Mohon Ditunggu...
  •   Jam Layanan
  •    0804 1400 777
  •    cs@pegipegi.com

Hotel Dekat Kawah Sikidang Banjarnegara

2 Tamu
Ditampilkan 1 - 1

Homestay Sikunir

Batur, Banjarnegara Tampilkan Peta
2.1 km dari Kawah Sikidang
5.1

Homestay di sikunir menghadirkan kenyamanan menginap saat anda dan keluarga mengunjungi kota Banjarnegara-Wonosobo karena letaknya sangat strategis dekat dengan wisata Dieng serta memberikan pengalaman liburan yang unik bagi setiap wisatawan. Lingkungan yang aman, bersih, dan ramah menambah daya tarik penginapan ini sering dikunjungi para wisatawan.

Member Deals
Reward 1200 Poin
Rp 1.500.000
per kamar, per malam
Harga termasuk pajak
Harga sebelum pajak
Pajak
Rp 1.239.669
Rp 260.331
Total
Rp 1.500.000

Informasi Tentang Kawah Sikidang

Menawarkan keindahan alam dengan kawah vulkanik aktif, Kawah Sikidang berlokasi di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Kawah ini menyimpan legenda Ratu Dewi Shinta yang karena kecantikannya membuat banyak laki-laki ingin menikahinya, termasuk Raja Kidang Garungan yang mendapatkan syarat dari ratu untuk membangun sumur yang sangat dalam jika ingin mempersuntingnya. Namun sayangnya sang ratu berkhianat dan menyuruh prajuritnya untuk mengubur raja di dalam sumur tersebut. Karena marah, sang raja dengan kesaktiannya pun memberontak yang membuat kawasan di sekitar sumur berguncang dan mengeluarkan air panas, sehingga jadilah kawah ini. Kawah Sikidang juga memiliki fenomena unik di mana kolam kawah bisa berpindah-pindah dan biasanya terjadi setiap empat tahun sekali.
Alamat
Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456
Waktu Operasional
07.00-17.00
Harga
Rp10.000*
*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Transportasi ke Kawah Sikidang


Trans Jogja
Dari Universitas Gajah Mada, Anda bisa berjalan kaki selama sekitar 7 menit ke Halte Katamso 1 (Purawisata), kemudian naik bus Trans Jogja Koridor 2A jurusan Terminal Condong Catur, dan turun di Halte Kol. Sugiono 1 (Pujokusuman). Lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama sekitar 5 menit untuk sampai di Kawah Sikidang.

Hal Menarik di Kawah Sikidang


Spot Menarik

Telaga Warna
Berlokasi tak jauh dari Kawah Sikidang, Telaga Warna merupakan salah satu spot wisata populer yang juga wajib Anda kunjungi. Sesuai dengan namanya, air di dalam telaga ini bisa berubah menjadi warna hijau, kuning, dan pelangi. Hal ini dikarenakan telaga ini memiliki kandungan sulfur yang cukup banyak, sehingga ketika tersorot sinar matahari, air danau akan berubah warna. Tak sampai di situ saja, telaga ini juga dikelilingi oleh bukit-bukit yang indah, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan pendakian ataupun hanya bersantai sambil menikmati suasana di sekitar danau dan bukit. Untuk mencapai Telaga Warna, Anda hanya perlu berkendara sekitar 7 menit dari Kawah Sikidang.

Kegiatan Menarik

Rekreasi
Sebagai salah satu objek wisata unggulan di Dieng, Kawah Sikidang menawarkan pesona kawah vulkanik yang masih aktif. Kawah ini juga memiliki keunikannya tersendiri, di mana kolam kawahnya bisa berpindah tempat setiap empat tahun sekali. Hal inilah yang membuat kawah ini diberi nama Sikidang (si kijang), karena sering berpindah diidentikkan dengan sifat kijang. Biasanya, wisatawan yang datang ke kawah ini kerap berfoto dengan latar pemandangan perbukitan plus asap putihnya yang eksotis. Selain itu, Anda juga bisa membeli batu belerang yang dijual di sekitar kawah. Kabarnya, jika Anda mandi dengan air endapan belerang bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan menghilangkan pegal-pegal.

Tips Berkunjung ke Kawah Sikidang


Perhatikan Waktu Berkunjung
Jika ingin berwisata ke Kawah Sikidang, Anda disarankan untuk datang di pagi atau sore hari. Hal ini bertujuan agar momen liburan Anda terasa lebih nyaman. Biasanya, saat siang hari, panas matahari akan terasa sangat terik karena di sekitar lokasi kawah ini tidak terdapat pepohonan.