Mohon Ditunggu...
  •   Jam Layanan
  •    0804 1400 777
  •    cs@pegipegi.com

Hotel Dekat Dataran Tinggi Dieng Banjarnegara

2 Tamu
Ditampilkan 1 - 2

Homestay Candika Dieng

Batur, Banjarnegara Tampilkan Peta
1.2 km dari Dataran Tinggi Dieng
Free Wifi
8.0 Sangat Baik (1)

Homestay Candika Dieng sebuah hunian yang berlokasi di Banjarnegara Jawa Tengah. Suasana ruangan yang bersih dan nyaman, cocok bagi Anda yang akan berlibur atau mengadakan kunjungan bisnis. Lokasi yang strategis sehingga mudah untuk diakses, dan harga yang terjangkau bisa menjadi pilihan akomodasi perjalanan Anda.

Member Deals
Reward 346 Poin
35% Rp 665.500
Rp 433.437
per kamar, per malam
Harga termasuk pajak
Harga sebelum pajak
Pajak
Rp 358.212
Rp 75.225
Total
Rp 433.437

Homestay Sikunir

Batur, Banjarnegara Tampilkan Peta
1.2 km dari Dataran Tinggi Dieng
5.1

Homestay di sikunir menghadirkan kenyamanan menginap saat anda dan keluarga mengunjungi kota Banjarnegara-Wonosobo karena letaknya sangat strategis dekat dengan wisata Dieng serta memberikan pengalaman liburan yang unik bagi setiap wisatawan. Lingkungan yang aman, bersih, dan ramah menambah daya tarik penginapan ini sering dikunjungi para wisatawan.

Member Deals
Reward 600 Poin
17% Rp 907.500
Rp 750.000
per kamar, per malam
Harga termasuk pajak
Harga sebelum pajak
Pajak
Rp 619.835
Rp 130.165
Total
Rp 750.000

Informasi Tentang Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau merupakan kawasan wisata yang terletak di Kabupaten Wonosobo. Dataran ini termasuk area vulkanik yang masih aktif. Lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut membuat Dataran Tinggi Dieng memiliki udara yang sejuk cenderung dingin. Pada siang hari, suhu terdingin di kawasan ini mencapai 12°C, sedangkan malam hari mencapai 6°C. Nama Dieng sendiri berasal dari bahasa Kawi, yakni 'di' yang berarti tempat dan 'Hyang' yang berarti dewa. Sehingga, Dieng dapat diartikan sebagai tempat para dewa bersemayam. Berbagai wisata Dieng dan objek wisata alam dapat Anda temukan di sini, seperti kawah, telaga, gua, hingga kompleks candi bersejarah.
Alamat
Bakal Buntu, Bakal, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah
Kontak
-
Waktu Operasional
-
Harga
Terdapat perbedaan harga tiket masuk pada masing-masing objek wisata

Transportasi ke Dataran Tinggi Dieng


Kereta Api
Perjalanan menuju Dataran Tinggi Dieng dapat ditempuh dengan kereta api. Naik kereta dengan rute menuju Kota Purwokerto, dan lanjutkan perjalanan menggunakan bus rute Purwokerto-Wonosobo. Dari Kabupaten Wonosobo, Anda dapat menaiki angkutan kota menuju Terminal Dieng.

Bus Umum
Selain menaiki kereta api, terdapat pilihan transportasi lain yakni bus umum. Anda dapat menaiki bus menuju Kabupaten Wonosobo. Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan menaiki angkutan kota menuju Terminal Dieng.

Hal Menarik di Dataran Tinggi Dieng


Spot Menarik

Telaga di Dieng
Dataran Tinggi Dieng memiliki banyak telaga indah yang wajib Anda kunjungi. Beberapa telaga yang populer di kalangan wisatawan adalah Telaga Warna dengan keunikan berupa warna airnya yang suka berubah-ubah, Telaga Pengilon dengan airnya yang jernih, serta Telaga Merdada dengan areanya yang paling luas. Masing-masing telaga di Dieng ini tentu akan memanjakan mata Anda dengan panorama alamnya.

Kawah di Dieng
Selain telaga, wisata di Dieng yang tak boleh dilewatkan adalah beberapa kawah alaminya. Salah satu yang populer adalah Kawah Sikidang yang hingga saat ini masih aktif mengeluarkan belerang panas. Ada pula Kawah Sileri yang merupakan kawah terbesar di Dataran Tinggi Dieng. Terlepas dari panorama alamnya yang indah, Anda wajib berhati-hati selama berada di kawah-kawah tersebut karena airnya yang panas akibat aktivitas belerang. Ikuti peraturan yang ada di setiap wilayah kawah dan Anda tidak diperkenankan melewati pagar pembatas.

Kompleks Candi
Dataran Tinggi Dieng juga menyimpan wisata sejarah melalui beberapa kompleks candi yang diperkirakan dibangun pada abad ke-8. Dengan adanya bukti sejarah ini, para arkeolog menyimpulkan bahwa Dataran Tinggi Dieng merupakan pusat penyebaran agama Hindu yang pertama di Pulau Jawa, serta tempat lahirnya Dinasti Syailendra. Karena itu, jangan lewatkan untuk melihat langsung kompleks Candi Arjuna, Candi Gatotkaca, Candi Bima, Candi Nakula-Sadewa, Candi Dwarawati, dan masih banyak lainnya.

Kegiatan Menarik

Wisata Alam
Karena keindahan panorama alamnya serta udaranya yang sejuk, Dataran Tinggi Dieng mampu menarik para wisatawan domestik hingga mancanegara untuk menikmatinya. Kawasan Dieng terletak di dataran tinggi sehingga menghasilkan kabut tipis yang menyelimuti perbukitan. Karena itu, Dieng juga dikenal dengan sebutan 'Negeri di Atas Awan'. Pemandangan yang menyejukkan ini seakan-akan dapat menjernihkan pikiran Anda dari aktivitas sehari-hari. Belum lagi perkebunan hijau milik warga setempat yang menambah keasrian pemandangan di Dataran Tinggi Dieng.

Tips Berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng


Persiapkan Baju Hangat
Mengingat udara di Dataran Tinggi Dieng cukup dingin, jangan lupa untuk bekali perjalanan Anda dengan jaket atau baju hangat. Anda juga disarankan untuk membawa jaket tahan air dan angin karena udara Dieng juga sering mengembun akibat suhu dingin.