Mohon Ditunggu...
  • Jam Layanan : 07.00 - 24.00
    Sabtu, Minggu & Hari Libur 24 Jam
  • (021) 3000 7777
    (021) 4040 7777
  • cs@pegipegi.com
  • 59B3C86C

Hostel Murah di Dekat Pusat Kota Banjarmasin

Maaf tidak ada hasil. Silahkan mengubah kondisi pencarian
Wisatawan dapat memilih beberapa moda transportasi untuk menuju ke Banjarmasin:

Pesawat
Pesawat atau transportasi udara adalah salah satu cara untuk para wisatawan mencapai Banjarmasin yang dilayani oleh Bandara Internasional Syamsudin Noor.

 Bandara
Bandara Internasional Syamsudin Noor terletak di Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru, Kalimantan Selatan atau 25 km dari pusat Kota. Memiliki luas area 257 hektare dan terbagi atas 2 lantai yang dilengkapi dengan 20 counter untuk check-in, fasilitas Trolley, Toilet, Mushola, Smoking Area, Parkir dengan kapasitas 250 Mobil dan 400 Parkir Motor, ATM, cafe & lounge, Spa & massage dan factory outlet bagi para pengguna bandara. Pada tahun 2012 Bandara Internasional Syamsudin Noor melakukan renovasi di lahan 102 hektare yang masih di renovasi hingga sekarang.

 Pajak Bandara
Penumpang dari Bandara Husein sastranegara akan dikenai pajak atau biaya Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) sebesar Rp 25.000 (pajak domestik), Rp 75.000-Rp 100.000 (pajak internasional)

 Pesawat yang beroperasi
Bandara Internasional Syamsudin Noor merupakan salah satu bandara dengan perkembangan yang pesat, namun karena kapasitasnya yang masih tergolong bandara kecil maka tidak semua maskapai internasional beroprasi di Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Berikut adalah maskapai yang beroperasi di Bandara Internasional Syamsudin Noor

Air Born (Internasional)
Airfast Indonesia (Domestik)
Aviastrar Indonesia (Domestik)
Citilink (Domestik)
Garuda Indonesia (Domestik-Internasional)
Johnlin Air Transport (Domestik)
Kal Star Aviation (Domestik)
Lion Air (Internasional)
Merpati Nusantara Airlines (Domestik)
Sriwijaya Air (Domestik)
Susi Air (Domestik)
Trigana Air Service (Domestik)
Wings Air (Domestik)

 Visa
Bandara Internasional Syamsudin Noor tidak melayani penerbangan dari luar negara-negara ASEAN. Penerbangan Internasional hanya melayani dari Negara-negara terdekat, seperti Malaysia dan Singapore yang notabene tidak membutuhkan visa.

Kapal
Opsi lain bagi anda yang ingin bewisata menju Banjarmasin adalah dengan menggunakan jalur laut. Banjarmasin memiliki pelabuhan trisakti yang merupakan pelabuhan terbesar dan tersibuk di Kalimantan. Kapal dari dermaga di Pasar Baru bepergian dua kali seminggu ke Negara (tiket sebesar Rp 20,000, dengan lama perjalanan12 jam) dan harian ke Marabahan (tiket sebesar Rp 10,000, dengan lama perjalanan 4 jam).

Bus
Bagi wisatawan dalam negeri yang ingin melakukan perjalanan ke Banjarmasin, ada opsi lain yaitu dengan menggunakan jalur darat salah satunya dengan memanfaatkan transportasi bus. Banjarmasin memiliki terminal yang bernama pal 6, yang terletak di Jl. Pramuka Km. 6, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Beberapa bus yang sering berangkat dari Pal 6 terminal untuk Martapura (tiket sebesar Rp 16,000, dengan lama perjalanan 30 menit).

Banjarbaru (tiket sebesar Rp 16,000, dengan lama perjalanan 45 menit)
Kandangan (tiket sebesar Rp 23,000,dengan lama perjalanan 3 jam)
Negara (tiket sebesar Rp 35,000, dengan lama perjalanan 4 jam)
Balikpapan (tiket sebesar Rp 75,000, dengan lama perjalanan 15 jam)
Samarinda (tiket sebesar Rp 90,000, dengan lama perjalanan 17 jam).

