galungan dan kuningan bali

Galungan & Kuningan 2013

Hai traveler, tahukah kamu bahwa selain hari raya Nyepi umat Hindu di Pulau Bali juga memiliki hari raya yang tak kalah penting untuk dirayakan. Hari raya tersebut adalah Galungan yang dirayakan setiap enam bulan kalender Bali atau setiap 210 hari sekali (menurut kalender Bali, dalam satu bulan terdapat 35 hari).

Secara bahasa, kata Galungan berasal dari bahasa Jawa Kuno yang memiliki arti "menang" atau "bertarung". Makna perayaan Galungan sendiri adalah suatu perayaan kemenangan Dharma (kebaikan) atas Adharma (kejahatan), atau dengan kata lain merupakan ungkapan kegembiraan dan kemenangan atas hal-hal buruk dalam diri manusia. Hari raya Galungan ditandai dengan pemasangan penjor di sepanjang jalan kampung. Penjor adalah bambu yang ujungnya melengkung dan dihias dengan janur atau daun enau muda dan daun-daunan lain yang disebut pelawa.

galungan kuningan 2013

Enam hari sebelum perayaan Galungan, umat Hindu Bali melakukan persembahan untuk mensucikan seluruh alam. Diikuti keesokan harinya dengan melakukan persembahan untuk mensucikan diri mereka sendiri, hari ini disebut dengan Sugihan Bali. Tiga hari sebelum Galungan disebut dengan Penyekeban, maknanya membersihkan diri dari hal jahat yang disebut Butha Galungan. Dua hari sebelum Galungan disebut dengan Penyajaan ditandangi dengan memberikan persembahan berupa jajanan. Sedangkan sehari sebelum Galungan disebut dengan Penampahan, pada hari ini umat Hindu menyembelih babi dan mempersempahkan dagingnya kepada Butha Galungan. Menurut umat Hindu, babi adalah hewan yang melambangkan kemalasan dan hal-hal buruk lainnya. Satu hari setelah Galungan dikenal sebagai Manis Galungan, di hari ini biasanya dimanfaatkan oleh umat Hindu untuk berkunjung ke sanak keluarga dan bersenang-senang. Sepuluh hari kemudian akan diselenggarakan hari raya Kuningan yang menandakan berakhirnya perayaan Galungan.

Jika kalian termasuk traveler yang suka dengan kebudayaan asli Nusantara, kenapa tidak meluangkan waktu untuk menjadi saksi kesakralan upacara Galungan dan Kuningan tahun ini? Rencanakan liburan kalian ke Bali lebih awal dengan booking di PegiPegi.com dan nikmati kemudahan dalam pemesanan kamar hotel dan tiket pesawat.

Galungan & Kuningan 2013:
27 Maret 2013 - 6 April 2013
23 Oktober 2013 - 2 November 2013