau Penyengat cenderung panas, pastikan Anda telah menyiapkan fisik yang prima untuk berkeliling pulau. Selain itu, Anda juga wajib mengenakan sunblock ke seluruh tubuh dan mengulanginya setiap 2-3 jam sekali, agar kulit Anda dapat terlindungi dari paparan sinar matahari yang dapat membuat kulit Anda kering, rusak, atau terbakar.