Jika Anda memilih perjalanan pada malam hari, Anda dapat memilih bus AC yang lebih nyaman untuk Balikpapan (tiket sebesar Rp110.000) dan Samarinda (tiket sebesar Rp 135.000).



Sejak dulu, Banjarmasin masih menjadi kota niaga dan bandar pelabuhan terpenting di Pulau Kalimantan. Banjarmasin serta 4 daerah kabupaten/kota satelitnya merupakan salah satu Kawasan Strategis Provinsi. Keempat kabupaten atau kota satelit Banjarmasin tersebut adalah Banjarbaru, Banjar, Barito Kuala dan Tanah Laut. Kawasan ini akan dijadikan kota metropolitan generasi ketiga yang dinamakan Banjar Bakula.



Taksi
Jika Anda menggunakan Taksi bandara di Bandara Syamsudin Noor, taksi tidak menggunakan argo tetapi berdasarkan kesepakatan harga antar wilayah. Jika Anda menggunakan taksi dari bandara ke pusat kota Banjarmasin, biaya yang harus Anda keluarkan kurang lebih Rp 120.000.

Angkot
Anda juga dapat menggunakan angkutan umum yang tersedia di luar bandara, dikenal dengan sebutan angkot. Namun masyarakat Kalimantan Selatan menyebutnya dengan 'taksi' atau 'taksi kuning' karena umumnya berwarna dasar kuning.Tarif biasa berkisar antara Rp 4.000 – Rp 6.000. Bagi Anda yang baru mendatangi Banjarmasin, angkot di Banjarmasin banyak yang tidak mencantumkan informasi trayek, dan untuk informasi jelasnya, Anda harus bertanya dengan warga sekitar, atau dinas perhubungan yang berada di terminal.

Lainnya
Banyak Ojek yang terdapat di Banjarmasin yang siap mengantar Anda sampai ke tujuan. Sedikit tips, Anda harus berani menawar, karena biasanya supir ojek memberikan harga yang tinggi.



Alam
Loksado
Loksado adalah sebuah kecamatan di kabupaten Hulu Sungai Selatan. Berjarak 3 jam perjalanan dari pusat kota Banjarmasin, Loksado terletak di Pegunungan meratus yang juga merupakan tempat wisata dan atraksi budaya masyarakat Dayak Bukit. Objek wisata di kawasan Loksado yang sering dikunjungi wisatawan adalah bamboo rafting dan air terjun. Beberapa Air Terjun yang ada di Loksado adalah Air Terjun Haratai, Air Terjun Riam Hanai, Air Terjun Kilat Api, Air Terjun Rampah Menjangan, Air Terjun Rampah Lambin, Air Terjun Rampah Jelatang, Air Terjun Pemandian Anggang, dan Air Terjun Tinggiran.

Pulau Kembang
Berada di tengah sungai Barito, tempat wisata ini menjadi salah satu habitat monyet dan beberapa jenis burung. Berjarak sekitar 1,5 km dari pusat kota Banjarmasin, banyak hal menarik yang dapat Anda temui di pulau kecil ini, seperti ada kuil dan altar dengan arca Hanoman untuk persembahan yang biasa digunakan oleh warga Tionghoa. Untuk dapat berkunjung ke Pulau dan menikmati wisata ini, Anda harus membayar sebesar Rp 5.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 25.000 untuk wisatawan mancanegara.

Budaya/Sejarah
Kampung Sasirangan
Di Kampung Sasirangan, Anda bisa menemukan batik sasirangan yang merupakan batik khas Banjarmasin. Tempat wisata belanja ini ada di Jalan Seberang Masjid, Kampung Melayu. Selain membeli, Anda juga bisa melihat proses pembuatannya di sini. Batik sasirangan ini memiliki ciri berwarna cerah. Anda bisa membeli yang masih berbentuk kain atau yang sudah jadi seperti pakaian, selendang, sprei dan taplak meja.

Wisata religi
Masjid Sultan Suriansyah
Berada di Kelurahan Kuin Utara, Banjarmasin, Masjid Sultan Suriansyah dibangun antara tahun 1526 – 1550. Masjid ini merupakan masjid tertua di Banjarmasin. Seperti bangunan khas Banjarmasin lainnya, Masjid Sultan Suriansyah berbentuk rumah panggung dengan ukiran khas Kalimantan Selatan dan atap tumpang. Beberapa bagian dari masjid terlihat mirip dengan Masjid Agung Demak terutama di bagian atapnya yang berundak dan mengerucut ke atas. Hal ini dimungkinkan karena hubungan kedua kesultanan pada zaman dahulu.Yang unik dari masjid ini adalah tempat imam salat memiliki atap sendiri yang terpisah dari atap bangunan utama.

