Mohon Ditunggu...
  • Jam Layanan : 07.00 - 24.00
    Sabtu, Minggu & Hari Libur 24 Jam
  • (021) 3000 7777
    (021) 4040 7777
  • cs@pegipegi.com
  • 59B3C86C

Hotel Dekat Elephant Cave

Maaf tidak ada hasil. Silahkan mengubah kondisi pencarian

Tentang Goa Gajah

Goa Gajah merupakan situs arkeologis yang diperkirakan telah ada sejak abad ke-11. Goa ini dibangun sebagai tempat ibadah dan juga tempat spiritual untuk meditasi. Penemuan Goa Gajah sebelumnya melalui proses penelitian dan penggalian pada tahun 1954-1979. Penggalian ini dilakukan berdasarkan laporan dari seorang pejabat Hindia Belanda yang menemukan beberapa arca pada tahun 1923. Setelah digali, ditemukanlah Goa Gajah dengan berbagai patung dan arca di dalamnya. Di antaranya ada 6 patung wanita dengan pancuran air. Masyarakat percaya patung ini bisa memberikan penyucian aura bagi pengunjungnya.
Alamat
Desa Bedulu, Jalan Raya Goa Gajah, Blahbatuh, Gianyar
Waktu Operasional
08.00-16.00
Harga
Tiket masuk: Rp15.000/orang
Parkir: Rp5.000

Ada Apa di Goa Gajah ?

Transportasi ke Goa Gajah

Kendaraan Pribadi
Karena tidak tersedia transportasi umum yang melewati kawasan Goa Gajah, Anda bisa menyewa kendaraan seperti mobil atau motor di Bali. Berjarak sekitar 26 km dari Kota Denpasar, Anda bisa menuju ke arah timur dari Ubud, tepatnya ke Jalan Raya Goa Gajah di Desa Bedulu. Terletak di pinggir jalan raya, tidak akan sulit untuk menemukan kawasan ini.

Hal Menarik di Goa Gajah

Pusat Kegiatan Agama Hindu
Berdasarkan penelitian, Goa Gajah menjadi pusat kegiatan agama Buddha dan Hindu pada abad ke-10 hingga ke-14. Terlihat dari peninggalan-peninggalan yang ada di area goa. Kini, Goa Gajah berfungsi sebagai pura tempat kegiatan keagamaan. Masyarakat juga menyebut Goa Gajah sebagai Pura Goa.

Relief di Mulut Goa
Menurut data arkeologi yang ditemukan di Goa Gajah, situs ini sebenarnya bernama Antakunjarapada yang jika diartikan kata ‘kunjara’ berarti gajah. Anda bisa melihat relief besar yang dipahat di mulut goa yang berukuran lebar satu meter dan tinggi dua meter. Relief ini terlihat menyeramkan sekaligus mengagumkan. Dengan gambar berupa wajah raksasa dengan mata bulat, hidung besar, dan gigi atas yang berada tepat di atas lobang goa.

Spot Menarik

Kolam Pemandian
Di Goa Gajah juga terdapat kolam pemandian yang dahulu digunakan sebagai kolam pemandian sakral. Di kolam ini terdapat arca Widyadara dan Widyadhari. Arca Widyadara berada di tengah-tengah enam arca Widyadhari yang merupakan arca bidadari dengan pancuran. Arca ini berdiri di atas Padma atau lapik teratai yang merupakan simbol alam semesta stana Hyang Widhi.

Area Tukad Pangkung
Area Tukad Pangkung merupakan area di sebelah selatan Goa Gajah. Area ini berbentuk lembah Pura Patapan dengan stupa Buddha dalam sikap Dhyani Buddha Amitabha bersusun 13 stupa dan stupa yang bercabang tiga dipahat di batu bbesar. Area Tukad Pangkung merupakan salah satu area utama Goa Gajah.

Kegiatan Menarik

Menyusuri Situs Bersejarah
Dengan memasuki area Goa Gajah, Anda bisa melihat kawasan yang dahulu sempat terkubur sebelum ditemukan lagi oleh pejabat Hindia Belanda. Anda bisa melihat-lihat berbagai patung dan arca yang masih asli di mana umurnya sudah sekitar 10 abad.

Tips Berkunjung ke Goa Gajah

Gunakan Pakaian Khusus
Untuk memasuki area Goa Gajah, Anda diharuskan memakai sarung khas Bali lengkap dengan ikatannya. Bila Anda ingin membeli, tersedia kios-kios yang menjualnya di area parkir. Jika tidak, Anda juga bisa meminjamnya. Perlu diketahui juga ada aturan Goa Gajah untuk para wanita yang sedang dalam keadaan haid tidak boleh memasuki area Goa Gajah.

Masukkan Kode Kupon Disini