Masjid Sabilal Muhtadin
Terletak di tepi Barat Sungai Martapura, Banjarmasin, Masjid Sabilal Muhtadin disebut sebagai masjid terbesar di Banjarmasin. Masjid dengan lima buah menara ini mampu menampung sebanyak 15.000 orang jamaah. Namanya diambil dari nama kitab yang ditulis oleh Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjary yang merupakan ulama besar di Kalimantan Selatan. Masjid yang dibangun pada tahun 1981 ini menjadi salah satu tempat wisata religi yang banyak dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun dari luar kota.

Museum
Museum Wasaka
Jika Anda menyukai situs sejarah, maka Musem Wasaka dapat Anda masukan kedalam daftar tujuan wisata Anda di Banjarmasin. Museum Wasaka yang merupakan singkatan dari Waja Sampai Kaputing ini berada di Jalan H. Andir, Kampung Kenang Ulu, Banjarmasin Utara. Bergaya bangunan tradisional Banjarmasin, di dalamnya terdapat berbagai koleksi benda perjuangan pada zaman Belanda yang di rampas. Hal lain yang menarik adalah teks proklamasi yang dibuat pada tanggal 17 Mei 1949. Oleh karena Kalimantan tidak masuk dalam wilayah NKRI pada zaman itu, maka rakyat Kalimantan berjuang untuk menjadi bagian dari NKRI dan berhasil menyatakan kemerdekaannya 4 tahun setelah Bung Karno membacakan teks proklamasi.

Lainnya
Pasar Intan Martapura
Terletak di Jalan Ahmad Yani, Martapura, atau sekitar 45 km dari pusat kota Banjarmasin. Pasar ini menjadi tempat wisata yang tepat bagi penggemar batu permata di Banjarmasin. Martapura dikenal sebagai kota dengan hasil tambang batu permata terbesar di Indonesia. Memiliki kualitas yang baik, Pasar Intan Martapura ini sering didatangi pengunjuk baik wisatwan domestik maupun mancanegara.

Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura
Jika ingin menikmati kuliner khas Banjarmasin di satu tempat, Anda bisa datang ke pusat kuliner Banjarmasin yang berada di Jalan Pos yang menghubungkan antara Jalan Sudirman dan Jalan Hasanudin.Di jalan sepanjang 300 meter ini, terdapat sekitar 52 kios makanan yang menjual aneka kuliner khas Banjarmasin seperti laksa, nasi kuning, soto Banjar dan lupis. Selain itu, ada nasi goreng sebagai hidangan nasional dan juga kuliner dari daerah lain seperti masakan Padang dan Palembang.

Pasar Terapung
Merupakan salah satu tujuan wisata unik di Banjarmasin yang harus Anda kunjungi. Pasar terapung menjadi ciri khas kota Banjarmasin karena transaksi jual-beli yang biasa Anda temui di pasar tradisional berada di atas perahu yang mengapung di sungai. Salah satu pasar terapung yang populer adalah yang ada di muara Sungai Barito, tepatnya di Kelurahan Kuin Utara, Banjarmasin. Diperkirakan sudah ada sejak 400 tahun lalu, barang yang dijual pun beragam mulai dari hasil kebun, makanan, hingga pakaian. Bagi wisatawan yang ingin datang ke pasar ini, Anda harus datang jam 05.00-07.00 karena hanya buka pada pagi hari.

Taman Siring Sungai Martapura
Tempat wisata Banjarmasin yang mengandalkan sungai lainnya adalah Taman Siring Sungai Martapura. Berada di Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Kapten Tendean, Taman ini berada di tepian sungai, dan bagi Anda yang menyukai jalan sore, taman ini cocok untuk Anda datangi karena banyak aktifitas menarik yang dapat Anda lakukan di taman ini. Memancing dan bergabung dengan komunitas skateboard dapat menjadi pilihan. Jika Anda menyukai duduk santai, Anda dapat menikmati sajian kuliner yang tersaji di warung dan cafe yang berada di pinggir taman.

Taman maskot
Sesuai dengan namanya, merupakan taman yang memiliki maskot kota Banjarmasin yaitu Bekantan dan pohon Kasutri. Terletak di pusat kota Banjarmasin, tepatnya di Jalan H. Djok Mentaya. Taman ini ilengkapi dengan bangku-bangku taman, Mushola, area bermain anak, dan warung makan, taman ini sangat pas bagi Anda yang menyukai wisata santai dan jalan sore.



Budget
1. Lontong Orari
Lokasi: Kampung Melayu, Jl. Sebrang Mesjid, Banjarmasin
Menu andalan: lontong khas Banjar
Jam operasional: 10.00-04.00
Range Harga: Rp 15.000-Rp 50.000

2. Soto Banjar Bang Amat
Lokasi: Jl. Benua Anyar RT.4 No.13, Banjarmasin
Menu andalan: Soto Banjar
Jam operasional: 07.30 – 17.00
Range Harga: Rp 15.000-Rp 40.000

3. Liwi’s Kitchen
Lokasi: Jl. Sultan Adam No. 10, Banjarmasin
Menu andalan: pizza & pasta with patatas beef sauce
Jam operasional: 17.00 – 24.00
Range Harga: Rp 10.000-Rp 75.000

4. The Jack Café
Lokasi: Jl. Sutoyo S. No 2 RT 28, Banjarmasin
Menu andalan: chicken Gordon bleu
Jam operasional: 18.00 – 24.00
Range Harga: Rp 10.000-Rp 75.000

5. WONGSOLO
Lokasi: Jl. Tarakan, Banjarmasin (dekat mesjid Sabilal Muhtadin)
Menu andalan: ayam bakar
Jam operasional: 10.00-22.00
Range Harga: Rp 10.000-Rp 50.000

6. ITIK PANGGANG
Lokasi: Jl Jati. Pekapuran/ Pangeran Antasari, Banjarmasin
Menu andalan: itik panggang
Jam operasional: 10.00-22.00
Range Harga: Rp 10.000-Rp 30.000

7. Nasi Pecel Nyandang Roso
Lokasi: Jl Jati. Pekapuran/ Pangeran Antasari, Banjarmasin
Menu andalan: itik panggang
Jam operasional: 10.00-22.00
Range Harga: Rp 10.000-Rp 30.000

8. Nasi Uduk Bumbu Betawi
Lokasi: Jl. Zafri Zam-Zam, Banjarmasin (dekat RS Suaka)
Menu andalan: nasi uduk
Jam operasional: 10.00 -
Range Harga: Rp 10.000-Rp 20.000

9. Rumah Makan Bunda
Lokasi: Jl. Zafri Zam-Zam, Banjarmasin (dekat RS Suaka)
Menu andalan: nasi uduk
Jam operasional: 10.00 – 20.00
Range Harga: Rp 10.000-Rp 20.000

10. Lalapan Mama Haji
Lokasi: Jl Tarakan, Banjarmasin
Menu andalan: ayam, burung dara, bebek yang digoreng
Jam operasional: 10.00 – 22.00
Range Harga: Rp 10.000-Rp 20.000

11. Rumah Makan Pondok Bahari Lokasi: Jl. Simpang Kapten Piere Tendean No. 108 RT 40, Banjarmasin
Menu andalan: Ketupat kandangan
Jam operasional: 24 jam
Range Harga: Rp 10.000-Rp 50.000

12. NASI KUNING RAHMAT
Lokasi: Jl. Andalas Pasar Lama, Banjarmasin
Menu andalan: Nasi Kuning
Jam operasional: 10.00
Range Harga: Rp 10.000-Rp 30.000

Menengah
Ben Thalib
Lokasi: Jalan S. Parman No. 1
Menu andalan: Nasi goreng kambing
Jam operasional: 10.00-22.00
Range Harga: Rp 10.000-Rp 75.000

Pondok Wisata Tambak Yudha
Lokasi: Jl. A.Yani km. 5 komp. Dharma Praja
Menu andalan: ikan nila dan ikan patin
Jam operasional: 09.00-23.00
Range Harga: Rp 10.000-Rp 100.000

Mewah
1. Ben Thalib
Lokasi: Jalan S. Parman No. 1, Banjarmasin
Menu andalan: nasi goreng kambing
Jam operasional: 10.00-22.00
Range Harga: Rp 10.000-Rp 75.000

2. Pondok Wisata Tambak Yudha
Lokasi: Jl. A.Yani km. 5 komp. Dharma Praja, Banjarmasin
Menu andalan: ikan nila dan ikan patin
Jam operasional: 09.00-23.00
Range Harga: Rp 10.000-Rp 100.000

3. Capung Cafe & Resto
Lokasi: Jl. S. Parman No.17, Banjarmasin
Menu andalan: European menu
Jam opeerasional: Senin – Jumat: 10.00 – 22.00, Sabtu 10.00 – 23.00 dan Minggu 14.00 – 22.00
Range Harga: Rp 20.000 -Rp 150.000

Cafe & Pastry
1. Coffee Toffee!
Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean No. 25, Banjarmasin
Jam oprasional: 10.00- 22.00
Range Harga: 13.000 – Rp 28.000

2. Titon’s Coffee
Lokasi: Jl. Kampung Melayu, Banjarmasin
Jam operasional: 17.00-24.00
Range Harga: Rp 5.000 – Rp 30.000

3. Kopi SOB
Lokasi: Jl. Kampung Melayu, Banjarmasin
Jam operasional: 19.30- 00.30
Range Harga: Rp 10.000 – Rp 30.000

4. Papillon Coffee
Lokasi: Jl. Flamboyan 2 no. 44, Banjarmasin
Jam operasional: 09.00 - 00.00
Range Harga: Rp 10.000 – Rp 30.000

Dessert
1. Es Pisang Ijo Makassar
Lokasi: Jl. Ahmad Yani Raya KM. 3,Banjarmasin
Range harga: dibawah Rp 30.000
Jam operasional: 10:00 - 22:00

2. Es Krim Hula-Hula
Lokasi: Jl. Panglima Batur Banjarbaru, Banjarmasin
Range harga: dibawah Rp 20.000
Jam Operasional: 10.00-22.00

3. Umaay Café
Lokasi: Jalan Hasan Basry, Komplek Kejaksaan RT 16. No116, Banjarmasin Utara
Range harga: Rp 10.000-Rp 30.000
Jam Operasional: 10.00-22.00



Budget
Ada banyak pilihan hotel murah di Banjarmasin untuk para backpacker atau wisatawan yang hanya datang untuk transit. Tidak perlu khawatir, sebagian besar hotel murah ini tetap dilengkapi fasilitas dan pelayanan yang memuaskan.

Menengah
Wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dapat memilih hotel bintang dua dan hotel bintang tiga di Banjarmasin. Umumya hotel-hotel ini menawarkan kamar mandi dalam dan perlengkapan mandi di setiap kamarnya.

Mewah
Terdapat banyak pilihan hotel bintang 4 dan hotel bintang 5 di Banjarmasin untuk wisatawan yang menginginkan kesempurnaan dalam fasilitas dan layanan. Ranjang premium, sarapan kreasi chef serta beragam fasilitas pendukung lainnya dapat Anda temui pada hotel-hotel mewah ini.

1. Cek Rute Jalanan
Pastikan Anda mengetahui tujuan dan jalan menuju tempat wisata yang ingin Anda kunjungi agar tidak tersasar dan tertipu oleh supir taksi yang nakal. Bawa map atau GPS jika memang diperlukan untuk mencari alamat atau tempat wisata.

2. Nikmati Kuliner Khas
Memiliki banyak makanan khas, jika Anda merupakan pecinta kuliner, sempatkan untuk mencicipi laksa, soto banjar dan ketupat kandangan, Anda dapat menjumpai masakan khas Banjarmasin tersebut dengan mendatangi pusat kuliner yang berada di tepi sungai Martapura.

3. Membuat list tempat wisata
Banjarmasin memiliki macam-macam pilihan obyek wisata yang beragam mulai dari sungai hingga perbelanjaan. Bagi para wisatawan yang ingin bepergian ke Banjarmasin, buatlah perencanaan dan tulislah keperluan Anda selama bepergian agar Anda tidak kebingungan menentukan tujuan berlibur.

Masukkan Kode Kupon Disini